15 Film Sejarah Terbaik Sepanjang Masa, Belajar Sejarah Gak Pake Ngantuk!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 10 October 2023, 22:30
Pelajaran sejarah di sekolah seringkali bikin ngantuk. Kalau kamu pengen belajar sejarah tanpa merasa jenuh, nonton film sejarah terbaik berikut ini saja

Kamu bosan dengan metode belajar sejarah yang begitu-begitu saja? Kamu bisa coba nonton rekomendasi film sejarah yang diangkat berdasarkan kisah nyata berikut ini.

Pelajaran sejarah terkadang dianggap membosankan oleh sebagian besar orang. Mendengarkan guru berbicara dan membaca ribuan kata seakan penyiksaan yang tidak ada habisnya.

Film-film ini bakal menghibur kamu sekaligus bikin kamu makin melek dengan peristiwa penting apa yang pernah terjadi di dunia.

Sebenarnya, ada ribuan film-film sejarah yang berkualitas. Mulai dari sejarah dunia, sejarah Indonesia, hingga sejarah Islam di Indonesia. Di artikel ini, Jaka telah memilih 15 film sejarah terbaik yang menggambarkan peristiwa besar dan berpengaruh di dunia.

1. Mat Kilau: Kebangkitan Pahlawan (2022)

Sekilas judulnya seperti film Indonesia, ya, geng. Tapi, Mat Kilau ini diproduksi oleh Studio Kembara yang markasnya di Negeri Jiran.

Meskipun beda negara, tapi kita bisa belajar sejarah Melayu dari film ini, geng. Film ini bercerita tentang Mat Kilau bersama ayahnya, Tok Gajah, dan teman-temannya yang berjuang keras melawan pendudukan Inggris tahun 1892 lalu.

Inggris yang saat itu mengeksploitasi tanah Panah milik orang Melayu membuat mereka gerah. Mat Kilau, keluarga, dan rekannya berusaha mengusir penjajah dari tanah mereka meskipun mendapat tekanan dari Inggris.

ADVERTISEMENT

Film sejarah terbaik ini sudah tayang pada 23 Juni lalu di Malaysia, tapi di Indonesia akan segera tayang 31 Agustus. Nggak sabar, kan, ingin segera menontonnya? Cek informasi film ini dulu, ya!

Judul Mat Kilau: Kebangkitan Pahlawan
Tayang 31 Agustus (Indonesia)
Durasi 1 jam 57 menit
Sutradara Syamsul Yusof
Cast Adi Putra, Beto Kusyairy, Fattah Amin
Genre Action, Drama, History
Rating 6,8/1.0 (IMDb)

2. Samrat Prithviraj (2022)

Rekomendasi selanjutnya datang dari India, geng. Kalau biasanya kamu lihat film India isinya joget semua, sekarang kamu bisa belajar sejarah dari Samrat Prithviraj.

Film ini menceritakan tentang seorang prajurit bernama Prithviraj Chauhan yang hidup di abad 12. Dia dikenal sebagai ksatria yang gagah perkasa dan tak kenal rasa takut.

Karena kepemimpinannya, dia diangkat menjadi raja yang melindungi rakyatnya. Di tengah masa kepemimpinannya, Raja Prithviraj bentrok dengan Muhammad dari Ghor.

Di dalam bentrok ini, sang raja harus mengambil langkah apakah perlu menyelesaikan semua konflik dengan perang atau mencari cara lain. Film ini sudah dirilis sejak 3 Juni 2022, jadi langsung bisa kamu tonton, geng.

Judul Samrat Prithviraj
Tayang 3 Juni 2022
Durasi 2 jam 15 menit
Sutradara Chandraprakash Dwivedi
Cast Akshay Kumar, Manushi Chhillar, Manav Vij
Genre Action, Drama, History
Rating 5,9/10 (IMDb)

3. The Northman (2022)

Kamu tertarik ingin mempelajari kebiasaan bangsa Viking? Kamu mungkin cocok nonton The Northman ini. Film garapan Robert Eggers ini membawa unsur skandinavia yang muram dan sangat berkabut.

Yap, film sejarah ini memang bercerita tentang balas dendam seorang prajurit viking tangguh bernama Amleth. Ayahnya, Raja Aurvandil War Raven, dibunuh oleh adiknya sendiri, Fjolnir. Tahta kerajaannya direbut dan Amleth melarikan diri karena trauma.

Dia ditemukan oleh bangsa Viking dan dibesarkan menjadi prajurit yang tangguh. Amleth pun teringat akan takdirnya untuk balas dendam ke Fjolnir.

Film ini dibintangi aktor dan aktris kawakan seperti Alexander Skarsgard, Nicole Kidman, hingga Ethan Hawke, loh. Elemen Vikingnya yang kental ditampilkan dengan kuat jadi kamu bisa belajar tentang suku mereka lewat film ini, geng!

Judul Samrat Prithviraj
Tayang 22 April 2022
Durasi 2 jam 17 menit
Sutradara Robert Eggers
Cast Alexander Skarsgard, Anya Taylor-Joy, Nicole Kidman, Ethan Hawke
Genre Action, Drama, History
Rating 7,2/10 (IMDb)

89% (Rotten Tomatoes)

4. Dunkirk (2017)

Kamu suka film karya sutradara Christopher Nolan? Kalau iya, kamu wajib banget nonton film berlatar perang dunia ke-2 berjudul Dunkirk ini, geng.

Dunkirk menceritakan proses evakuasi ratusan ribu pasukan sekutu yang terjebak di pantai Dunkirk, Perancis; yang kini telah dikepung oleh pasukan Jerman.

Proses evakuasi dalam film sejarah terbaik ini digambarkan melalui 3 perspektif: darat, laut, dan udara. Film ini juga minim dialog sehingga kamu harus fokus ketika menyaksikannya.

Judul Dunkirk
Tayang 21 July 2017 (USA)
Durasi 1 jam 46 menit
Sutradara Christopher Nolan
Cast Fionn Whitehead, Barry Keoghan, Mark Rylance
Genre Action, Drama, History
Rating 93% (RottenTomatoes.com)

7.9/10 (IMDb.com)

5. Hidden Figures (2017)

Nggak banyak yang tahu kalau ternyata dalam misi pendaratan manusia ke bulan pada tahun 1969, terdapat 3 sosok wanita yang memiliki peran krusial.

Diangkat dari kisah nyata, Hidden Figures mengajak kita kembali ke tahun 1961 di mana 3 wanita Afrika Amerika bekerja sebagai ahli matematika di NASA Langley Research Centre.

Kerasnya diskriminasi terhadap warna kulit dan gender gak bikin mereka ciut. Mereka justru menghadapi semua tantangan dengan berani dan berhasil membuktikan bahwa mereka layak berada di sana.

Film sejarah mengenai pemberdayaan wanita ini dijamin inspiratif banget, deh!

Judul Hidden Figures
Tayang 10 Maret 2017
Durasi 2 jam 7 menit
Sutradara Theodore Melfi
Cast Taraji P. Henson, Octavia Spencer, Janelle Monae
Genre Biography, Drama, History
Rating 93% (RottenTomatoes.com)

7.8/10 (IMDb.com)

6. Hacksaw Ridge (2016)

Berperang gak hanya tembak menembak untuk membunuh lawan. Ada juga tentara medis yang bertugas untuk menyelamatkan nyawa para prajurit.

Hal itulah yang dicoba dituangkan dalam film perang yang terinspirasi dari kisah nyata prajurit bernama Desmond Doss dalam film Hacksaw Ridge.

Desmond yang bersumpah tidak akan pernah menyakiti atau membunuh berhasil membuktikan bahwa keberanian tidak perlu dibuktikan dengan membunuh orang lain.

Judul Hacksaw Ridge
Tayang 4 November 2016
Durasi 2 jam 19 menit
Sutradara Mel Gibson
Cast Andrew Garfield, Sam Worthington, Luke Bracey
Genre Biography, Drama, History
Rating 84% (RottenTomatoes.com)

8.1/10 (IMDb.com)

7. 12 Years a Slave (2013)

12 Years a Slave merupakan sebuah film sejarah yang diangkat dari memoar Solomon Northup, seorang pria kulit hitam yang dijual paksa sebagai budak selama 12 tahun.

Awalnya, Solomon adalah seorang musisi terpelajar di New York yang saat itu sudah tidak menerapkan perbudakan. Ia kemudian mendapatkan tawaran kerja di Washington DC.

Namun, ternyata ia ditipu dan dijual sebagai budak di New Orleans. Film ini bakal menceritakan 12 tahun penderitaan Solomon sebagai budak dengan sangat detail.

Judul 12 Years a Slave
Tayang 8 November 2013 (USA)
Durasi 2 jam 14 menit
Sutradara Steve McQueen
Cast Chiwetel Ejiofor, Michael Kenneth Williams, Michael Fassbender
Genre Biography, Drama, History
Rating 95% (RottenTomatoes.com)

8.1/10 (IMDb.com)

8. Lincoln (2012)

Abraham Lincoln merupakan mantan Presiden Amerika Serikat ke-16. Perjuangannya menghentikan perbudakan warga kulit hitam di Amerika terus dikenang hingga kini.

Alih-alih menceritakan seluruh kisah hidup Lincoln, film biopik ini justru hanya menceritakan 4 bulan terakhir kehidupan Abraham Lincoln.

Rasa kemanusiaan Lincoln terwujud berkat upayanya dalam meloloskan amandemen ke-13. Di sisi lain, ia juga berusaha untuk menghentikan perang saudara yang terjadi di AS.

Judul Lincoln
Tayang 16 November 2012 (USA)
Durasi 2 jam 30 menit
Sutradara Steven Spielberg
Cast Daniel Day-Lewis, Sally Field, David Strathairn
Genre Biography, Drama, History
Rating 89% (RottenTomatoes.com)

7.3/10 (IMDb.com)

9. Sang Pencerah (2010)

Setelah 8 film sejarah luar negeri, kini saatnya Jaka membahas film sejarah Indonesia. Salah satu film Indonesia terbaik favorit Jaka adalah Sang Pencerah.

Sang Pencerah merupakan sebuah film sejarah Islam Indonesia garapan sutradara Hanung Bramantyo yang menceritakan kisah pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan (Lukman Sardi).

Dalam perjalanannya mendirikan Muhammadiyah, Ahmad Dahlan mendapat banyak penolakan terutama dari Kyai-Kyai di kampung halamannya.

Judul Sang Pencerah
Tayang 8 September 2010
Durasi 1 jam 52 menit
Sutradara Hanung Bramantyo
Cast Lukman Sardi, Zaskia Adya Mecca, Slamet Rahardjo
Genre Biography, Drama, History
Rating TBA (RottenTomatoes.com)

6.8/10 (IMDb.com)

10. Munich (2005)

Munich merupakan sebuah film action drama yang berlatar tragedi pembantaian 11 atlet Israel pada ajang Olimpiade Munich 1972 oleh sekelompok teroris Palestina.

Ceritanya, pemerintah Israel dan Mossad; pasukan khusus Israel membentuk sebuah tim berisi 5 orang dengan spesialisasi berbeda-beda untuk memburu teroris tersebut.

Namun, upaya ini nggak semudah yang mereka pikirkan. Terdapat banyak rintangan dan kesulitan yang harus mereka lewati dalam menyelesaikan misi mereka.

Judul Munich
Tayang 6 January 2006 (USA)
Durasi 2 jam 44 menit
Sutradara Steven Spielberg
Cast Eric Bana, Daniel Craig, Marie-Jos e Croze
Genre Action, Drama, History
Rating 78% (RottenTomatoes.com)

7.5/10 (IMDb.com)

11. Hotel Rwanda (2004)

Selanjutnya adalah film Hotel Rwanda yang mengisahkan sejarah pembantaian / genosida di Rwanda tahun 1994. Tragedi ini memakan korban jiwa hingga 1 juta orang.

Dalam film ini, kita bakal mengikuti kisah nyata dari Paul Rusesabagina, seorang manajer hotel di Rwanda yang menyembunyikan 1.268 suku Tutsi dan Hutu dari kejaran milisi liar.

Suku Hutu dan Tutsi merupakan target utama dari genosida ini. Bahkan 70% suku Tutsi di Rwanda tewas secara mengenaskan.

Judul Hotel Rwanda
Tayang 4 February 2005 (USA)
Durasi 2 jam 1 menit
Sutradara Terry George
Cast Don Cheadle, Sophie Okonedo, Joaquin Phoenix
Genre Biography, Drama, History
Rating 91% (RottenTomatoes.com)

8.1/10 (IMDb.com)

12. Schindler's List (1993)

Schindler's List mengangkat tema Holocaust; pembantaian bangsa Yahudi oleh Nazi Jerman pada era Perang Dunia ke-2 dengan sangat realistis. Bahkan, film ini sukses menyabet 6 piala Oscar.

Film arahan Steven Spielberg ini menceritakan kisah pengusaha Jerman yang juga simpatisan Nazi bernama Oskar Schindler. Meskipun begitu, ia sangat berjasa bagi orang Yahudi.

Schindler berusaha menyelamatkan ribuan orang Yahudi dengan "mempekerjakan" mereka di pabriknya. Film ini pun dibuat hitam putih supaya lebih kelam.

Kamu bakal diperlihatkan kekejaman Nazi terhadap bangsa Yahudi di Eropa. Bisa dibilang, film ini lebih mirip film horor dibanding film sejarah.

Judul Schindler's List
Tayang 4 February 1994 (USA)
Durasi 3 jam 15 menit
Sutradara Steven Spielberg
Cast Liam Neeson, Ralph Fiennes, Ben Kingsley
Genre Biography, Drama, History
Rating 97% (RottenTomatoes.com)

8.9/10 (IMDb.com)

13. Last of The Mohicans (1992)

Last of The Mohicans merupakan sebuah film sejarah dengan latar perang era kolonialisme dan dibintangi oleh aktor berbakat, Daniel Day Lewis.

Pada zaman itu, Perancis dan Inggris sedang berperang di tanah kolonial Amerika. Di tengah-tengah mereka terdapat suku-suku Indian / Mohican yang terjebak dan harus memilih kubu.

Banyak anggota suku yang menjadi korban akibat peperangan kaum penjajah ini. Di lain sisi, sekelompok Mohican berupaya menyelamatkan seorang anak perempuan dari tentara Inggris.

Judul Last of The Mohicans
Tayang 25 September 1992 (USA)
Durasi 1 jam 52 menit
Sutradara Michael Mann
Cast Daniel Day-Lewis, Madeleine Stowe, Russell Means
Genre Action, Adventure, Drama
Rating 95% (RottenTomatoes.com)

7.7/10 (IMDb.com)

14. The Last Emperor (1987)

Sebelum menjadi sebuah negara republik, China merupakan sebuah kekaisaran raksasa. Film The Last Emperor menceritakan keruntuhan dinasti Qing serta kebangkitan negara komunis China.

Film sejarah dunia ini menceritakan kisah Pu Yi, kaisar terakhir China yang dinobatkan sejak berusia 3 tahun. Meskipun begitu, kehidupannya nggak seenak yang dipikirkan.

Jabatannya sebagai kaisar China tidak berlangsung lama. China yang kemudian dipimpin presiden Sun Yat Sen membuangnya dan menjadikannya tahanan negara.

Judul The Last Emperor
Tayang 15 April 1988 (USA)
Durasi 2 jam 43 menit
Sutradara Bernardo Bertolucci
Cast John Lone, Joan Chen, Peter O'Toole
Genre Biography, Drama, History
Rating 90% (RottenTomatoes.com)

7.7/10 (IMDb.com)

15. Gandhi (1982)

Kalau kamu belajar sejarah, nggak mungkin kamu nggak kenal dengan tokoh satu ini. Gandhi adalah pemimpin gerakan anti pendudukan Inggris di India pada abad ke-20.

Film sejarah India yang satu ini mengisahkan awal perjuangan Gandhi dalam memerdekakan India dari penjajahan Inggris dengan gerakan protes tanpa kekerasan kepada pemerintah.

Gerakan tanpa kekerasan yang dipimpin oleh Gandhi ini semakin lama semakin besar kharisma seorang Gandhi yang mampu menghipnotis rakyat India.

Judul Gandhi
Tayang 25 February 1983 (USA)
Durasi 3 jam 11 menit
Sutradara Richard Attenborough
Cast Ben Kingsley, John Gielgud, Rohini Hattangadi
Genre Biography, Drama, History
Rating 84% (RottenTomatoes.com)

8.0/10 (IMDb.com)

15 Film Sejarah Terbaik Rekomendasi Jaka

Setelah membaca penjelasan panjang lebar dari Jaka di atas, Jaka akan merangkum 15 film sejarah terbaik yang cocok kamu tonton untuk memperkaya wawasanmu. Berikut daftarnya:

  1. Mat Kilau: Kebangkitan Pahlawan (2022)
  2. Samrat Prithviraj (2022)
  3. The Northman (2022)
  4. Dunkirk (2017)
  5. Hidden Figures (2017)
  6. Hacksaw Ridge (2016)
  7. 12 Years a Slave (2013)
  8. Lincoln (2012)
  9. Sang Pencerah (2010)
  10. Munich (2005)
  11. Hotel Rwanda (2004)
  12. Schindler's List (1993)
  13. Last of The Mohicans (1992)
  14. The Last Emperor (1987)
  15. Gandhi (1982)

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 15 film sejarah terbaik yang wajib kamu saksikan. Film-film di atas bakal memberi kamu pengetahuan sejarah tanpa perlu merasa jenuh.

Ada film sejarah Barat, Indonesia, dan Malaysia yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menontonnya di layanan streaming seperti Netflix, Amazon Prime Video, Disney+ Hotstar, dan lainnya.

Meskipun terkesan membosankan, film-film sejarah ini digarap dengan sederhana dan membuat kamu memahami alur ceritanya, loh. Selamat menonton, ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT

10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata, Ada Yang Ngerampok Rumah Paris Hilton!

15 Film Gangster Terbaik dan Terbaru 2022, Penuh Aksi Baku Tembak!

Kembali Keatas