7 Reality Show dengan Konsep Paling Aneh, No. 6 Kontroversial Banget!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 04 March 2020, 10:00
Niatnya, sih, pengen bikin acara realita yang unik dan beda yang lain. Namun, konsep yang diusung oleh beberapa reality show ini malah absurd dan nyeleneh banget.

Selain nonton film-film box office, reality show atau acara realita merupakan salah satu konsumsi publik yang paling laris.

Mengangkat reaksi otentik dari para peserta serta acara yang berjalan "tanpa naskah" ini mampu bikin orang jadi makin penasaran.

Demi meraih pasar, para produsen reality show mencoba berinovasi dengan konsep-konsep yang unik. Namun, unik belum tentu memiliki arti yang baik, geng.

7 Reality Show dengan Konsep Paling Nyeleneh

Dalam artikel ini, Jaka akan coba mengulas mengenai 7 reality show dengan konsep yang nyeleneh. Nggak tahu, deh, apa karena produsernya kreatif banget atau sudah kehabisan ide.

Pasti kamu sudah nggak sabar, kan? Nah, daripada menunggu lebih lama lagi, mendingan langsung saja simak artikel berikut ini, geng!

1. Naked and Afraid

Sebenarnya, konsep acara realita di mana si peserta harus bertahan hidup di tengah hutan sudah banyak digunakan. Supaya unik, Discovery Channel pun merilis Naked and Afraid.

Sesuai judulnya, para peserta reality show ini bakal mencoba untuk survive di hutan dengan telanjang dan berbekal peralatan seadanya. Mirip manusia purba gitu, geng.

ADVERTISEMENT

Untungnya, tubuh para peserta disensor supaya tidak menyebabkan kontroversi lebih lanjut. Acara ini ternyata juga cukup laris, lho.

2. The Swan

Banyak orang yang bilang untuk mencintai dirimu sendiri seburuk apapun penampilanmu. Namun, acara The Swan justru menawarkan sebaliknya.

Acara reality show ini diikuti oleh beberapa kontestan wanita. Mereka bakal mendapatkan operasi plastik gratis, sesi terapi, program penurunan berat badan, dan lain-lain.

Hanya saja, para kontestan nggak boleh berkaca selama berbulan-bulan. Acara ini ditentang habis-habisan karena mempromosikan standar kecantikan yang tidak realistik kepada perempuan.

3. Farmer Wants a Wife

Reality show mencari jodoh memang sudah basi banget. Namun, acara Farmer Wants a Wife mencoba untuk membuat acara mencari jodoh dengan konsep yang unik.

Acara ini bakal diikuti oleh beberapa gadis kota yang harus berkompetisi untuk mendapatkan hati seorang peladang sukses. Mereka pun harus belajar cara mengelola pertanian dengan baik seperti game Harvest Moon.

Meskipun memiliki konsep yang nyeleneh, namun reality show satu ini sukses banget sampai-sampai diadaptasi ke beberapa negara.

4. Shattered

Susah tidur ketika malam? Mungkin kamu wajib ikut acara yang satu ini, geng. Acara berjudul Shattered ini mengubah penyakit susah tidur menjadi sebuah kompetisi.

Dalam acara ini, para kontestan wajib menahan kantuk mereka selama 7 hari. Nggak cuma itu, mereka juga bakal mengikuti tantangan yang memancing kantuk, seperti berbaring di sofa tanpa tertidur.

Konsep yang unik ini sayangnya sangat berbahaya bagi nyawa manusia. Kurang tidur dapat mengurangi suplai oksigen ke otak yang mengakibatkan halusinasi hingga kematian.

5. Born in the Wild

Born in the Wild merupakan sebuah acara realita yang mengikuti perjalanan seorang calon ibu dalam proses melahirkan anaknya.

Namun, mereka nggak bakal melahirkan di rumah sakit seperti normalnya manusia. Justru, mereka bakal mencoba untuk melahirkan di alam liar tanpa bantuan peralatan medis lengkap.

Meskipun begitu, pihak acara juga tetap menyediakan tenaga medis dan transport apabila terjadi kejadian darurat ketika dalam proses melahirkan.

6. Who's Your Daddy?

Who's Your Daddy? merupakan sebuah reality show yang bakal mempertemukan seorang anak adopsi dengan ayah kandungnya, hanya saja dibalut dengan konsep aneh.

Si anak bakal ditempatkan di sebuah rumah untuk tinggal beberapa lama bersama beberapa pria yang berpura-pura menjadi ayah kandungnya.

Di akhir, si anak harus bisa berhasil menebak siapakah ayah kandungnya. Kalau ia benar, ia bakal memenangkan US$ 100.000.

Namun, kalau ia salah menebak, aktor yang berpura-pura jadi ayahnya lah yang berhak memenangkan uang tersebut. Acara ini mendapatkan kecaman karena dianggap mengeksploitasi.

Nggak heran, acara ini langsung dihentikan setelah mengudara sebanyak 1 episode.

7. Best Funeral Ever

Dari semua reality show paling aneh dalam daftar ini, Best Funeral Ever adalah juaranya, geng. Sesuai namanya, acara ini berkaitan dengan prosesi pemakaman.

Acara ini menayangkan sebuah rumah duka di Amerika Serikat yang mencoba untuk membuat prosesi pemakaman kliennya menjadi semenarik mungkin.

Mulai dari pesta barbecue, pemakaman bertema disko, pemakaman bertema natal, dan masih banyak lagi. Menurut si pemulik rumah duka, hal ini dilakukan untuk meringankan duka keluarga yang ditinggalkan, geng.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 reality show dengan konsep paling nyeleneh yang pernah ada. Nggak heran kalau ada beberapa yang harus dihentikan karena melanggar kode etik.

Kalau di Indonesia, acara-acara seperti ini pasti sudah ditegur oleh KPI, geng. Spongebob aja kena sensor besar-besaran.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah tersedia, yah!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT

10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata, Ada Yang Ngerampok Rumah Paris Hilton!

15 Film Gangster Terbaik dan Terbaru 2022, Penuh Aksi Baku Tembak!

Kembali Keatas