5 Jenis Kejahatan yang Wajib Diwaspadai Para Pemain Game Online, Nomor 2 Paling Banyak!

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 21 Oktober 2017, 13:00
Banyak sekali aksi penipuan akun game online yang pasti tak kamu sadari selama ini. Untuk lebih jelasnya simak ulasan Jaka berikut!

Bermain game online memang dipandang lebih berkelas jika dibandingkan dengan game-game offline, karena kita dapat berinteraksi dengan komunitas luas. Namun, selain membutuhkan kuota alias tidak gratis, game online juga memiliki kelemahan yang lebih mengerikan dan lebih serius dibanding game offline!

Banyak sekali aksi penipuan akun game online yang pasti tak kamu sadari selama ini, terutama jika kamu bermain media sosial. Ada beberapa jenis penipuan yang bisa kamu temui yang akan mengakibatkan akun game online atau bahkan game yang kamu mainkan jadi bermasalah. Oleh karena itu, kamu harus tetap waspada akan beberapa jenis penipuan berikut! Untuk lebih jelasnya simak ulasan Jaka berikut!

BACA JUGA
  • 10 Tanda Smartphone Kamu Disadap Hacker, Cek HP Kamu Sekarang!
  • Tanda Akun Facebook Kamu Di-hack dan Cara Mengatasinya!
  • Awas Penipuan, Ini 6 Cara Membedakan Website Palsu!

5 Jenis Kejahatan yang Wajib Diwaspadai Para Pemain Game Online!

1. Carding

Sebagian dari kamu kemungkinan pernah dengar tentang Carding, namun tidak paham tentang apa itu Carding. Carding merupakan hal yang harus kamu waspadai karena Carding merupakan aksi penipuan yang amat serius! Bentuknya yaitu pencurian data-data kartu kredit yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk melakukan suatu transaksi tanpa kamu ketahui.

Penipu dapat dengan mudahnya memanfaatkan pencurian, menggunakan identitas palsu untuk membeli game kemudian menjualnya kembali. Membeli sesuatu hasil Carding sangat berisiko, termasuk game yang tidak akan bertahan lama.

2. Hode

Hode saat ini sedang sangat merajalela di dunia maya! Hode merupakan penyamaran seorang laki-laki menjadi perempuan. Tak dipungkiri bahwa perempuan sering sekali menjadi kelemahan seorang laki-laki ya, kamu pasti bakal nurut deh ngelakuin apa pun jika disuruh perempuan.

Misalnya lagi chatting sama perempuan kemudian dia mengirim link dan menyuruh kamu klik, maka sudah pasti kamu nurut. Padahal kamu tidak tahu link tersebut bahaya atau tidak. Jika link tersebut adalah link phising, maka sudah pasti akun FB atau game online kamu akan tercuri, tergantung jenis phising yang dibuat. Jika pelaku membuat phising game, maka sudah pasti akun game online kamu dicuri.

3. Kamuflase Nick

Yang membuat game online berkesan menarik salah satunya adalah suatu proses pemberian identitas yang berupa ingame nick. Bisa dibilang sangat unik karena dengan nick kamu dapat mengetahui player lainnya yang telah kamu kenali, entah teman atau bisa juga keluarga kamu sendiri.

Namun, kamu harus waspada dengan hal ini karena saat ini sudah sangat marak penipuan dengan memanfaatkan fitur ini, meniru sebagai nick kerabat kamu. Yang pasti tujuan mereka tidak lain lagi untuk mencuri sesuatu dari ingame yang kamu mainkan.

4. Reputasi

Jika kamu sering melakukan penjualan atau membeli sesuatu secara online termasuk game online, maka sebaiknya datanglah pada situs besar dan terpercaya! Karena saat ini telah banyak yang menjadi korban penipuan karena melakukan pembelian ataupun penjualan di luar toko online, contohnya bertransaksi melalui chatting Facebook.

Karena keduanya tak saling kenal, tak jarang pula kedua pihak bersikeras harus ada salah satu pihak yang membayar ataupun memberikan barang terlebih dahulu. Dan tidak jarang mereka yang telah mendapatkan apa yang mereka inginkan, kabur begitu saja dan tidak memberi hak kamu sebagai penjual atau sebaliknya.

5. Phising

Phising saat ini sedang sangat marak dan bisa kamu temui di media sosial seperti Facebook. Phising merupakan sebuah jebakan yang berupa link. Selain di Facebook, phising juga bisa ditemukan di Twitter, Whatsapp, dan aplikasi chatting jenis lainnya.

Biasanya pelaku phising akan memberi kamu iming-iming yang seakan-akan sedang tidak menipu kamu, contohnya memberi kamu pulsa gratis atau uang dengan syarat harus mengklik link yang mereka kirim.

Seperti yang sudah Jaka jelaskan tadi bahwa phising adalah jebakan yang akan mencuri data-data kamu, tergantung jenis phising yang mereka buat. Misalnya pelaku membuat phising COC, jika kamu mengklik link tersebut, maka akun game COC kamu akan tercuri oleh mereka. Oleh karena itu berhati-hatilah!

ADVERTISEMENT

Itulah 5 jenis kejahatan yang wajib diwaspadai para pemain game online. Saat ini teknologi memang sudah semakin canggih, karena itu siapa pun sekarang dapat dengan mudahnya menyalahgunakan kecanggihan teknologi. Jadi kamu juga harus semakin waspada.

ARTIKEL TERKAIT

Gamer Masuk! Ini 5 Tempat Unik Video Game yang Ternyata Ada Di dunia Nyata!

5 Games Dengan Reputasi Terburuk Sepanjang Masa, Masih Mau Mainin?

5 Smartphone iPhone Termurah yang Dijual Mulai 1 Jutaan

Meski Dulu Dipandang Sebelah Mata, 7 Merek Smartphone China Ini Sekarang Jadi Rebutan

Berantas Penipuan Online Shop, Ini Solusi Resmi Dari Menkominfo!

Penipuan!? Ini Beda Windows Original Rp 50 Ribuan Dan Rp 1,5 Jutaan

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
undefined
Kembali Keatas