5 Hal Paling Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Smartphone Gaming

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 07 September 2017, 15:30
Berikut ini Jaka punya tips tentang hal apa saja yang harus kamu perhatikan sebelum membeli sebuah smartphone untuk gaming. Mau tahu selengkapnya? Simak ulasan Jaka kali ini yuk!

Aktivitas bermain game merupakan sebuah hobi yang tidak bisa ditinggalkan bagi sebagian orang. Tidak hanya menggunakan PC atau konsol, gamer saat ini sudah banyak yang beralih ke smartphone. Hal ini dikarenakan bermain game di smartphone bisa dilakukan di mana saja, bahkan sambil berbaring sekalipun.

Jika kamu hobi bermain game di smartphone dan membutuhkan smartphone baru untuk memaksimalkan permainanmu, berikut ini Jaka punya tips tentang hal apa saja yang harus kamu perhatikan sebelum membeli sebuah smartphone untuk gaming. Mau tahu selengkapnya? Simak ulasan Jaka kali ini yuk mengenai 5 hal paling penting yang harus diperhatikan sebelum beli smartphone gaming.

BACA JUGA
  • Tips Membeli Smartphone Terbaik Dengan Budget Terbatas
  • 11 Tips Memilih dan Membeli Smartphone Android Bekas di Tahun 2022, Anti Kena Tipu!
  • 4 Tips Penting Untuk Membeli Smartphone Android Murah Berkualitas

5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Smartphone Gaming

1. RAM (Random Access Memory)

Besar RAM pada sebuah smartphone sangat memengaruhi kinerjanya, terutama untuk bermain game dengan ukuran file besar. Akan sangat menyebalkan jika saat sedang asyik bermain, tiba-tiba saja game yang kamu mainkan keluar dengan sendirinya. RAM yang kecil membuat aktivitas bermain game terhambat, tidak menutup kemungkinan kamu mengalami lag yang menyebalkan.

Supaya keseruan bermain game tidak terhambat, kamu sebaiknya membeli smartphone dengan ukuran RAM yang besar. Minimal ukuran RAM yang baik untuk smartphone gaming adalah 3 GB atau lebih.

2. Internal Memory

Game yang kamu download biasanya akan tersimpan di memori internal smartphone. Pastikan memori tersebut cukup untuk menampung ukuran game tanpa menghambat kinerja smartphone. Memori internal pada smartphone yang isinya melebihi 50% akan membuat kinerja smartphone sedikit terganggu. Oleh karena itu, pastikan smartphone untuk gaming kamu memiliki memori internal minimal 16 GB atau lebih agar kamu bisa mendownload dan memainkan banyak game tanpa mengalami masalah.

3. CPU dan GPU

Untuk aktivitas bermain game yang menyenangkan tanpa hambatan, penting memperhatikan CPU dan GPU yang tertanam di dalamnya. CPU atau prosesor berguna untuk menampilkan gambar atau grafik dengan kualitas yang baik, sedangkan GPU sangat berguna untuk memainkan game HD dengan lancar. Pilihlah smartphone dengan CPU dan GPU terbaik agar bermain game bisa lancar meski berkualitas HD.

4. Layar

Kualitas layar pada smartphone juga memengaruhi kepuasan bermain game. Ukuran layar paling efektif untuk memainkan game adalah minimal 5 inci atau lebih dengan resolusi HD agar kualitas gambar lebih tajam dan jernih. Dengan layar besar dan resolusi tinggi, aktivitas bermain game pada smartphone akan lebih memuaskan.

5. Baterai

Sektor sumber daya juga harus diperhatikan ketika akan membeli smartphone untuk gaming. Bukan keputusan yang tepat jika kamu sudah membeli smartphone dengan RAM dan memori internal besar, CPU dan GPU yang handal serta layar yang berkualitas, tapi memiliki daya tahan baterai yang rendah. Pastikan kamu baterai smartphone untuk gaming yang kamu pilih berukuran lebih dari 3.000 mAh. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan baterai dan pengurasan daya yang berlebihan.

ADVERTISEMENT

Itulah 5 hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone untuk gaming. Sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih smartphone OnePlus 3T yang memiliki RAM 6 GB, memori internal 64 GB, CPU Quadcore 2x2.35 GHz Kryo dan 2x1.6 GHz Kryo, serta GPU Andreno 530, dengan layar Optic AMOLED 5.5, inci beresolusi HD dan baterai 3.400 mAh yang dibanderol seharga Rp 5,9 jutaan. Harga yang mahal tentu sepadan dengan kepuasan gaming dengan kualitas yang ditawarkan.

ARTIKEL TERKAIT

Tips Membeli Smartphone Terbaik Dengan Budget Terbatas

11 Tips Memilih dan Membeli Smartphone Android Bekas di Tahun 2022, Anti Kena Tipu!

4 Tips Penting Untuk Membeli Smartphone Android Murah Berkualitas

10 Tips Membeli Smartphone Android Terbaik untuk Gaming

10 Tips Membeli iPhone Bekas Mulus dan Berkualitas, Biar Gak Kena Tipu!

APPS TERKAIT
Gboard (Google Keyboard)
Apps Google
Cooling Master-Phone Cooler 3.3.30
Apps PICOO Design
Pixel Launcher 7.1.2
Apps Google Inc.
Ayo Mudik
Apps Kudo Digital Solutions
undefined
Kembali Keatas