30+ Istilah dalam Cryptocurrency Terlengkap 2022, Trader Wajib Tahu!

Default

Cryptocurrency semakin dikenal oleh banyak orang. Meski begitu, banyak juga pemula yang baru memulai investasi kripto dan masih kebingungan dengan istilah kripto yang digunakan. Kamu salah satunya?

Saat kamu berencana untuk berinvestasi cryptocurrency, kamu harus mengenal berbagai istilah yang digunakan dalam investasi ini. Sebab, hal ini akan sangat membantumu saat akan melakukan trading.

Selain itu, istilah dalam dunia kripto juga sering digunakan oleh para trader profesional saat sedang berdiskusi. Dengan mengetaui istilah yang digunakan, kamu pun bisa lebih nyambung saat berkomunikasi.

Nah, jika kamu tidak ingin terlihat seperti newbie, pastikan kamu tahu istilah-istilah dalam cryptocurrency yang bakal Jaka uraikan di artikel ini. Dijamin bisa menambah wawasan kamu, nih!

BACA JUGA
  • 25+ Game Penghasil Uang Langsung ke Rekening Tanpa Modal, Terbaru 2022 & 100% Works!
  • 13 Aplikasi Crypto Indonesia Terbaru 2022, Cocok buat Pemula & Berizin BAPPEBTI!
  • NFT Art: Definisi, Contoh, Cara Membuat & Jual NFT Crypto Art
  • NFT (Non-Fungible Token) Kripto: Pengertian dan Alasan Kenapa Harganya Mahal

Mengenal Apa Itu Cryptocurrency

Istilah Nyangkut Dalam Crypto Ebf1b

Cryptocurrency adalah mata uang digital terdesentralisasi yang dikembangkan dengan teknologi blockchain. Mata uang ini umum digunakan untuk melakukan transaksi virtual dalam jaringan internet.

Secara etimologi, cryptocurrency berasal dari gabungan dua kata, yaitu cryptography yang berarti kode rahasia, dan currency yang berarti mata uang.

Artinya, cryptocurrency dilindungi oleh berbagai kata sandi yang rumit untuk dipecahkan yang berfungsi untuk melindungi dan menjaga mata uang digital ini.

Saat ini, tren kripto terus meningkat. Bahkan, belakangan Bank Indonesia dikabarkan sedang merumuskan pembuatan Central Bank Digital Currency (CBDC) untuk membendung maraknya penggunaan mata uang kripto seperti Bitcoin.

Mau tahu lebih banyak tentang apa itu cryptocurrency dan apa saja kelebihan serta kekurangan dari investasi satu ini? Kalau begitu, langsung saja simak artikel dari Jaka di bawah ini, geng!

Cryptocurrency Adalah Ee021
Cryptocurrency: Pengertian, Fungsi, Kelebihan & Kelemahannya, Haram Atau Halal?
Cryptocurrency adalah mata uang digital untuk transaksi virtual. Lalu, apa fungsi, kelebihan & kelemahan cryptocurrency? Apakah halal atau haram? Cek di sini!
LIHAT ARTIKEL

Istilah dalam Kripto yang Wajib Diketahui

Istilah Dalam Cryptocurrency D958a

Banyak calon investor yang bertanya apa istilah cryptocurrency? Tentunya, ada banyak istilah dalam kripto yang harus diketahui agar bisa sukses saat trading dalam investasi paling menguntungkan ini.

Kamu juga mungkin sering mendengar beberapa istilah seperti mint, FOMO, liquid, dan masih banyak lagi. Namun, kamu pasti masih belum paham tentang arti dari masing-masing istilah tadi, kan?

Nah, jika kamu mau tahu berbagai istilah kripto dan artinya, langsung saja cek daftar istilah-istilah kripto untuk trader pemula yang sudah Jaka siapkan di bawah ini!

1. Altcoin

Altcoin adalah kata gabungan yang berasal dari kata "alternative" dan "coin" yang mengacu pada mata uang digital jenis lain selain Bitcoin.

2. Bagholder

Istilah bagholder digunakan kepada trader yang gagal keluar saat terjadi pump and dump. Bagholder digambarkan kepada investor yang merugi karena memegang saham dengan performa buruk dalam waktu lama.

3. Pump and Dump

Pump and dump menggambarkan strategi yang dilakukan investor dalam trading kripto. Sebagai contoh, "koinnya lagi di-pump oleh para cukong," atau "sebentar lagi Bitcoin bakal di-dump".

Ternyata, kalimat pertama berarti harga sebuah koin kripto akan dinaikkan. Sedangkan kalimat yang kedua berarti harga koin akan diturunkan atau dijatuhkan.

4. Blockchain

Blockchain merupakan teknologi yang mendasari mata uang kripto dan berfungsi sebagai penyimpanan data digital yang aman serta terbuka. Blockchain digambarkan seperti buku besar berisi data transaksi yang bisa diakses oleh siapa pun.

5. Satoshi

Satoshi merupakan nama depan pencipta Bitcoin yang digunakan sebagai istilah yang mengacu pada satuan terkecil Bitcoin. "Sats" merupakan sebutan dari istilah "Satoshi".

Misalnya, sebagai investor, kamu membeli Bitcoin dengan tertentu dan mendapatkan 0,00000001 BTC. Fraksi terkecil Bitcoin ini disebut Satoshi sehingga bisa dibilang kamu mendapatkan 1 Satoshi.

6. FOMO

FOMO crypto singkatan dari "Fear of Missing Out". Istilah ini kerap ditujukkan bagi investor pemula yang baru mulai investasi saham maupun kripto. Kata FOMO digunakan untuk mereka yang mengikuti saran pasar maupun profesional karena takut kehilangan kesempatan.

7. HODL

HODL merupakan plesetan dari kata "Hold". Istilah HODL mempunyai arti "Hold On for Dear Life". Hold dalam crypto digunakan sebagai strategi menyimpan atau mempertahankan aset kripto yang dimiliki.

8. FUD

FUD adalah singkatan dari "Fear, Uncertainty, and Doubt". FUD adalah strategi investor yang ingin menurunkan harga koin kripto agar bisa membelinya dengan harga murah. Investor bisa menyebarkan FUD kepada khalayak ramai agar bisa menyerok koin di harga rendah.

9. DEX

DEX adalah singkatan Decentralized Exchange yang berarti pertukaran terdesentralisasi. Melalui DEX, investor bisa membeli uang kripto lain secara peer-to-peer dari investor lain tanpa menggunakan platform pertukaran seperti PancakeSwap.

10. Whale

Whale adalah sebutan bagi para pedagang atau trader dalam pasar kripto. Istilah ini menggambarkan para trader yang memiliki aset kripto dalam jumlah besar, atau minimal 5 persen dari keseluruhan aset digital yang disimpan.

11. Rekt

Rekt adalah istilah bagi pemain kripto yang mengalami kesialan. Para trader menggunakan kata ini untuk investor yang membuat keputusan buruk dengan menjual atau membeli koin di waktu yang kurang tepat.

12. Software Wallet

Software wallet atau dompet perangkat lunak merupakan tempat investor menyimpan Bitcoin atau mata uang kripto lainnya. Atau lebih tepatnya, tempat kamu menyimpan kunci pribadi yang digunakan untuk mengakses alamat Bitcoin publik milikmu dan menandatangani transaksi.

13. Mining

Mining diartikan sebagai aktivitas menambang yang dilakukan oleh miner atau si penambang. Proses penambangan ini dilakukan dengan mengandalkan perangkat komputer canggih yang umumnya terhubung ke internet.

14. Moon

Moon atau to the moon merupakan istilah untuk menggambarkan aset kripto yang tengah naik tinggi, bahkan mencapai nilai puncak, baik dari segi nilai maupun volume penjualan. Istilah ini awalnya digunakan pada forum-forum dan Reddit hingga akhirnya menjadi populer.

15. No Coiner

No coiner punya banyak makna. Misalnya untuk menggambarkan orang-orang yang tidak memiliki aset kripto. Namun, no coiner bisa juga merujuk pada trader yang sudah menjual semua koin miliknya.

16. Cryptosis

Istilah cryptosis biasa juga disebut sebagai obsessive crypto disorder. Ini adalah keinginan untuk menyerap setiap informasi tentang kripto. Biasanya, cryptosis disebabkan oleh antusiasme yang sangat tinggi terhadap aset kripto.

17. Scalping

Secara sederhana, scalping adalah strategi trading yang dijalankan untuk mencapai keuntungan dalam waktu singkat. Strategi ini biasa diterapkan oleh investor yang ingin meraih profit sedikit demi sedikit seiring dengan tren harga kripto yang tidak menentu.

18. Staking

Apa itu_staking_? Istilah ini merujuk pada aktivitas yang dilakukan investor untuk mendapat pemasukan pasif dengan memvalidasi transaksi ataupun segala aktivitas yang berkaitan atas sistem blockchain.

19. DApps

DApp merupakan singkatan dari Desentralized Application. Penggunaan istilah DApps merujuk pada aplikasi terdesentralisasi yang basisnya menggunakan sistem komputer terdistribusi dalam jaringan blockchain.

20. DeFi

DeFi singkatan dari Desentralized Finance atau keuangan terdesentralisasi. DeFi merupakan sistem keuangan yang dijalankan di atas blockchain Ethereum. Pada umumnya, DeFi menghadirkan layanan keuangan yang transparan dan terbuka.

21. Bearish dan Bullish

Bearish merupakan sebutan ketika harga stagnan dan mengalami penurunan. Sedangkan bullish berarti harga sedang mengalami kenaikan. Secara umum, bearish berarti turun dan bullish berarti naik.

22. Koreksi

Setelah sebuah koin mencapai harga puncak, maka koin tersebut kemungkinan besar akan memasuki masa koreksi atau menurun ke harga yang stabil di level tertentu sebelum kembali mengalami kenaikan.

23. Liquid

Arti liquid dalam crypto didefinisikan sebagai kemampuan koin untuk dikonversi menjadi uang tunai atau koin lainnya dengan mudah tanpa mengganggu harga. Likuiditas tinggi selalu lebih disukai karena mengindikasikan pasar yang dinamis dan stabil.

24. Borrowing Rate

Posisi leveraged di mana kamu sebagai investor akan meminjam koin pada tingkat yang ditentukan sebelumnya. Nilai ini akan ditambahkan untuk mencerminkan keuntungan dan kerugian keseluruhan posisimu.

25. Lending rate

Beberapa bursa memiliki rekening pinjaman sebagai tempat dapat menyetor koin untuk dipinjamkan kepada trader lain. Dalam melakukan perdagangan dengan leverage, suku bunga kredit berfluktuasi sepanjang hari berdasarkan permintaan koin.

26. Public Key

Public key adalah kunci yang kamu bagikan dengan orang-orang sehingga kamu dapat menerima koin kripto.

27. Private Key

Private key digunakan untuk mengakses dompet tempat kamu menyimpan koin kripto. Hanya kamu yang memiliki akses ke kunci pribadi ini. Jika orang lain menangkapnya, mereka bisa mencuri kripto milikmu.

28. Snapshot

Arti snapshot crypto adalah tempat di mana proyek dapat membuat proposal bagi orang untuk memilih menggunakan kripto. Umumnya, untuk memilih menggunakan kripto biasanya akan dikenakan biaya untuk memproses pergerakan mata uang dari satu dompet ke dompet lainnya.

29. NFT

Non-fungible token atau NFT adalah aset digital yang ditautkan ke sistem besar blockchain. NFT tidak jauh beda dengan beberapa aset mata uang kripto, hanya saja NFT tidak bisa dipertukarkan, tapi bisa diperjualbelikan.

30. Mint

Apa itu mint dalam crypto? Mint atau minting NFT mengacu pada proses mengubah file digital menjadi koleksi kripto atau aset digital yang disimpan pada blockchain.

Bonus: Aplikasi Kripto Indonesia Terbaik 2022

Apa Itu Ama Di Crypto 01c58

Jika sudah paham istilah dalam dunia kripto, kini saatnya kamu terjun langsung dalam investasi ini. Untuk memulai investasi, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan, baik untuk simulasi maupun transaksi.

Agar kamu tidak salah pilih aplikasi sebagai tempat investasi crypto, Jaka punya rekomendasi aplikasi crypto Indonesia terbaik dan terpercaya 2022. Cek selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Aplikasi Crypto 3d289
10+ Aplikasi Crypto Indonesia Terbaik Untuk Pemula, Berizin BAPPEBTI!
Ingin tambah cuan dengan investasi kripto Bitcoin atau jenis lainnya? Inilah rekomendasi aplikasi Crypto Indonesia terbaru 2022 yang cocok buat pemula!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah, itulah kumpulan istilah dalam cryptocurrency yang wajib diketahui oleh pemula. Dengan mengetaui istilah-istilah kripto tadi, kamu akan lebih paham tentang investasi yang satu ini.

Baca juga artikel seputar Crypto Blockchain, DApps, NFT, atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Metamask Ebee6
Download MetaMask Terbaru 2022, Lengkap dengan Cara Daftar!
Cryptokitties 6f867
CryptoKitties: Cara Main dan Mendapatkan CryptoKitty Termahal
Download Axie Infinity Apk Banner Fix 69d4c
Download Axie Infinity APK v1.2.5 Terbaru 2022, Rawat Pet Virtual & Hasilkan Cuan!
The Sandbox 9f685
The Sandbox: Penjelasan, Cara Main, & Menghasilkan Token SAND
Rise City Nft 33b2e
Rise City NFT: Panduan Lengkap dan Cara Menambang Kripto
Kaka Nft World C782a
KAKA NFT World: Cara Daftar, Main, & Menghasilkan Kripto
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal