6 Cara Menonaktifkan Mode Aman di HP Android, Nggak Bakal Ganggu Aktivitas Lagi!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 12 September 2023, 22:30
Safe Mode yang aktif terus-terusan ternyata bisa mengganggu aktivitasmu di HP. Tenang, ada cara menonaktifkan mode aman di HP Android agar kembali normal.

Pengguna ponsel banyak yang belum mengetahui cara menghilangkan mode aman Android. Mode aman atau safe mode adalah sebuah fitur yang memungkinkan HP Android hanya menjalankan sistem utama dan komponen pentingnya saja.

Jika mode ini hidup, maka semua aplikasi pihak ketiga yang kamu instal tidak akan berjalan dengan normal. Mode aman biasanya digunakan untuk melakukan troubleshooting atau mencari sumber masalah yang ada di HP Android.

Namun, terkadang mode aman bisa muncul secara tiba-tiba tanpa kamu sengaja mengaktifkannya. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tombol yang tertekan, aplikasi yang bermasalah, atau sistem yang corrupt.

Tapi nggak perlu khawatir karena Jaka bakal membeberkan bagaimana cara menonaktifkan mode aman dengan mudah. Jadi aktivitasmu nggak perlu terganggu lagi. Langsung cek langkah-langkahnya saja, yuk!

1. Cara Menghilangkan Mode Aman Dengan Restart HP

Cara menghilangkan safe mode atau mode aman di HP Android sebenarnya mudah. Salah satu upaya termudah yang bisa kamu coba adalah me-restart HP Android-mu. Begini caranya:

  1. Tekan dan tahan tombol power.
  2. Pilih opsi Reboot untuk merestart HP.
  3. ADVERTISEMENT
  4. Tunggu hingga HP menyala kembali.
  5. Sistem pun akan melakukan restart.
  6. Mode aman seharusnya sudah menghilang dan kamu bisa menggunakan HP seperti biasa.

2. Melepas Baterai HP

Cara kedua yang bisa kamu coba untuk menonaktifkan mode aman di HP Android adalah dengan melepas baterai. Metode ini cocok untuk HP yang memiliki baterai yang bisa dilepas. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Matikan HP dengan menekan tombol power.
  2. Lepaskan penutup belakang dan keluarkan baterai dari HP.
  3. Tunggu beberapa saat dan pasang kembali baterai ke tempatnya.
  4. Nyalakan kembali HP dan periksa apakah mode aman sudah hilang.

Sayangnya, metode ini sudah nggak bisa digunakan lagi karena HP model terbaru saat ini sudah menggunakan teknologi baterai tanam yang nggak bisa dilepas. Namun, kamu masih bisa mencoba cara lainnya kok.

3. Menghapus Aplikasi yang Malfungsi

Seperti yang Jaka sudah katakan, apabila HP Android-mu tiba-tiba masuk ke Safe Mode, hal tersebut mungkin disebabkan oleh aplikasi yang mengalami kerusakan atau permasalahan pada proses rooting HP.

Nah, solusinya adalah dengan menghapus aplikasi yang malfungsi tersebut, geng. Belum tahu caranya? Simak langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke menu pengaturan.
  2. Pilih opsi aplikasi atau manajemen aplikasi.
  3. Cari aplikasi yang mencurigakan atau baru saja kamu instal sebelum mode aman muncul.
  4. Pilih aplikasi tersebut dan tekan tombol hapus atau uninstall.
  5. Restart HP dan lihat apakah mode aman sudah hilang.

4. Menghapus Cache

Cache merupakan area penyimpanan sementara yang digunakan untuk menyimpan data dan setelan aplikasi, browser, atau game pada perangkat. Fungsinya adalah untuk mempercepat proses loading saat kamu membuka kembali aplikasi tersebut.

Sayangnya, cache bisa bikin memori HP kamu jadi sering penuh, bahkan masuk ke Safe Mode secara otomatis. Begini cara hapus cache:

  1. Buka Settings dan masuk ke halaman Apps.
    1. Pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya.
  2. Tekan menu Clear Data dan pilih Clear Cache.

5. Matikan Via Notification Center

Notification Center adalah sebuah jendela yang dirancang untuk menampilkan notifikasi yang muncul akibat program aplikasi yang berjalan di HP-mu.

Salah satu notifikasi yang dapat muncul di Notification Center adalah saat Safe Mode aktif. Ketika HP berada dalam Safe Mode, notifikasi tersebut biasanya akan ditampilkan di jendela Notification Center.

Untuk menonaktifkan Safe Mode melalui Notification Center, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka jendela Notification Center.
  2. Pilih notifikasi Safe Mode.
  3. Ketuk pada notifikasi Safe Mode.
  4. Matikan mode tersebut dengan menekan tombol Matikan.

6. Factory Reset

Jika cara-cara menghilangkan mode aman Android di atas tidak berfungsi, kamu bisa lakukan cara terakhir dan paling ultimate ini, yakni dengan melakukan Factory Reset.

Factory reset adalah proses mengembalikan HP ke pengaturan pabrik awal dengan menghapus semua data dan aplikasi di dalamnya. Metode ini adalah cara paling ampuh namun juga paling berisiko, sebab kamu akan kehilangan semua data penting di HP-mu.

Karena itu, sebaiknya lakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Settings.
  2. Pilih menu About Phone.
  3. Pilih Factory Reset.
  4. Scroll ke paling bawah dan pilih menu Erase all data (factory reset).

Perlu diketahui, setiap merek HP mungkin akan berbeda. Jadi, pahami pengaturan HP-mu dulu ya, geng!

Akhir Kata

Itulah beberapa cara menonaktifkan mode aman di HP Android yang bisa kamu coba. Berbeda dengan saat mengaktifkannya, untuk menonaktifkan mode ini memang sedikit lebih ribet. Namun, karena panduan Jaka, kamu jadi nggak perlu bingung lagi.

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Almira Yoshe Alodia.

ARTIKEL TERKAIT

3 Cara Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi & Root, Sudah Coba?

Cara Mengganti Background PowerPoint di HP dan PC, Mudah!

Cara Mengganti Bahasa Default Menjadi Bahasa Indonesia di HP Android | Anti Ribet!

Kembali Keatas