11 Game Catur Terbaik Online & Offline 2021, Untuk HP dan PC!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 01 July 2021, 17:00
Game catur terbaik merupakan pilihan tepat buat mengasah otak kamu. Nih, Jaka punya rekomendasi 11 game catur online & offline untuk PC dan Android.

Game catur bisa menjadi salah satu pilihan menarik buat kamu yang sedang mencari game asah otak nih, geng.

Dengan semakin canggihnya teknologi, kini bermain catur pun bisa dilakukan dengan praktis lewat smartphone ataupun laptop. Nggak perlu repot bawa papan catur!

Namun, banyaknya permainan catur yang beredar di internet pastinya membuat kamu bingung dalam memilih mana yang terbaik, kan?

Nah, oleh karena itu kali ini Jaka mau bagikan daftar game catur online maupun offline terbaik untuk HP dan PC/laptop. Yuk, disimak daftarnya!

1. Warrior Chess

Bosen dengan game catur yang tampilannya gitu-gitu aja? Cobain Warrior Chess yang merupakan game catur online 3D, geng!

Hadir dengan grafis unik, di game ini kamu akan bermain sebagai bidak catur sungguhan yang berbentuk layaknya prajurit, raja, serta ratu.

Kebayang gimana serunya, kan? Alih-alih main di atas papan catur, kamu akan menyaksikan permainan catur ala perang Hastings yang terjadi pada tahun 1066!

ADVERTISEMENT
Detail Warrior Chess
Developer After Dark Studios Ltd
OS Minimal Android 3.0 ke atas
Ukuran Bervariasi untuk setiap perangkat
Download 10,000+
Rating 3.4/5 (Google Play)

>>>Download Warrior Chess via Google Play Store<<<

2. Catur Master

Sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna di Play Store, Catur Master menyediakan berbagai tingkat kesulitan untuk pemainnya.

Kamu dapat berpartisipasi dalam turnamen yang diselenggarkan di permainan untuk mendapatkan hadiah dan menggunakannya untuk membeli papan atau bidak catur baru.

Game ini juga bisa dimainkan secara offline dan online. Ada juga mode multiplayer, sehingga cocok buat kamu yang ingin bermain catur dengan teman.

Detail Catur Master
Developer mobirixsub
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 17MB
Download 5.000.000 ke atas
Rating 4.3/5 (Google Play)

>>>Download Catur Master via Google Play Store<<<

3. Analyze This

Analyze This nggak kalah bagus dari permainan catur lain. Namun, agak berbeda dari game catur pada umumnya, Analyze This lebih tepat dikatakan sebagai permainan teka-teki catur.

Di sini kamu nggak akan disuguhkan dengan gameplay catur seperti biasanya, melainkan diminta untuk menjawab soal teka-teki seputar catur. Mirip seperti game teka-teki.

Salah satu keunggulan dari game ini adalah bisa dimainkan secara offline sehingga kamu nggak perlu khawatir akan kehabisan kuota internet.

Level yang disediakan pun cukup beragam, mulai dari level beginner hingga level master. Kamu tinggal pilih sesuai dengan kemampuanmu!

Detail Analyze This
Developer MyChessApps.com
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 12MB
Download 500.000 ke atas
Rating 4.2/5 (Google Play)

>>>Download Analyze This via Google Play Store<<<

4. Lichess - Free Online Chess

Lichess bisa dibilang sebagai salah satu game catur online terbaik. Ada empat mode permainan, yakni Bullet, Blits, Classical, dan Correspondence.

Menariknya lagi, ada lebih dari 80 pilihan bahasa, termasuk bahasa Indonesia yang membuat kamu lebih paham akan berbagai fitur keren yang ditawarkan.

Oh ya, meskipun judulnya Free Online Chess, tapi Lichess ini menawarkan permainan dalam mode offline untuk bermain catur lawan computer, geng.

Selain tersedia untuk platform Android, game ini juga dapat kamu mainkan secara online di PC lewat website resminya lichess.org, loh!

Detail Lichess - Free Online Chess
Developer lichess.org
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 8.7MB
Download 5.000.000 ke atas
Rating 4.4/5 (Google Play)

>>>Download Lichess - Free Online Chess via Google Play Store<<<

5. Chess Free

Mau download permainan catur online di HP? Kalau iya, kamu harus coba game Chess Free buatan developer AI Factory Limited yang satu ini, geng.

Chess Free bisa dimainkan online ataupun offline. Hanya saja, untuk mode multiplayer kamu tetap harus bermain secara online agar terhubung satu sama lain.

Untuk mode single player, kamu juga bisa memilih di antara 12 level tingkat kesulitan yang disediakan. Ada juga fitur Chess Tutor untuk membantumu mengembangkan strategi catur.

Buat kamu yang sudah bosan bermain game battle royale, Chess Free ini bisa jadi pelarian terbaik, loh!

Detail Chess Free
Developer AI Factory Limited
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 24MB
Download 50.000.000 ke atas
Rating 4.5/5 (Google Play)

>>>Download Chess Free via Google Play Store<<<

6. Chess - Play & Learn

Tersedia untuk versi PC dan Android, Chess - Play & Learn adalah permainan catur yang sangat cocok baik untuk pemula maupun profesional.

Jika kamu pemula, game ini menyediakan video tutorial di mana pemain ahli memberikan kiat-kiat seperti strategi, taktik, dan lain-lain.

Sayangnya, Chess - Play & Learn hanya mendukung mode online sehingga kamu hanya bisa memainkannya ketika sedang terhubung ke jaringan internet saja.

Detail Chess - Play & Learn
Developer Chess.com
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 10.000.000 ke atas
Rating 4.6/5 (Google Play)

>>>Download Chess - Play & Learn Free via Google Play Store<<<

7. Chess Tactics Pro

Sesuai namanya, game Chess Tactics Pro menyediakan berbagai taktik bermain catur yang dibagi ke dalam tiga mode, yaitu Daily Puzzles, Offline Puzzle Packs, dan Progress mode.

Dengan kata lain, Chess Tactics ini merupkan game catur offline sekaligus online yang bisa kamu mainkan di HP Android milikmu, geng.

Selain itu, tingkat kesulitan yang disediakan pun beragam, mulai dari level beginner hingga advanced. Tertarik untuk mencobanya?

Detail Chess Tactics Pro
Developer LR Studios
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 4.3MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.5/5 (Google Play)

>>>Download Chess Tactics Pro Free via Google Play Store<<<

8. Chess - Clash of Kings

Rekomendasi aplikasi catur lawan komputer atau player untuk HP Android yang terakhir dalaha Chess- Clash of Kings buatan developer Chess & Checkers Games.

Game ini menawarkan berbagai fitur menarik, salah satunya adfitur "Undo" yang berfungsi untuk mengembalikan permainan jika kamu tak sengaja melakukan kesalahan.

Total ada 10 tingkat kesulitan yang ditawarkan, lengkap dengan fitur Hints yang dapat membantumu memberikan klu mengenai bidak catur yang paling berpotensi untuk memenangkan permainan.

Aplikasi ini juga merupakan game catur online multiplayer sehingga kamu bisa bermain dengan teman. Yuk, download sekarang juga!

Detail Chess - Clash of Kings
Developer Chess & Checkers Games
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 5.000.000 ke atas
Rating 4.5/5 (Google Play)

>>>Download Chess - Clash of Kings via Google Play Store<<<

Game Catur Terbaik lainnya...

Nah, kalau sebelumnya Jaka sudah memberikan daftar permainan catur online dan offline untuk HP, maka sekarang saatnya untuk perangkat PC nih.

Di sini kamu nggak memerlukan laptop gaming khusus untuk memainkannya, karena rata-rata game ini sangat ringan untuk dimainkan.

9. Real Chess Online

Real Chess Online besutan AlienForce sebenarnya bukan hanya tersedia untuk perangkat PC, melainkan juga untuk HP Android dengan nama Catur 3D.

Bisa dimainkan online dan offline, Real Chess dilengkapi berbagai fitur yang cukup menarik. Kamu bisa memilih mode bermain 1 player, Online, atau 2 player.

Pada mode single player kamu akan ditantang oleh sekitar 2400 level AI, mulai dari yang mudah hingga paling sulit.

Bagi pemula, Real Chess juga memiliki fitur hint. Tampilannya pun sudah mendukung grafik 3D, dan kamu bisa chatting dengan lawanmu saat bermain online.

Buat kamu yang ingin download game catur PC Windows 10, Real Chess Online adalah salah satu rekomendasi terbaiknya, geng!

Spesifikasi Minimal Real Chess Online
OS Windows 10 versi 10240.0 atau lebih tinggi
Processor -
Memory -
Graphics -
DirectX DirectX 10
Storage -

>>>Download Real Chess via Microsoft Store<<<

10. Chess Friends

Menawarkan tampilan user interface dengan grafis yang baik, Chess Friends merupakan aplikasi catur PC yang sayang untuk dilewatkan, geng.

Di sini kamu juga bisa memilih mode permainan single player atau multiplayer, siapa tahu kamu ingin bermain bersama teman agar lebih seru.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa bermain dengan durasi waktu tertentu ataupun nggak memakainya sama sekali agar bisa mengatur strategi yang lebih matang.

Oh, ya, Chess Friends harux dimainkan online, ya! Jadi, buat kamu yang bosan dengan game online PC yang itu-itu saja, game ini bisa menjadi alternatifnya.

Spesifikasi Minimal Chess Friends
OS Windows 10 atau lebih tinggi
Processor -
Memory -
Graphics -
DirectX -
Storage -

>>>Download Chess Friends<<<

11. Haundrix Chess

Nah, kalau kamu mau download game catur offline untuk PC, Haundrix Chess bisa menjadi salah satu alternatif buat kamu download dan mainkan.

Game offline PC ini menawarkan tampilan UI yang sederhana, namun dengan pilihan mode yang beragam; human vs human, human vs computer, atau computer vs computer.

Biar semakin asyik dan menarik, ada juga efek animasi serta sound effect yang akan dihasilkan ketika bidak catur milikmu melakukan pergerakan.

Spesifikasi Minimal Haundrix Chess
OS Windows
Processor -
Memory -
Graphics -
DirectX -
Storage -

>>>Download Haundrix Chess via Website Resmi<<<

Daftar Game Catur Terbaik Online dan Offline 2021

  1. Warrior Chess
  2. Analyze This
  3. Chess Free
  4. Chess Tactics Pro
  5. Chess - Clash of Kings
  6. Real Chess Online
  7. Chess Friends
  8. Haundrix Chess

Akhir Kata

Itulah daftar game catur untuk HP dan PC terbaik untuk kamu coba. Buat kamu yang punya banyak kuota, bermain versi online pastinya lebih seru karena bisa duel dengan teman.

Namun, kalau di kondisi susah sinyal, aplikasi catur offline merupakan solusi terbaik yang bisa kamu pilih. Kalau kamu paling suka dengan game yang mana?

ARTIKEL TERKAIT

Kumpulan Cheat PB Zepetto Terbaru 2020, Push Rank Gak Perlu Pake Usaha!

13 APK Cheat Free Fire Terbaru 2024, Apakah Aman Digunakan?

Kembali Keatas