3 Cara Cek Rekening Penipu Online | Tidak Sampai 2 Menit!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 08 February 2021, 14:00
Cari cara cek rekening penipu agar tidak tertipu saat berbelanja online? Simak cara selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Ada banyak modus operandi penipuan, salah satunya membuat rekening yang ternyata bodong. Namun, ada cara cek rekening penipu yang mudah banget!

Cara cek rekening penipu berikut ini patut untuk kamu coba. Apalagi jika kamu pernah mengalami kasus yang sama atau merasa ragu dengan seller yang kamu tuju.

Sebaiknya cek dahulu rekening tersebut apakah meyakinkan dan belum pernah dilaporkan sebelum akhirnya mentransfer uang.

Berikut ini Jaka sudah merangkum dengan singkat dan mudah cara cek rekening penipu melalui sejumlah situs resmi dan media sosial!

Cara Cek Rekening Penipu Online di CekRekening.id

Untuk kamu yang suka belanja online, tidak perlu takut lagi! Kamu bisa mengecek rekening yang kamu curigai sebagai penipu online, dengan menggunakan situs resmi milik Menkominfo yakni cekrekening.id.

Berikut langkah-langkahnya untuk cek rekening penipu online melalui situs cekrekening.id:

  1. Buka situs cekrekening.id
  2. ADVERTISEMENT
  1. Pilih bank yang dipakai penjual online.
  1. Masukkan nomor rekening penjual online tersebut kemudian pilih menu periksa rekening.
  1. Kalau memang tak ada masalah dengan rekening tersebut, maka tidak akan ada notifikasi atau keterangan apapun terkait rekening itu.
  1. Namun, apabila ada yang pernah melaporkan rekening tersebut, maka akan ada keterangan tambahan yang muncul.

Note: Sekalipun misalnya kamu menemukan bahwa rekening tersebut tidak memiliki catatan atau laporan penyalahgunaan rekening, bukan berarti bahwa penjual online tersebut 100 persen terpercaya dan trusted. Masih ada kemungkinan ia menggunakan rekening baru atau telah 'memutihkan' laporan atas rekeningnya.

Cek Rekening Penipu di Kredibel.co.id

Selain situs cekrekening.id, kamu bisa melakukan cek rekening penipu melalui kredibel.co.id. Situs ini memiliki tujuan yang sama dengan cekrekening.id.

Situs ini juga bisa menampilkan rekam jejak nomor rekening yang kamu terima. Bila sudah pernah dilaporkan sebagai bagian dari penipuan online, nomor itu akan muncul lengkap dengan keterangannya.

Selain nomor rekening, situs ini dapat mengecek kredibilitas nomor telepon yang sering menjadi alat untuk penipuan online. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masukkan nomor rekening penjual online tersebut kemudian klik tombol Check.

  2. Kalau memang tak ada masalah dengan rekening tersebut, maka tidak akan ada notifikasi atau keterangan apapun terkait rekening itu.

  1. Namun, apabila ada yang pernah melaporkan rekening tersebut, maka akan ada keterangan tambahan yang muncul.

Periksa Rekening Seller Penipu Lewat Akun Instagram @Indonesiablacklist

Sumber foto: Instagram.com/@indonesiablacklist

Selanjutnya, kamu bisa periksa atau cek akun Instagram @indonesiablacklist yang dibuat bertujuan untuk menginformasikan masalah penipuan online shopping.

Dalam akun ini kamu bisa cek selain nama akun Instagram penipu atau toko seller tersebut, juga disediakan nomor rekening, nama pemilik, dan bank rekeningnya. Bahkan ditambah bukti terstimoni dari pihak pelapornya!

Tidak cuma bisa cek rekening penipu, akun ini juga mengklaim dapat membantu para kliennya mendapatkan jasa mediasi sampai uangmu kembali.

Akhir kata

Demikian tips dari Jaka bagaimana cara mengecek nomor rekening penipu apabila kamu curiga atau terlanjur tertipu oleh penjual online shop.

Cek juga cara melacak nomor HP secara mudah dalam artikel yang telah Jaka rangkum berikut ini:

Semoga tips ini cukup membantu! Jangan lupa bagikan dan beri komentar pada artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita seputar teknologi dari Jalantikus.com.

Baca juga artikel seputar Bisnis Online atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Jualan Pulsa Online All Operator Terbaru 2022, Bisa Lewat HP Android!

Berkah Ramadan, Jumlah Konsumen Online Shop di Indonesia Meningkat 400% Saat Sahur!

Meski Bekas, 20 Barang KEREN Ini Gak Bisa Kamu Temukan di Online Shop!

Kembali Keatas