Daripada Di PC Atau Konsol, Ini 6 Kelebihan Gaming Di Smartphone

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 14 June 2017, 16:00
Kali ini Jaka telah menyusun 6 kelebihan gaming di smartphone dibanding platform lain. Berikut ulasan selengkapnya.

Game di smartphone sekarang sudah sangat menjamur, mulai dari yang bermodel kasual sampai yang bergaya game AAA. Namun, sayangnya banyak pandangan negatif bahwa bermain game di smartphone hanyalah untuk bocah dan belum bisa disebut sebagai seorang gamer kalau masih memainkan game sebatas di smartphone.

Padahal aktivitas gaming di smartphone sendiri sebenarnya menyenangkan dan memiliki kelebihan tersendiri dibanding di platform lain. Nah, karena itu, kali ini Jaka telah menyusun 6 kelebihan gaming di smartphone dibanding platform lain. Berikut ulasan selengkapnya.

BACA JUGA

    Daripada di PC atau Konsol, Ini 6 Kelebihan Gaming di Smartphone

    1. Game Gratis yang Melimpah

    Khususnya pada Android, kita semua tahu bahwa Google Play lebih banyak didominasi oleh game-game gratis. Ini tentu memberi keuntungan dan kemudahan tersendiri untuk bisa bermain game, bahkan game-game tersebut banyak sekali yang memiliki kualitas baik dari segala aspek, mulai dari gameplay hingga grafik memukau. Meski tak gratis sepenuhnya, karena harus membeli kuota internet untuk mendownload, hal ini tetap lebih terjangkau.

    2. Harga Game yang Murah

    Jika sebelumnya kita berbicara soal game gratis, game berbayar pada smartphone memiliki harga yang relatif ramah kantong. Pasalnya, dengan uang sebesar Rp 5 ribu saja, kita sudah dapat membeli sebuah game.

    Selain itu, tercatat bahwa harga game termahal, pada Google Play, hanya berkisar Rp 200 ribuan saja. Bandingkan dengan platform lain yang harus merogoh kocek rata-rata lebih dari Rp 300 ribu untuk sebuah game. Bahkan jika ada game yang berlabel cross platform, pastilah yang dijual untuk smartphone jauh lebih murah, meski tak ada perbedaan yang signifikan dari kualitas game tersebut.

    3. Fleksibel

    Meski memang ada juga konsol portable seperti halnya Nintendo Switch, smartphone tetap jauh lebih fleksibel dan memiliki beragam fungsi. Kita dapat bermain game di mana saja, dan juga memainkan game apa saja sekaligus masih bisa terhubung dengan media sosial, pekerjaan, dan aktivitas lainnya hanya dalam satu device. Bahkan jika kita tambah dengan aksesori, seperti joystick atau Power Bank untuk mengisi daya, smartphone masih terbilang paling fleksibel dibanding dengan konsol handheld.

    4. Beragam Fungsi Dalam Satu Paket

    Augmented Reality, beragam sensor lain, dan juga kamera, yang berguna untuk aktivitas game, itu semua sudah ada dalam sebuah smartphone. Oleh karena itu, kita dapat hampir bermain berbagai macam model game. Bandingkan dengan platform lain, yang belum tentu memiliki semua hal tersebut. Bahkan jika kita ingin bermain game VR, kita cukup membuat sebuah cardboard dengan bahan-bahan yang mudah didapat, tanpa harus membeli, bahkan jika harus membeli, harganya masih jauh lebih murah dibanding untuk konsol.

    5. Surganya Developer Kecil dan Indie

    Meski di Steam dan PlayStation Store juga menyediakan untuk pemasaran game dari para developer kecil dan indie, hanya beberapa yang dapat bersaing dan meraih kesuksesan. Tapi pada pasar game smartphone, mereka diberi tempat yang sangat luas.

    ADVERTISEMENT

    Bahkan melihat kondisi lingkungan gamer yang tak pilih-pilih asalkan game tersebut menarik, tentu menjadikan developer kecil dan indie dapat lebih bersaing. Khususnya di Indonesia, sudah banyak developer baru dari negara kita, yang akhirnya meraih kesuksesan di pasar game smartphone.

    6. Masuk Turnamen eSport

    Berbicara soal eSport, pastinya akan banyak didominasi oleh game dari platform PC. Tapi kini game pada smartphone juga sudah mulai diadu pada ajang turnamen dunia.

    Sebagai contoh, seperti halnya game Hearthstone dan Clash Royale. Bahkan, beberapa game juga sudah menyelenggarakan turnamennya sendiri. Ini tentu menjadi angin segar, untuk kamu yang ingin menjadi gamer profesional, karena hanya dengan lewat smartphone kamu sudah bisa mulai meniti jalan kariermu sebagai atlet eSport.

    Itulah 6 kelebihan gaming di smartphone dibanding di platform lain. Jad,i sekarang kamu tidak perlu malu atau rendah diri untuk bermain game di smartphone. Kamu juga bisa ceritakan pengalamanmu bermain game di smartphone pada kolom komentar di bawah ini ya!

    ARTIKEL TERKAIT

    16 Game MOBA Terbaik 2020 di Android dan PC, Gratis dan Bikin Nagih!

    STOP! Hal Ini Biasanya Jadi Alasan Orang Awam Ngeremehin Gamer, Padahal Salah Besar..

    5 Game Dengan Grafis Keren Ini Cuma Dibuat Oleh Satu Orang Saja! Gimana Tampilannya Ya?

    APPS TERKAIT
    JalanTikus 2.5.2
    Apps JalanTikus.com
    Babe - Baca Berita 7.6.2
    Apps Mainspring
    Dress Up Diary 1.3.43
    Games Maingames
    LINE Komputer 4.8.3.1128
    Apps Naver
    Kembali Keatas