Amankah Data HP Jika Menghapus Cache? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Ditulis oleh Jaka - Senin, 25 Oktober 2021, 19:30
Jadi cache akan berfungsi untuk mempercepat loading pada sebuah aplikasi tanpa harus menunggu dengan waktu yang lama.

Apa itu cache? cache adalah sebuah memori atau penyimpanan yang bersifat sementara dan bertujuan untuk mempercepat akses kepada berbagai aplikasi yang sering kita gunakan pada smartphone.

Jadi cache akan berfungsi untuk mempercepat loading pada sebuah aplikasi tanpa harus menunggu dengan waktu yang lama.

Selain akan membuat aplikasi smartphone berjalan dengan baik ternyata cache juga mempunyai dampak buruk, dan salah satu hal buruknya adalah karena tanpa kita sadari memori internal akan cepat penuh.

Semakin besar ukuran aplikasinya maka semakin besar pula penyimpanan yang terkuras oleh cache.

Nah yang paling banyak ditanyakan, apakah menghapus cache akan menghilangkan data sebuah aplikasi? Untuk kamu yang ingin tahu lebih lanjut bisa simak ulasan lengkap Jaka berikut!

Hapus Cache Artinya Apa?

Menghapus cache merupakan salah satu cara untuk membuat ruang penyimpanan internal menjadi lebih lega. Seringkali, kita menemukan perangkat terasa menjadi berat atau lemot. Hal ini salah satunya diakibatkan oleh cache yang menumpuk.

Mengosongkan cache adalah cara yang bagus untuk mengosongkan ruang penyimpanan sementara di perangkat kamu. Namun, menghapus cache tidak hanya bisa dilakukan satu kali saja.

ADVERTISEMENT

Kenapa? wajar saja karena sistem pada perangkat akan membangun kembali file cache saat kamu menggunakan aplikasi. Ya, aplikasi adalah sarang besar dari menumpuknya cache. Jadi, kamu harus rajin membersihkannya.

Sebenarnya, tidak ada aturan atau menjadi sebuah keharusan untuk menghapus cache pada perangkat. Namun, dampak dari menghapus cache kerap membuat kinerja perangkat menjadi lebih baik lagi.

Jadi, banyak pengguna yang rutin melakukan hapus cache pada perangkatnya. Rutin menghapus cache bukan berarti melakukannya setiap saat atau setiap hari. Kamu bisa melakukan hapus cache 2 hari sekali bahkan seminggu satu kali.

Apa yang Terjadi Jika Menghapus Cache?

Mungkin kalian masih bertanya-tanya tentang dampak lebih spesifik jika menghapus cache. Seperti yang sudah Jaka jelaskan, salah satu kegunaannya untuk membuat perangkat lebih baik kinerjanya. Namun, ternyata ada dampak lain yang harus kamu ketahui, geng.

Cache pada perangkat sebaiknya dikelola dengan baik agar tidak mengganggu performa perangkat. Hal ini benar adanya, kamu bisa rasakan perbedaan kinerja HP sebelum dan sesudah bersih dari cache.

Cache yang tidak dihapus dalam jangka waktu lama akan menumpuk dan semakin memakan memori HP. Kapasitas memori HP pun biasanya akan terganggu. Terlebih lagi, jika setiap cache memiliki ukuran yang besar.

Spesifikasi HP juga berpengaruh terhadap seberapa besar cache yang menumpuk pada perangkat. Spek HP biasa saja atau rendah tidak akan terlalu membebani RAM untuk membaca cache yang menumpuk.

Secara garis besar, menghapus cache dapat membantu perangkat mengoptimalkan kinerjanya. Baik cache yang berasal dari aplikasi maupun browser sebaiknya kamu kelola agar tidak membebani perangkat.

Kelebihan dan Kekurangan Menghapus Cache

Jika kamu berpikir bahwa membersihkan cache hanya memberikan dampak positif, sayangnya kamu salah. Meski dampak negatifnya tidak fatal atau masih dalam batas wajar, kamu perlu mengetahui agar tidak salah langkah, geng.

Bagaimanapun, cache adalah data bawaan dari perangkat yang cukup penting. Meski terlihat sepele dan seperti file sampah, cache tetap harus dikelola dengan baik dan tepat. Untuk mengetahui lebih detail, berikut kelebihan dan kekurangan menghapus cache.

Kekurangan

Membuat loading aplikasi agak sedikit berat. Cache juga akan kembali dari awal dan akan menyebabkan loading aplikasi bertambah lama.

Namun jangan kawatir karena sebenarnya masalah yang akan muncul ini sifatnya hanya sementara saja kok meskipun terkadang sedikit menyebalkan harus karena harus menunggu lebih lama dari biasanya.

Baterai akan terkuras setelah menghapus cache. Mungkin sebagian dari kalian nggak percaya tentang masalah menghapus cache yang juga akan berkaitan dengan baterai.

Baterai akan cepat terkuras setelah menghapus cache ini disebabkan karena system yang membuka dari nol yang pastinya membutuhkan tenaga lebih tinggi daripada menyalakan ulang ataupun mengakses memori yang telah tersimpan.

Itu sebabnya baterai akan terasa lebih banyak terkuras setelah melakukan penghapusan cache.

Kelebihan

Menghapus cache membuat HP menjadi lebih ringan. Yang pertama adalah smartphone kita tentu saja akan terasa lebih ringan.

Seperti yang sudah Jaka jelaskan di atas bahwa cache menguras memori internal smartphone tanpa kita sadari, sehingga dengan menghapusnya kapasitas memori kita akan bertambah.

  1. Menghilangkan LAG di HP. Tentu saja hal ini akan membuat aplikasi merestart ulang seperti pada saat awal kamu install, sehingga jika aplikasi tersebut sering error seperti macet ataupun LAG akan kembali pulih.

Menghapus cache tidak akan menghilangkan data. Tidak jarang juga pengguna takut untuk menghapus cache karena alasan takut semua data yang tersimpan ikut terhapus dan hilang.

Jika kamu adalah salah satu pengguna yang telah mengalaminya maka akan Jaka beritahu faktanya kalau sebenarnya cache itu hanya lah sebuah sampah.

Jadi kamu tidak akan pernah kehilangan data satu pun setelah melakukan penghapusan cache. So nggak perlu kawatir.

Bonus: Cara Menghapus Cache di HP Android

Cara menghapus cache di HP juga perlu kamu ketahui, geng. Meski kamu sudah tahu ada dampak negatifnya, kelebihan melakukan hapus cache tetap lebih besar. Simak langkah-langkah bertikut untuk menghapus cache di HP Android.

  1. Buka menu Settings/Pengaturan di HP.
  1. Cari dan pilih opsi Apps/Aplikasi (atau nama lain Application Manager di beberapa HP).

  2. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya (pilih yang dirasa memakan memori banyak).

  3. Muncul tampilan beberapa opsi, pilih Storage.

  1. Pilih dan klik Clear Cache yang ada di sebelah kanan Clear Data.
  1. Selesai

Akhir Kata

Itulah beberapa penjelasan tentang fakta tentang menghapus cache pada smartphone yang wajib diketahui. Entah kamu percaya atau tidak yang jelas seperti itulah kenyataannya meskipun tidak terlalu memberi efek pada smartphone kita.

ARTIKEL TERKAIT

7 Cara Memilih Smartphone yang Paling Cocok dan Bagus Untuk Gaming

8 Fungsi Tombol Power di Android yang MUNGKIN Tidak Kamu Ketahui

Jadinya Mubazir! 8 Fungsi Unik Google Ini Jarang Digunakan!

Wajib Tahu! Fakta Dibalik Rekomendasi Video di YouTube

10 Gadget Unik yang Kamu Butuhkan Saat Kembali Beraktivitas Sehabis Liburan

Cara Bersihkan Cache Android dengan Mudah

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Netflix 7.48.0
Apps Netflix, Inc.
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Google Maps for Android 10.35.2
Apps Google Inc.
undefined
Kembali Keatas