Cara Buka YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain, Gak Bakal Ke-Pause!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 25 Pebruari 2022, 17:00
Ingin nonton video YouTube sambil WA sama doi? Gampang, ikuti saja cara buka YouTube sambil buka aplikasi lain Android beirkut ini.

YouTube menjadi salah satu platform favorit dan terbaik untuk menonton berbagai video. Kamu bisa temukan ribuan video menarik seperti film, musik, berita, game-streaming, bahkan podcast di aplikasi yang satu ini.

Sering kali, ketika sedang asyik menonton video YouTube di HP Android kamu, kamu harus membuka aplikasi lain secara bersamaan. Dan itu artinya kamu harus mem-pause video yang sedang kamu tonton dalam beberapa saat. Hal ini tentu bikin males, kan?

Untuk mendapatkan fitur seperti itu, sebenarnya kamu bisa berlangganan YouTube Premium, geng. Hanya saja, kamu perlu merogoh kocekmu. Pasti sayang banget kan kalau harus mengeluarkan uang hanya untuk fitur tersebut.

Tapi nggak usah khawatir, karena Jaka akan mengulas cara buka YouTube sambil buka aplikasi lain di Android tanpa pause. Penasaran? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Selain bisa mendownload video YouTube, kamu juga bisa menontonnya sambil menjalankan aplikasi lain secara bersamaan.

Cara Nonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android bisa tanpa aplikasi dan dengan aplikasi. Berikut tutorialnya.

1. Cara Buka YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain Android Tanpa Aplikasi

Memutar video YouTube di latar belakang sambil membuka aplikasi lain bisa dilakukan tanpa aplikasi kalau smartphone yang digunakan sudah mendukung fitur picture-in-picture (PiP).

ADVERTISEMENT

HP Samsung terbaru sudah mendukung fitur ini. Selain itu, sistem operasi Android O atau di atasnya juga sudah dibekali fitur PiP.

Tutorial menggunakan PiP untuk membuka YouTube sambil buka aplikasi lain ini Jaka lakukan pada HP Samsung, geng. Berikut cara buka YouTube sambil buka aplikasi lain android tanpa aplikasi.

- Langkah 1: Buka aplikasi YouTube di HP Android. Lalu, close aplikasinya tanpa menghapusnya dari Recent Apps.

- Langkah 2: Pergi ke menu Setting. Scroll ke bagian bawah dan pilih menu Apps.

- Langkah 3: Cari aplikasi YouTube lalu klik. Geser ke bawah dan klik opsi Picture-in-Picture.

- Langkah 4: Aktifkan dengan cara klik toogle Allow Permission.

- Langkah 5: Kembali ke layar utama atau buka aplikasi apa saja yang kamu inginkan. Klik tombol Recent Apps sampai semua aplikasi YouTube di latar belakang muncul.

- Langkah 8: Klik ikon aplikasi YouTube. Pilih Open in Pop-Up View.

- Langkah 9: Aplikasi YouTube akan di-minimize secara otomatis. Kamu pun bsia mengatur posisi hingga ukuran layar pop-up sambil menggunakan aplikasi lain.

Langkah-langkah tadi bisa kamu ikuti sebagai cara nonton YouTube sambil WA di Samsung atau HP Android lain yang mendukung.

Nggak cuma WhatsApp, kamu juga bisa nonton YouTube sambil buka aplikasi lainnya seperti Instagram, Facebook, hingga aplikasi edit foto.

2. Cara Buka YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain Android dengan Aplikasi

Kalau smartphone kamu nggak mendukung fitur PiP, kamu bisa ikuti cara membuka YouTube sambil buka aplikasi lain berikut ini.

Tapi, kamu harus menginstall aplikasi pemutar YouTube di background. Nah, di sini Jaka menggunakan aplikasi Awesome Pop-Up Video.

- Langkah 1: Download dan install terlebih dahulu aplikasi Awesome Pop-Up Video di Hp-mu. Kamu bisa download Awesome Pop-Up Video pada tautan di bawah ini.

Awesome Pop-up Video 1.1.5
Apps Video & Audio Trendy Entertainment
DOWNLOAD

- Langkah 2: Kalau sudah, buka aplikasi tersebut. Lalu, buka bagian Settings.

Sebenarnya nggak cukup banyak pilihan yang bisa kamu tweak, kecuali di bagian Video settings. Demi menghemat kuota, ubah pilihan Preferred playback quality for videos menjadi 240p atau 360p.

Resolusi yang kecil sebenarnya nggak bermasalah terhadap kualitas gambar yang ditampilkan karena video tersebut akan dimunculkan dalam mode popup yang kecil.

- Langkah 3: Pindah ke bagian tab First Row. Kamu bisa mulai mencari video yang ingin kamu tonton dengan menekan tombol search di sudut kanan atas.

Menariknya, Awesome Pop-up Video dapat mencari dan menampilkan video dari berbagai situs yang ada, mulai dari YouTube, Vimeo, bahkan TEDTalk.

- Langkah 4: Kalau kamu sudah menemukan video yang ingin ditonton, kamu hanya perlu menekannya dan aplikasi tersebut akan memutarnya langsung dalam mode popup.

Saat aplikasi tersebut sudah me-minimize YouTube, kamu bisa melakukan aktivitas lainnya seperti browsing, buka media sosial, hingga bermain Mobile Legend.

3. Cara Melihat YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain Lewat Split Screen

Ada satu cara melihat YouTube sambil buka aplikasi lain Android berikutnya yang bisa kamu lakukan nih, geng.

Tapi, sebelumnya Jaka mau ngingetin kalau cara yang satu ini hanya bisa digunakan pada HP Android versi terbaru, yang sudah mendukung fitur ini.

Sebenarnya cara yang satu ini hampir mirip dengan metode PiP, hanya saja menurut Jaka lebih mudah menggunakan fitur spilt screen. Berikut caranya.

- Langkah 1: Buka aplikasi YouTube di HP kamu, lalu Klik Recent Apps di sebelah kiri bawah halaman

- Langkah 2: Kemudian setelah aplikasi YouTube masuk dalam Recent Apps, kamu klik ikon aplikasinya. Seperti pada gambar berikut.

- Langkah 3: Kemudian kamu bisa klik Open In Split Screen View

- Langkah 4: Lalu, halaman pada layar akan terbagi menjadi dua. Kamu bisa pilih aplikasi mana yang akan kamu buka bersamaan dengan YouTube. Misalnya kamu bisa klik WhatsApp.

- Langkah 5: Nah, sekarang kamu sudah bisa membuka dua aplikasi secara bersamaan. Kamu bisa tetap menikmati video YouTube tanpa ter-pause sembari membuka aplikasi WhatsApp.

Akhir Kata

Cara buka YouTube sambil buka aplikasi lain Android memang harus kamu ketahui, geng, supaya kamu nggak ribet harus bolak-balik pause video yang kamu tonton kalau mau buka aplikasi lainnya.

Selain itu, cara-cara yang Jaka paparkan tadi juga merupakan cara simpel yang bisa kamu lakukan tanpa berlangganan YouTube Premium. Gimana? Yuk, cobain sekarang!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT

10 Aplikasi Edit Video Vlog Android Terbaik Untuk Youtuber

13 Aplikasi Edit Video YouTuber di Android dan PC, Gratis dan Mudah!

20 Aplikasi Edit Video di Android, iOS, & PC Terbaik 2022 dengan Fitur Terlengkap!

12 Aplikasi Download Video YouTube Terbaik 2022, Bebas Nonton Tanpa Kuota!

11 Aplikasi Download Video Instagram iOS & Android Terbaik, Gratis!

undefined
Kembali Keatas