Kenalin Nih, DOZE, Fitur Android Marshmallow yang Bisa Hemat Baterai 3x Lipat

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Friday, 05 February 2016, 19:00
Doze, Fitur Baru Android Marshmallow yang Bikin Hemat Baterai dan RAM. Karena hampir semua pengguna smartphone pasti membutuhkan baterai hemat dan RAM lega.

Hampir semua orang di dunia, terutama para pengguna gadget, pasti menginginkan hal yang sama. Yaitu smartphone hemat baterai, dengan daya tahan baterai yang kuat, awet, dan tahan lama. Sehingga nggak perlu sering-sering nge-charge setiap saat karena baterai smartphone yang boros. Ternyata, Google sebaga pengembang sistem operasi Android juga memperhatikan hal ini, loh bagi para pengguna setianya. Dalam update sistem operasi terbarunya, Android 6.0 Marshmallow, Google punya fitur baru yang bisa bikin baterai kamu jadi lebih hemat. Inilah Kenalin Nih, DOZE, Fitur Android Marshmallow yang Bisa Hemat Baterai 3x Lipat.

Salah satu penyebab utama borosnya baterai adalah karena terdapat aplikasi Android yang berjalan di background, tanpa diketahui pemiliknya. Sehingga prosesor dan memori akan tetap bekerja aktif, padahal tidak sedang digunakan. Nah, fitur Doze pada Android Marshmallow ini mampu mematikan aplikasi dan proses yang bekerja, saat kamu sedang tidak menggunakan smartphone tersebut. Jadi, selain hemat baterai, RAM kamu juga akan jadi lebih lega.

BACA JUGA

    Kalau kamu pengguna Android yang suka bereksplorasi, pasti akrab dengan aplikasi bernama Greenify. Nah, prinsip kerja fitur Doze ini nggak jauh beda dengan yang dilakukan oleh Greenify. Yaitu mematikan semua aplikasi yang sedang berjalan di background tanpa kamu ketahui. Bedanya, Doze lebih pintar dan mampu bekerja secara otomatis. Fitur Doze akan aktif secara otomatis ketika smartphone Android kamu tidak digunakan selama 30 menit, dalam keadaan layar mati dan tidak sedang terhubung dengan kabel data.

    Ketika fitur Doze ini aktif, semua aplikasi di smartphone Android kamu tidak akan diberikan akses internet. Sehingga, smartphone kamu tidak akan terhubung dengan internet yang mampu menghabiskan baterai dan kuota data kamu. Namun, fitur yang penting, seperti telepon dan SMS akan tetap menyala. Jadi, walaupun semua aplikasi mati dan tidak terhubung lewat internet, kamu nggak mungkin ketinggalan panggilan telepon atau SMS penting di smartphone kamu. Selain itu, setiap beberapa menit sekali smartphone akan menyala sekejap untuk mengecek apakah ada notifikasi penting dari berbagai aplikasi, atau tidak.

    Fitur baru Android Marshmallow ini benar-benar mampu membuat baterai dan RAM smartphone kamu jadi jauh lebih hemat dan awet. Jadi, kamu nggak perlu ragu lagi untuk segera update smartphone kamu ke Android Marshmallow. Tentu saja kalau smartphone kamu sudah dapat update, ya! Untuk melihat smartphone apa saja yang sudah positif dapat update Android Marshmallow dan bisa merasakan fitur Doze ini, silakan baca artikel Jaka berikut ini:

    Kalau kamu mau mencoba merasakan fitur Doze tanpa harus update Android Marshmallow, silakan aja download aplikasi-aplikasi yang fungsinya kurang lebih sama. Yaitu Greenify dan Doze. Kamu bisa download aplikasinya di bawah ini.

    Greenify
    Apps Developer Tools Oasis Feng
    DOWNLOAD
    Doze - For Better Battery Life 1.17
    Apps Productivity YirgaLab
    DOWNLOAD

    Itulah informasi mengenai Doze, Fitur Baru Android Marshmallow yang Bikin Hemat Baterai dan RAM. Ternyata Google memang perhatian, ya kepada penggunanya? Kalau kamu punya informasi lain seputar Android Marshmallow atau fitur Doze ini, silakan tulis pendapat kamu pada kolom comment di bawah, ya!

    ARTIKEL TERKAIT
    APPS TERKAIT
    Greenify
    Apps Oasis Feng
    Doze - For Better Battery Life 1.17
    Apps YirgaLab
    Battery Calibration 1.2
    Apps NéMa
    DU Battery Saver
    Apps DU APPS Studio
    Kembali Keatas