Takut Selfie dan 5 Fobia Aneh Terhadap Teknologi

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Sunday, 01 October 2017, 19:00
Fobia adalah kondisi di mana seseorang merasakan takut yang berlebih terhadap sesuatu. Salah satunya dengan teknologi. Kok bisa takut sama teknologi? Ya bisa aja, kan mereka yang merasakan.

Fobia adalah kondisi di mana seseorang merasakan takut yang berlebih terhadap sesuatu. Salah satunya dengan teknologi. Kok bisa takut sama teknologi? Ya bisa aja, kan mereka yang merasakan.

Fobia satu ini bukanlah fobia yang mainstream seperti takut sama ketinggian, ular, atau bahkan kegelapan. Sebab, fobia sama teknologi itu benar-benar hal aneh yang mungkin gak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

BACA JUGA
  • Canggih! Obati Fobia, Samsung Gunakan Teknologi VR
  • 17 Hal yang Gak Boleh Kamu Cari di Google! Nekat Nyoba?

Fobia Aneh Terhadap Teknologi

Coba bayangkan, saat teknologi semakin maju dan hidup semakin mudah karena bantuan teknologi canggih, ternyata ada oprang yang takut terhadap teknologi. Gimana jadinya ya? Seperti yang dialami orang-orang dengan fobia teknologi berikut!

1. Technophobia

Technophobia merupakan kakek moyang dari semua fobia teknologi. Istilah technophobia ini didefinisikan sebagai ketakutan atau kecemasan yang berlebihan dengan efek teknologi. Orang-orang atau penderita yang merasa tidak nyaman dan cemas dengan teknologi canggih, juga dapat dianggap "Technophobes".

Meskipun aneh, namun hal ini benar adanya. Sudah banyak orang yang menjadi korban fobia satu ini. Jangan-jangan mereka juga takut sama iPhone X yang baru saja keluar gara-gara harganya kelewat mahal ya?

Awas!
Perkembangan teknologi terkadang tidak berimbang, sehingga menimbulkan masalah-masalah yang kerap membuat frustasi pengguanya. Berikut ini 5 teror teknologi yang menghantui setiap pengguna smartphone
LIHAT ARTIKEL

2. Nomophobia

Kamu gak bisa jauh-jauh dari ponsel? Bisa jadi kamu mengidap fobia yang satu ini. Nomophobia berasal dari kata Nomo, singkatan dari "no-mobile". Istilah ini diperkenalkan pada tahun 2008 oleh Kantor Pos Inggris, dan menjadi semakin populer dengan maraknya teknologi ponsel.

Fobia ini adalah perasaan panik atau tidak nyaman saat kamu tidak membawa ponsel. Dan bahkan yang termasuk di dalamnya ialah perasaan tidak nyaman saat baterai drop, tidak ada sinyal atau pulsa habis!

3. Cyberphobia

Percaya atau tidak, beberapa orang memiliki ketakutan irasional terhadap komputer atau saat bekerja dengan komputer. Pengidap Cyberphobia biasanya akan takut atau cemas berlebih dengan apapun yang berhubungan dengan komputer.

ADVERTISEMENT

Biasanya, fobia ini terjadi pada orang yang anti-teknologi. Padahal sekarang lagi zamannya teknologi canggih dan komputer jadi salah satu inovasi yang selalu dibuat sama vendor. Sayang banget ya, gara-gara fobia aneh, mereka jadi gak bisa main komputer dengan nyaman.

4. Selfiephobia

Fenomena selfie memang sedang diminati. Apalagi sama kids zaman now alias anak-anak kekinian pasti suka banget selfie. Tapi di balik booming-nya fenomena selfie ini, ternyata ada orang yang takut akan selfie lho!

Selfiephobia adalah ketakutan untuk mengambil foto diri sendiri dan takut mengunggahnya ke internet, karena mereka takut disalahgunakan oleh orang lain. Selain itu, orang yang mengidap fobia ini, cenderung merasa kurang percaya diri dan merasa dirinya tidak fotogenik. Ada di antara kamu yang mengidap fobia ini?

5. Telephonobia

Telephonophobia ini hampir sama dengan Nomophobia. Bedanya adalah, Nomophobia merupakan ketakutan saat jauh dari ponsel, sedangkan Telephonophobia ini adalah ketakutan untuk menerima atau melakukan panggilan dengan menggunakan telepon.

Orang yang menderita fobia ini memiliki ketakutan untuk berbicara di depan umum dan merasa deringan telepon adalah suatu hal yang dapat membuatnya panik atau terintimidasi. Biasanya fobia ini menyerang orang yang sering ditagih utang, atau orang yang sering diteror lewat telepon.

Itu dia 5 fobia aneh terhadap teknologi. Apa kamu mengidap salah satunya?

ARTIKEL TERKAIT

Dari Goole Pixel 2, Ini 20 Smartphone Bezel-less (Bezel Tipis) Terbaik 2017

APPS TERKAIT
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
PlayBuzz 4.03
Apps PlayBuzz
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Kembali Keatas