Ini 6 Cara Ampuh Melegakan Storage Android yang Sudah Penuh

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 22 Oktober 2016, 16:00
Untuk android yang mungkin masih memiliki internal antara 4GB sampai 16GB kadang memiliki kendala saat ingin menginstal aplikasi baru yaitu "your storage device is full" yang berarti memori internal kamu penuh.

Di zaman modern ini kita sering menjumpai Android dengan kapasitas memori internal yang terbilang fantastis. Dari 16GB hingga 128GB sudah sering kita dengar di berbagai Android canggih, namun untuk Android yang mungkin masih memiliki internal kurang dari 16GB, kadang memiliki kendala saat ingin meng-install aplikasi baru yaitu "Your storage device is full" yang berarti memori internal kamu penuh.

Tapi tunggu dulu, jika kamu merasa hanya meng-install sedikit aplikasi, game juga cuma satu, pasti kamu bingung deh. Kendala ini sering terdengar atau bahkan kita salah satu korbannya. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas solusi storage Android penuh padahal aplikasi sedikit. Ini dia 6 cara ampuh melegakan storage Android yang sudah penuh.

BACA JUGA
  • Cara Hemat Memori Android 8 GB
  • Solusi Memori Android Penuh Padahal Tidak Install Banyak Aplikasi

Ini 6 Cara Ampuh Melegakan Storage Android yang Sudah Penuh

Sebelum melakukan cara untuk melegakan storage Android yang full di bawah ini, alangkah baiknya kamu mem-backup beberapa file penting dari memori internal ke memori external atau SD Card. Ini hanya langkah opsional, karena ditakutkan ada beberapa file penting yang ikut terhapus.

Cara Backup File ke Kartu Memori

Selesai deh. Sekarang kamu bisa dengan aman menguras isi storage Androidmu yang sudah kelebihan kapasitas. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menghapus semua file di folder .thumbnails

Tips pertama untuk melegakan storage Android penuh adalah dengan menghapus semua file di folder thumbnails. Folder ini sering muncul sebagai backup atau chace dari foto yang kita ambil atau yang kita lihat. Dan kadang folder ini menghabiskan ruang yang cukup besar serta dapat menyebabkan storage penuh jadi kamu tinggal menghapusnya saja.

ADVERTISEMENT

2. Menghapus file cache dari semua aplikasi

Cache adalah file yang bersifat sementara namun kadang menghabiskan ruang yang cukup besar di memori internal kita, yang mengakibatkan penuhnya memori internal. Cara mengatasinya kamu bisa saja membersihkan cache dari setiap aplikasi satu persatu, namun itu akan memakan banyak waktu jadi saya akan memberikan aplikasi yang bisa membantu kamu membersihkan cache.

App Cache Cleaner - 1Tap Clean 6.0.2
Apps Productivity INFOLIFE LLC
DOWNLOAD

3. Memindahkan aplikasi ke SD Card

Memindahkan aplikasi ke SD Card mampu memberikan lebih besar ruang di internal memori dan menjadi solusi storage Android penuh karena aplikasi tersebut akan disimpan di SD Card yang menyebabkan meluasnya ruang kosong di internal memori.

4. Mengubah SD Card Jadi Media Untuk Menambah Kapasitas Memori Internal

Cara yang keempat ini sangat efektif untuk melegakan storage Android penuh, namun kamu harus memiliki akses root untuk melakukanya. Cara yang keempat ini tidak dianjurkan jika kamu masih memiliki garansi karena root mengakibatkan garansi hilang. Manfaat dari repartisi ini adalah kita bisa menentukan seberapa besar memori yang akan kita pakai untuk menjadi media penyimpanan yang mendukung memori internal agar aplikasi yang kita ingin install bisa lebih banyak.

Perlu diingatkan, kami tidak bertanggung jawab apabila terjadi hal yang tidak diinginkan pada Android kamu. Namun saya sendiri sudah pernah mencobanya dan hasilnya memuaskan.

Syarat untuk melakukannya adalah:

  1. SD Card dengan ukuran di atas 4GB dan Class di atas 4. Sebenarnya untuk SD Card 2GB juga boleh tapi tidak dianjurkan.
  2. Android yang sudah di-root.
  3. Men-download aplikasi Aparted
  4. Lakukan backup pada file yang ada di SD Card. Ini opsional tapi saya sangat menganjurkanya karena ada langkah dimana kita diharuskan untuk melakukan format pada SD Card yang menyebabkan semua file hilang.

Langkah-langkahnya:

Microsd 16GB: FAT32 (10GB), EXT2 (5GB), SWAP (256MB)

Microsd 8GB: FAT32 (4GB), EXT2 (3,3GB), SWAP (256MB)

Microsd 4GB: FAT32 (1,7GB), EXT2 (2GB), SWAP (128MB)

Microsd 2GB: FAT32 (500MB), EXT2 (1,4GB), SWAP saya rasa tidak perlu.

Tidak selesai di situ saja, selanjutnya kamu harus melalukan link antara internal memori dengan SD Card.

5. Menggunakan Link2SD

Dengan link2sd kamu akan menyimpan aplikasi di internal namun data akan tersimpan di partisi sd card ke 2.

Dengan begitu sebagian data dari aplikasi kamu akan disimpan di partisi ke 2 dan berefek meluasnya memori internal, jadi kamu bisa meng-install lebih banyak game. Paling agar lebih optimal di sarankan melakukan reboot pada Android setelah melakukannya, karena kadang ada aplikasi yang forced close, namun setelah reboot aplikasi akan berjalan secara normal.

6. Menggunakan Mounts2SD

Dengan menggunakan Mounts2SD aplikasi kamu akan tersimpan di SD Card sebesar 90%, jadi hanya menghabiskan sedikit ruang di internal. Di sini saya menggunakan partisi EX3 untuk pastisi keduanya, jika kamu terlanjur menggunakan yang EX2 kamu bisa menggantinya di Aparted, walau sebenarnya EX2 pun kadang bisa digunakan.

Dengan kelima cara di atas maka storage Android yang sebelumnya penuh akan lebih luas dan siap untuk diisi aplikasi-aplikasi baru. Namun tidak menutup kemungkinan nanti internal memori kamu akan penuh lagi. Untuk mengantisipasinya kamu lebih baik beli ponsel Android baru dengan internal memori yang super besar seperti 128GB, maka semua keluhan kamu tentang memori penuh akan hilang.

ARTIKEL TERKAIT

Memori Full? Begini Cara Menghemat Memori Internal iPhone 16GB

Inilah Perbedaan Fungsi Memori RAM dan Memori Storage pada Smartphone

Solusi Masalah Error Insufficient Storage dan Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android

3 Cara Ampuh Melegakan Internal Storage Smartphone yang Mulai Penuh

8 Aplikasi Cloud Storage GRATIS Terbaik Untuk Memperluas Penyimpanan Smartphone

APPS TERKAIT
Memory Game - Flags 1.5
Games Softdiv
Wise Memory Optimizer 3.33
Apps WiseCleaner.com
Memory Booster - RAM Optimizer 6.0.3
Apps
CCleaner for Android 1.18.69
Apps Piriform
undefined
Kembali Keatas