Cara Ampuh Mengembalikan Sinyal Operator dan WiFi yang Hilang dari HP Android Kamu

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 18 October 2016, 13:00
kami akan menyuguhkan kepada kalian tips dan trik untuk mengatasi hilangnya sinyal dan untuk mendapatkan sinyal yang kuat setiap saat di smartphone.

Cara Ampuh Mengembalikan Sinyal Operator dan WiFi yang Hilang dari HP Android Kamu - Jengkel nggak sih ketika kamu bener-bener membutuhkan smartphone sebagai sarana telekomunikasi, eh justru nggak dapet sinyal atau sinyal yang tersedia begitu buruk? Mending kalo penyebabnya ketahuan, lah kalo ternyata kamu sudah di tempat terbuka dan masih nggak ada sinyal, lantas harus bertindak seperti apa?

Nah melalui permasalah klasik tersebut, kami akan menyuguhkan kepada kalian tips dan trik untuk mengatasi hilangnya sinyal dan untuk mendapatkan sinyal yang kuat setiap saat. Tips berikut kami dapatkan melalui OpenSignal dengan berbagai penyesuaian oleh penulis. Sudah siap? Mari kita mulai pembahasannya.

BACA JUGA

    Cara Ampuh Mengembalikan Sinyal Operator dan WiFi yang Hilang dari HP Android Kamu

    1. OpenSignal

    Bagi kamu yang belum tau apa itu aplikasi OpenSignal, OpenSignal adalah aplikasi Android yang bermanfaat untuk mencari sinyal terbaik dari operator selular yang digunakan, baik itu sinyal GSM maupun WiFi. Aplikasi ini dibekali dengan kompas yang akan mengarahkan kamu terhadap sumber sinyal WiFi yang baik, dan juga menara selular (BTS) terdekat sehingga kamu dapat mendekatinya sesuai arahan peta.

    3G 4G WiFi Maps & Speed Test 3.49
    Apps Networking OpenSignal.com
    DOWNLOAD

    2. Restart Smartphone/Ubah ke Airplane Mode

    Secara normal, smartphone akan menangkap sinyal dari menara terdekat. Apabila kamu dalam situasi mobile dan bepergian dari satu titik ke titik lainnya, tentu saja menara yang digunakan akan berubah bergantung menara mana yang lebih dekat dengan smartphone kamu. Di situasi tertentu, perpindahan penggunaan sinyal dari menara tersebut tidak berjalan dengan lancar. Dari yang seharusnya Hp mendapatkan sinyal dari menara terdekat, Ia justru masih mendeteksi menara sebelumnya dan kehilangan koneksi. Solusinya gampang, restart HP kamu atau pindah ke mode airplane dan kembali ke mode normal untuk mengembalikan sinyal yang hilang tesebut.

    3. Atur Secara Manual Tipe Jaringan atau Pita di Smartphone Kamu

    Pada keadaan normal, smartphone akan mencari secara otomatis tipe jaringan yang ada. Apabila di suatu wilayah tersedia 4G meskipun lemah, maka smartphone akan memilihnya sebagai jaringan utama. Kamu juga bisa mengaturnya secara manual agar smartphone memilih tipe jaringan yang dikehendaki agar lebih mendapatkan sinyal yang lebih baik. Biasanya pada Android, setting ini berada pada More Networks > Mobile Networks > Network Mode.

    4. Tambahkan Antena Eksternal

    Langkah ini sebenarnya sedikit lebay, namun apabila kamu memang membutuhkannya, mengapa tidak. Penggunaaan antenna eksternal memang sudah jarang kita lihat di kehidupan sehari-hari bagi smartphone konvensional ya, namun mungkin saja implementasi terhadap antenna ini bisa berhasil di kondisi-kondisi tertentu yang sulit mendapatan sinyal. Apabila kamu memang niat, tidak ada salah untuk membeli antena eksternal yang besar.

    5. Ganti Operator

    Solusi terakhir dan paling biasa kita gunakan nih. Ganti operator memang dapat menyelesaikan masalah dengan cepat, karena masing-masing operator punya posisi menara yang berbeda-beda. Satu operator bisa saja memiliki sinyal yang busuk di sebuah daerah, akan tetapi operator yang lain bisa saja cemerlang. Langkah ini membutuhkan tes satu persatu terhadap operator yang dikehendaki tentu saja.

    Sumber: OpenSignal

    ADVERTISEMENT

    ARTIKEL TERKAIT
    APPS TERKAIT
    WiFi Key Recovery 0.0.8
    Apps Alexandros Schillings
    Hotspot Shield VPN for Android 7.5.1
    Apps AnchorFree GmbH
    Connectify LITE 2015 - 1.0.35473
    Apps Connectify
    Instabridge - Free WiFi 6.1.2
    Apps Instabridge
    Kembali Keatas