Kenapa Harus Pakai Password daripada PIN? Ini Alasannya!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 13 December 2016, 12:00
Apa sih kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Password dan PIN? Kapan kita harus menggunakan Password atau PIN? Dan kenapa harus pakai password daripada PIN? Simak ulasannya!

Tentunya kamu sudah paham betul bahwa kita perlu melindungi keamanan PC/laptop, smartphone, dan semua akun online yang kita miliki. Tapi, apakah kita harus selalu menggunakan sandi yang panjang dan rumit?

Ada banyak cara untuk mengunci atau mengamankan, mulai dari password, Personal Information Number (PIN), pattern, fingerprint, bahkan iris scanner. Tapi, kebanyakan yang sering digunakan adalah password dan PIN.

BACA JUGA
  • 6 Cara Membuat Password Kuat Dan Baik Mudah Diingat

Kelebihan dan Kekurangan Password dan PIN

Mungkin sering muncul pertanyaan di kepala kamu, sebenarnya apa sih kelebihan dan kekurangan dari penggunaan password dan PIN? Serta kapan aja kita harus menggunakan Password atau PIN? Yuk, kita bahas bersama!

Perbedaan Password dan PIN

Sumber foto: Foto: Thehackernews.com

Tujuan password dan PIN sama, yakni untuk otentikasi pengguna atau mengamankan perangkat, akun atau data agar tidak dapat terakses oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Bedanya, PIN hanya terbatas pada angka 0-9 karakter. Sementara itu, Password bisa menggunakan kombinasi angka, huruf (besar dan kecil), dan tanda baca atau karakter khusus.

Kelebihan PIN

Sumber foto: Foto: iMore.com

Salah satu penggunaan PIN adalah lebih mudah untuk diketik, terutama pada layar sentuh. Dengan pilihan yang lebih sedikit, tombol yang ditampilkan lebih besar. Jadi, tentunya tidak merepotkan!

ADVERTISEMENT

Bandingkan dengan penggunaan password yang sedikit menyulitkan karena banyaknya pilihan. Tombol yang tampil pun ukurannya lebih kecil.

Kelebihan Password

Sumber foto: Foto: AndroidAuthority.com

Meskipun PIN lebih praktis, kenyataannya banyak yang lebih memilih menggunakan password. Kenapa? Alasannya karena lebih aman.

Pada PIN, kamu hanya memiliki 10 pilihan. Sementara, password memiliki 95 pilihan (dengan asumsi menggunakan setiap karakter yang ada, termasuk spasi). Jadi, semakin panjang password kamu akan semakin sulit untuk dijebol.

Lebih Aman password atau PIN?

Oke deh, sekarang kita bicara soal keamanannya. Seberapa besar sih perbedaan antara keduanya? Untuk PIN yang hanya memiliki 10 karakter saja, artinya terdapat 10 miliar kemungkinan kombinasi yang bisa kita gunakan.

Bandingkan dengan 10 karakter pada password, kemungkinan kombinasinya ada 59.873.693.923.837.900.000. Tentu saja, akan sangat sangat sulit untuk dibobol bukan? Bahkan, oleh mesin sekalipun.

Lebih panjang lebih aman

Pertimbangkan lainnya adalah panjang karakter. Kalau kamu menggunakan password 10 karakter, itu dianggap biasa. Tapi, ketika kamu menggunakan PIN yang panjangnya 10 karakter, itu sudah dianggap luar biasa panjang.

Karena kebanyakan PIN hanya menggunakan 4 atau 6 karakter saja, yang masing-masing memiliki 10.000 dan 1.000.000 kemungkinan.

Kapan Harus Menggunakan PIN dan Password?

Dari penjelasan di atas, jelas bahwa password jauh lebih aman dibandingkan PIN. Meski begitu, PIN sebenarnya sudah cukup aman untuk mengamankan perangkat kita dari hal yang tidak diinginkan.

Buktinya, kartu debit atau kredit kita menggunakan password 6 karakter. Untuk mengamankan smartphone juga lebih cocok dan praktis menggunakan PIN dibanding password.

Kecuali untuk semua akun online kamu. Serangan cybercrime yang makin merajalela, mengharuskan kita untuk membuat password yang kompleks demi mengamankan akun dari peretasan.

Password jauh lebih aman untuk akun online. Tapi, PIN juga cukup aman untuk membuka perangkat yang ada di gengaman kamu.

Satu catatan, Jaka tidak merekomendasikan kamu menggunakan PIN hanya 4 digit. Setidaknya, gunakan 6 digit atau lebih supaya lebih terjamin keamanannya. Jadi, gimana pendapat kamu? Kamu lebih pilih password atau PIN nih?

ARTIKEL TERKAIT

Waspada, Inilah 10 Teknik Cracking Password yang Sering Dipakai Hacker!

APPS TERKAIT
PasswordBook 2.0.0
Apps Naresh Manandhar
Dashlane Password Manager 4.1.0.1074
Apps Dashlane
LastPass Password Manager 4.0.28
Apps LastPass
1Password 4.6.0.604
Apps Agilebits
Kembali Keatas