Waspada, Inilah 10 Teknik Cracking Password yang Sering Dipakai Hacker!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 06 March 2017, 07:00
Oh, jadi ini yang disebut dengan teknik cracking password serta tipe serangannya? Baca artikel ini selengkapnya guys!

Dunia digital memang penuh pro dan kontra. Ada yang mengatakan bahwa dunia digital tidak sebegitu berbahaya seperti yang banyak dibicarakan. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa itu cukup bahaya, apalagi sudah banyak hal tentang teknik pembelajaran cracking password.

Apa itu teknik cracking password? Teknik cracking password adalah sebuah istilah umum yang mendeskripsikan sekelompok teknik yang digunakan untuk memperoleh password atau sandi rahasia pada sebuah sistem data. Nah, melalui artikel ini, Jaka berikan 10 teknik tersebut yang konon katanya sering dipakai oleh hacker, yang dilansir dari TechViral.

BACA JUGA

    10 Teknik Cracking Password yang Sering Dipakai Hacker

    1. Dictionary

    Dictionary merupakan sebuah teknik yang digunakan oleh sebagian besar hacker pada umumnya. Namun, dengan melakukan hal ini, kamu tidak bisa langsung berhasil. Kamu harus menemukan sebuah keberuntungan sampai beberapa kali percobaan. Dictionary adalah sebuah file sederhana yang berisi beberapa kata-kata aneh dan tidak biasa, di mana banyak orang sering menggunakannya untuk password akun mereka. Tapi, password yang sulit tentunya tidak bisa dibobol pakai teknik ini.

    2. Brute Force

    Sebenarnya, metode Brute Force tidak berbeda jauh dengan tipe serangan Dictionary. Namun, untuk teknik yang satu ini dibutuhkan kesabaran tingkat dewa. Sebab, kamu akan dituntut untuk mencoba setiap kombinasi terbaik sampai password ditemukan. Tapi, karena semakin hari orang itu semakin pintar, maka menyebabkan teknik Brute Force itu akan sulit dilakukan.

    3. Phishing

    Cara termudah untuk mampu meng-crack sebuah password adalah menggunakan teknik Phishing. Padahal, sebenarnya cara ini sudah terlalu basi. Sebab, hacker yang menggunakan sistem ini, hanya meminta akun sebuah pengguna untuk menyebutkan password-nya dengan cara yang unik dan berbeda. Biasanya, hacker ini akan membuat sebuah halaman palsu, email palsu, serta aplikasi palsu untuk membuat si pengguna login di situ. Terus, setelah login, rincian akun tersebut masuk deh ke server hacker.

    4. Trojan, Virus, dan Malware

    Nah, untuk metode yang satu ini, para hacker sengaja membuat program seperti Trojan, Virus, dan Malware agar bisa membuat sebuah kehancuran untuk si target sasaran. Seperti yang kamu ketahui, program jahat ini biasa tersebar melalui email atau bersembunyi di sebuah aplikasi.

    5. Shoulder Surfing

    Shoulder Surfing merupakan sebuah teknik dan praktik untuk memata-matai pengguna ATM atau bahkan perangkat elektronik lainnya guna mendapatkan informasi pribadi yang bersifat tertutup. Biasanya, trik penyerangan ini dilakukan dengan cara meminta kamu untuk login ke dalam sebuah program secara paksa.

    6. Port Scan

    Teknik Port Scan biasanya sering dilakukan untuk menemukan berbagai kelemahan pada server-server tertentu. Tetapi, tidak seperti teknik cracking password lainnya, metode ini digunakan untuk orang-orang yang bertanggung jawab penuh atas aksinya. Itu artinya, trik ini dilakukan hanya untuk menemukan kerentanan dalam sistem.

    ADVERTISEMENT

    7. Rainbow Table

    Rainbow Table biasanya dilakukan seperti cara penyerangan Dictionary secara umum. Teknik ini menggunakan pra-hitung hash dan password yang ada. Apa itu hash? Hash adalah hasil enkripsi dari sebuah password atau informasi yang dianggap penting. Yang membedakan Rainbow Table dengan serangan Dictionary lainnya adalah metode ini dilakukan untuk memperkuat password dan hash.

    8. Offline Cracking

    Sebagian besar yang ingin coba nge-hack password adalah dilakukan saat offline. Data yang didapatkan biasanya diperoleh dari sistem yang cukup membahayakan. Di Offline Cracking, seorang hacker sejati bisa menguji validitas dari sebuah password. Tipe penyerangan ini termasuk ke dalam teknik Dictionary dan Rainbow Table.

    9. Social Engineering

    Social Engineering merupakan sebuah serangan yang sangat bergantung pada interaksi manusia. Tipe serangan seperti ini sering menggunakan metode penipuan untuk dapat melanggar prosedur keamanan normal pada umumnya. Dengan begini, para hacker bisa mencoba trik yang berbeda untuk masuk ke prosedur keamanan yang normal.

    10. Guessing

    Guessing berarti menebak, yang artinya para hacker mencoba membuat sebuah tebakan dengan menjawab sistem keamanan yang tersedia pada setiap akun. Intinya, si hacker tersebut akan mencoba menebak segala-galanya untuk mematahkan sistem keamanan dan meretas akun kamu.

    Nah, itulah beberapa teknik cracking password yang biasanya digunakan untuk meretas sebuah akun dan data informasi pribadi lainnya. Maka dari itu, dengan hadirnya artikel ini untuk kamu, kamu harus lebih waspada untuk mengamankan password agar tidak mudah di-hack oleh si tangan jahil. Share pendapatmu ya.

    ARTIKEL TERKAIT
    APPS TERKAIT
    Babe - Baca Berita 7.6.2
    Apps Mainspring
    Capsa Royale 3.1.1
    Games 88 Entertaiment
    Clash of Clans 13.0.31
    Games Supercell
    Dress Up Diary 1.3.43
    Games Maingames
    Kembali Keatas