Harddisk Kosong Bikin Ngebut Performa Komputer, Percaya Gak?

Ditulis oleh Jofinno Herian - Friday, 26 May 2017, 18:00
Ada yang bilang kalau kamu memiliki banyak harddisk dan membiarkannya tidak terlalu penuh, itu akan membuat komputer jadi lebih ngebut. Aoakah itu benar?

Sudut pandang orang dalam berpendapat soal komputer itu memang berbeda-beda. Salah satunya masalah performa. Ada yang bilang kalau kamu memiliki banyak harddisk dan membiarkannya tidak terlalu penuh, itu akan membuat komputer jadi lebih ngebut. Aoakah itu benar?

Nah, untuk menjawab hal itu, Jaka akan memberikan jawaban untuk kamu yang pernah bertanya-tanya akan hal tersebut namun belum sempat terjawab. Baca artikel ini sampai habis ya!

BACA JUGA

    Harddisk Kosong Bikin Ngebut Performa Komputer, Percaya Gak?

    Sumber foto: Foto: Wikipedia

    Jadi, apakah membuat kosong harddisk itu akan bikin ngebut performa komputer? Jawabannya adalah TIDAK. Mengosongkan harddisk tidak akan membuat performa komputer jauh lebih ngebut. Namun, itu akan berpengaruh dengan file fragmentation.

    Benar, ketika kamu mengosongkan harddisk maka itu tidak akan benar-benar membuat komputer kamu jadi lebih ngebut. Tapi, hal tersebut akam membiarkan sejumlah kecil ruang untuk mengurangi kemungkinan dari file fragmentation atau fragmentasi file.

    Apa Itu Fragmentasi File?

    Sumber foto: Foto: Wikipedia

    Fragmentasi file adalah sebuah fenomena dimana ruang penyimpanan tidak seutuhnya dipakai secara efisien, dan ini mengurangi kapasitas penyimpanan hard drive.

    Jadi, saat kamu membuat data yang baru dan apabila kamu meletakkan data itu di bagian fragmentasi file, maka file tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diakses saat ingin membukanya. Makanya, ada fitur yang bernama Defragment and Optimize Drive untuk mengoptimalkan harddisk kamu.

    ADVERTISEMENT

    Itu dia ulasan singkat untuk pertanyaan apakah harddisk kosong itu berpengaruh terhadap performa komputer. Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Komputer atau tulisan menarik lain dari Jofinno Herian.

    ARTIKEL TERKAIT

    10 Hasil Photoshop Nggak Masuk Akal yang Bikin Kamu Terkesima!

    Wujud Resmi Google Pixel, Smartphone Terbaru Buatan Google

    Takut Dimata-matai Google? Begini Cara Aman Chatting di Google Allo

    15 Fungsi Lain Pasta Gigi yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

    APPS TERKAIT
    Hide SMS and Call Recorder 1.0.6
    Apps New Softwares.net
    Hidden File Scanner 1.0.0.14
    Apps Peaklabs
    Hidden camera detector 4.0
    Apps FutureApps
    Application Hider 2.2
    Apps King Kong Lock
    Kembali Keatas