7 Fitur Berguna Di Android Ini PASTI Belum Kamu Ketahui!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 09 Mei 2017, 21:00
Nah, nggak cuma untuk kirim email atau buka feed Instagram, smartphone Android juga punya segudang fitur keren. Nggak percaya? Ini dia 7 fitur tersembunyi di Android yang siap bikin smartphone kesayangan kamu lebih powerful.

Siapa sih zaman sekarang yang nggak punya smartphone? Rata-rata mayoritas orang Indonesia sudah menjadikan smartphone sebagai kebutuhan sehari-hari. Ini karena memang fungsinya yang bisa memudahkan aktivitas kita, baik untuk kirim email pekerjaan atau sekedar buka-buka akun media sosial.

Nah, nggak cuma untuk kirim email atau buka feed Instagram, smartphone Android juga punya segudang fitur keren yang bikin pengguna smartphone OS lain pada iri loh. Nggak percaya? Ini dia 7 fitur tersembunyi di Android yang siap bikin smartphone kesayangan kamu lebih powerful.

BACA JUGA
  • Inilah 18 Fitur yang Paling Diunggulkan di Android N
  • 7 Fitur Android N yang Tidak Dimiliki iPhone
  • Cara Menikmati Fitur Quick Reply Android N di Semua Android

7 Fitur Berguna di Android Ini PASTI Belum Kamu Ketahui!

1. Voice Search Saat Screen Lock

Sumber foto: Foto: Google Now

Google Now jadi salah satu fitur unggulan Android. Tinggal ucap ** OK Google **, semua informasi bisa kamu akses dengan cepat. Ternyata, fitur keren ini bisa kamu pakai saat layar terkunci, bikin proses pencarian dua kali lipat lebih simpel!

Sumber foto: Foto: Google Now

Silakan buka Google Settings > Search and Google Now > Voice > OK Google detection > Always On, lalu biarkan Google mengenali suara kamu lebih dulu sebelum mengaktifkannya. Jika Google Now di smartphone kamu tidak terdapat pilihan ** turned-off screen **, fitur ini juga punya nama lain yaitu 'from any screen' dan 'Always On'.

Google Now Launcher 1.3
Apps Productivity Google Inc.
DOWNLOAD

2. Dark Theme

Sumber foto: Foto: AndroidPIT

Buat beberapa jenis layar, salah satunya AMOLED, penggunaan tema gelap bikin baterai lebih irit. Selain itu, tema warna gelap juga ideal saat kamu mengakses smartphone di malam hari supaya mata nggak cepat lelah.

Untungnya, fitur dark theme sudah tersedia secara bawaan di OS Android Marshmallow. Cara aktifinnya gampang banget, tinggal buka Settings > Accessibility > Inverted Rendering.

3. Turn Off dan Reset Smartphone Remote

Sumber foto: Foto: Google

Kehilangan smartphone kesayangan memang bikin nyesek. Apalagi jika banyak data penting yang bisa disalahgunakan orang lain. Untungnya, Google punya fitur Android Device Manager buat kontrol smartphone dari jarak jauh.

Dengan Android Device Manager, kamu bisa mematikan smartphone bahkan reset ke pengaturan pabrik secara remote sehingga semua data bisa langsung terhapus. Caranya, silakan aktifkan dulu pengaturan di smartphone dengan klik Settings > Security > Phone Management.

ADVERTISEMENT
Android Device Manager 1.1.9
Apps Drivers & Smartphone Google Inc.
DOWNLOAD

4. Akses Tab Google Chrome Dari Device Lain

Sumber foto: Foto: Google Chrome

Buat pengguna Google Chrome, kamu bisa mengakses tab Chrome yang terbuka di perangkat lain dalam satu akun. Silakan klik setting di kanan atas layar dan bukan menu ** recent tabs ** untuk melihat daftar situs apa saja yang kamu buka dari perangkat lain seperti laptop atau tablet.

Google Chrome 64-bit 86.0.4240.111
Apps Browser Google Inc.
DOWNLOAD

5. Tulis Detail Kontak di Lockscreen

Sumber foto: Foto: Notebookcheck.fr

Fitur ini berguna banget buat kamu yang sering simpan smartphone sembarangan. Selain aktifkan Android Device Manager, kamu bisa tulis detail kontak kamu di lockscreen seperti email atau alamat rumah dengan klik Settings > Security > Lock screen message. Siapa tahu smartphone kamu yang hilang bisa ketemu dengan aktifin fitur ini!

6. Document Scanner

Sumber foto: Foto: Nerdsmagazine

Nggak usah beli mesin scanner yang mahal, smartphone Android bisa kamu dijadikan sebagai alat scanning dokumen. Cukup dengan instal aplikasi document scanner dari Google Play Store. Selain itu, kamu juga bisa memotret dokumen dalam bentuk foto dan gunakan Google Drive untuk convert ke format file lain yang kamu inginkan.

7. Fitness Trackers

Sumber foto: Foto: Venturebeat

Di dalam smartphone Android terdapat sejumlah sensor canggih yang sayang jika tidak kamu manfaatkan. Salah satunya bisa mengubah smartphone sebagai fitness tracker dengan bantuan aplikasi Google Fit yang juga bisa kamu temukan di Play Store. Selain itu, kamu juga bisa menghitung detak jantung menggunakan kamera dengan bantuan aplikasi seperti Runtastic Heart Rate Monitor.

Google Fit 1.50.51-000
Apps Productivity Google Inc.
DOWNLOAD

Itu dia 7 fitur tersembunyi di Android yang siap bikin smartphone kesayangan kamu lebih powerful. Untuk memaksimalkan smartphone Android kesayangan kamu, nggak ada salahnya coba salah satu fitur tersembunyi di atas. Jika kamu sudah mencobanya, share di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT

10 Game Playstation (PS 1) Terburuk Sepanjang Masa

Daftar Smartphone Sony Xperia yang Dapat Android 7.0 Nougat

APPS TERKAIT
quickReply 1.03
Apps Jawomo
Xposed Installer 2.7.1 Eksperimental
Apps rovo89
XDA Labs 1.0.8.3b
Apps XDA Developers
KingRoot 5.4.0
Apps KingRoot Studio
undefined
Kembali Keatas