Buka 100 Tab Google Chrome Tanpa Lag? Bisa!

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 23 Maret 2017, 10:30
Tahu gak jika setiap tab Google Chrome mengkonsumsi 10-200 MB RAM, sehingga menurunkan performa komputer? Bisa gak untuk membuka 100 tab di Google Chrome tanpa lag? Bisa!

Google Chrome terbilang istimewa karena mampu memberikan pengalaman browsing yang terasa lebih cepat ketimbang browser lain. Namun pengalaman tersebut harus dibayar mahal dengan banyaknya RAM yang dikonsumsi oleh setiap tab yang dibuka oleh Google Chrome. Setiap tab mampu mengkonsumsi 10-200 MB RAM, sehingga menurunkan performa komputer kamu. Jadi, mungkin gak untuk membuka 100 tab di Google Chrome tanpa lag?

Bagi pengguna komputer desktop dengan kapasitas RAM yang sangat besar, seperti laptop gamer, konsumsi RAM mungkin tidak menjadi persoalan. Namun bagi para pengguna komputer dengan RAM terbatas, menghemat konsumsi RAM akan sangat membantu mengoptimalkan kinerja dalam menjalankan berbagai tugas sehari-harinya.

BACA JUGA
  • Kenapa Google Chrome Menghabiskan RAM Sangat Besar?
  • Microsoft Edge vs Google Chrome, Siapa Paling Hebat?
  • Inikah Awal Peperangan Antara Google Chrome dan Adblock?

Hemat Konsumsi RAM Dengan The Great Suspender

The Great Suspender adalah extension di Chrome Web Store yang mampu memberikan pengalaman internet cepat dengan Google Chrome, namun hemat konsumsi RAM. Kok bisa? Bisa aja, karena extension ini bekerja dengan cara 'menidurkan' tab yang aktif selama beberapa waktu, mulai dari 20 detik hingga 3 hari. Dengan adanya tab yang 'tidur' otomatis tidak mengkonsumsi RAM, dan kinerja komputer pun tetap cepat tanpa lag.

Silakan pasang extension The Great Supender pada Google Chrome kamu.

Setelah terpasang, kamu dapat dengan leluasa 'menidurkan' tab-tab yang kamu kehendaki dengan memilih ikon The Great Suspender di pojok kanan atas, atau dengan klik kanan pada tab yang sedang dibuka. Dari menu yang ditampilkan, kamu juga bisa masuk ke pengaturan The Great Suspender untuk kemudian menyesuaikan pengaturannya dengan kebutuhan kamu.

Kamu bisa mengatur fitur Auto-Suspend dari 20 detik hingga 3 hari. Jika aktif membuka banyak tab, sangat disarankan untuk 'menidurkan' tiap tab yang tidak terpakai secara otomatis setiap 20 detik.

Kamu juga bisa memberikan akses Whitelist kepada halaman web tertentu yang tidak ingin 'ditidurkan' saat eksekusi Auto-Suspend. Sehingga tab yang membuka web tersebut tidak akan 'tidur'. Halaman seperti YouTube atau yang menyediakan layanan streaming sangat disarankan untuk dimasukan ke dalam daftar Whitelist jika sering melakukan streaming di background.

Jika kamu berpindah ke halaman yang telah 'ditidurkan', kamu akan disambut dengan keterangan 'Tab suspended. Click to reload'. Di atasnya, kamu bisa secara langsung memasukan halaman tersebut ke dalam Whitelist jika dikehendaki.

ADVERTISEMENT

Dengan tidak adanya RAM yang dikonsumsi oleh tab yang ditidurkan tersebut, maka komputer kamu akan mampu membuka 100 tab Google Chrome sekaligus tanpa mengurangi performanya. Bahkan kamu bisa membuka hingga 200 tab jika mau. Selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT

Canggih dan Bisa Dilipat! Ini Dia Keyboard yang Cocok Buat Smartphone Kamu

Cara Nonton YouTube Sambil Tetap Browsing di PC

Kamu Developer? Yuk Ikuti Lomba Bersama 9Apps dan Menangkan MACBOOK PRO!

BBM Glympse vs LINE Here, Mana Yang Lebih Baik?

5 Bahaya Menggunakan Software Windows Bajakan

APPS TERKAIT
Chrome Browser 81.0.4044.138
Apps Google
JalanTikus 2.5.2
Apps
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Mozilla Firefox Quantum 66.0.1
Apps Mozilla Organization
undefined
Kembali Keatas