4 Hal ini WAJIB Kamu Pertimbangkan Sebelum Upgrade ke Android Nougat

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 14 Januari 2017, 14:00
Mau upgrade ke Android Nougat? Kamu WAJIB pertimbangkan 4 hal ini!

Sebagai seorang tech savvy, pasti tidak sabar rasanya untuk meng-update perangkat kita. Entah itu upgrade hardware, software, ataupun sekadar update aplikasi versi terbaru. Setelah itu, langsung coba-coba fitur baru untuk merasakan perbedaan dengan seri sebelumnya.

Sayangnya, terkadang upgrade justru akan memunculkan berbagai bug dan error menyebalkan yang sebelumnya tidak pernah ada. Bisa juga menyebabkan lemot, nge-hang, dan berbagai masalah lainnya.

Begitu pula perihal upgrade OS Android versi terbaru. Terakhir, pihak Google merilis Android Nougat. Pertanyaannya sekarang, apakah sebaiknya kamu melakukan upgrade ke sistem operasi versi terbaru ini atau cukup bersyukur saja dengan Android Marshmallow kamu? Simak yuk kelebihan dan kekurangan Android Nougat yang dapat menjadi bahan pertimbangan!

BACA JUGA
  • Inilah 18 Fitur yang Paling Diunggulkan di Android N
  • CATAT! Inilah 50+ Smartphone yang Dapat Update Android 7.0 Nougat
  • Nggak Semua Smartphone Flagship Kebagian Android Nougat Loh!

4 Hal yang WAJIB Dipertimbangkan Sebelum Upgrade ke Android Nougat

1. Display Size

Sumber foto: Foto: randomheads

Salah satu kelebihan Android Nougat adalah fitur terbarunya, Android Nougat memungkinkan kamu mengatur ukuran ikon aplikasi pada layar. Hal ini akan sangat terasa bermanfaat bagi pengguna phablet.

Pasalnya, mereka bisa membuat skala ikonnya tidak terlalu besar sehingga bisa menampilkan lebih banyak aplikasi dalam satu halaman screen. Namun, pengguna smartphone berukuran layar pas-pasan tidak akan terlalu membutuhkan hal ini karena bila ikon terlalu kecil malah jadi sulit dibaca dan di-klik.

2. Split Screen

Sumber foto: Foto: Yahoo

Satu lagi kelebihan Android Nougat yaitu split screen. Sekarang kamu bisa membuka 2 aplikasi sekaligus dalam satu layar. Sebelumnya hal ini hal itu hanya bisa dilakukan pada laptop atau PC.

Namun sekali lagi, fitur ini sepertinya hanya optimal bila dinikmati pada gadget berlayar lebar seperti tablet. Melakukan split screen pada smartphone dengan layar kecil malah akan membuatmu kesulitan melihat jelas. Selain itu, masih banyak pula aplikasi yang belum bisa mendukung fitur ini.

3. Baterai Habis Secara Misterius

Sumber foto: Foto: blogspot

Sebagai aplikasi baru, memang tak jarang Android OS memiliki masalah dengan seri terbaru mereka. Termasuk juga untuk Android 7.0 Nougat. Ada berbagai macam keluhan yang diungkapkan para pengguna.

Namun, kekurangan Android Nougat yang paling banyak dipermasalahkan adalah status baterai cepat habis tanpa alasan jelas. Sebenarnya, ada beberapa tips untuk membereskan masalah tersebut. Tapi, tidak semua orang mau dan bisa melakukan teknik-teknik tersebut sendiri.

4. Android 7.0 vs 7.1 vs 7.1.1?

Sumber foto: Foto: worldhab

Android Nougat ada beberapa seri. Yang pertama muncul, Android 7.0 Nougat. Kemudian diikuti oleh 7.1 dan terakhir 7.1.1. Versi yang lebih baru memiliki sistem yang lebih stabil dan memperbaiki berbagai error dari versi sebelumnya. Misalnya, untuk kasus battery-draining yang sangat umum terjadi di Nougat 7.0. Risiko tersebut sudah banyak berkurang di 7.1.1.

Pertimbangan Lain yang Lebih Umum

Sumber foto: Foto: gadgetbazaar

Selain display size dan split screen, masih banyak lagi fitur-fitur menarik dari Android Nougat. Bila ada fitur yang perlu kamu manfaatkan, maka mungkin sebaiknya kamu upgrade saja. Tapi bila fitur-fitur tersebut tidak terlalu diperlukan, lebih baik tetap gunakan Android versi lamamu untuk menghindari risiko.

Sumber foto: Foto: aboveandroid

Bukan hanya masalah battery-draining, keluhan masalah yang muncul setelah upgrade ke Android Nougat pun banyak. Semuanya memang bisa diperbaiki dengan cara-cara tertentu. Pertanyaannya, apakah kamu sanggup dan bersedia?

Sumber foto: Foto: androidwidgetcenter

Perlu diketahui bahwa upgrade OS itu sama seperti Factory Reset. Semua data di gadget akan hilang. Agar bisa diselamatkan, kamu harus backup dulu semuanya. Setelah upgrade, kamu harus memasukkannya kembali, instal berbagai aplikasi lagi, dan sebagainya. Kadang orang malas melakukan ini.

Sumber foto: Foto: AndroidPIT

Sekali kamu upgrade OS, kamu tidak bisa melakukan downgrade ke OS versi sebelumnya. Jika kamu ternyata tidak suka, kamu harus menunggu ada versi baru lagi untuk upgrade lagi. Jadi, pastikan kamu akan menyukai Android Nougat ini dan menerima semua kekurangan yang ada di Android Nougat.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Android Nougat yang dapat menjadi pertimbanganmu sebelum upgrade ke OS versi terbaru. Jadi Gimana nih? Apa kamu akan tetap upgrade ke Android Nougat? Jangan lupa tinggalkan jawaban kalian di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT

4 Alasan Harus Pake Smartphone Berlayar Kecil! Nomer 2 Wajib Tahu

6 Teknologi Canggih di Film Porno, No. 6 Hollywood Mah Lewat!

Awas, Konek ke WiFi Hotel Bisa Bikin Kena Hack!

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Google Keep 3.4.491.02.40
Apps Google
Chrome Browser 81.0.4044.138
Apps Google
undefined
Kembali Keatas