Cara Mengetahui Pesan WhatsApp Kamu Dibaca Meski Centang Biru Dimatikan

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 15 November 2016, 11:00
Pernah nggak sih kamu kesulitan menghubungi teman yang menonaktifkan fitur Read receipts alias centang biru. Jika iya, Cara Mengetahui Pesan WhatsApp Kamu Dibaca Meski Centang Biru Dimatikan.

Pengguna WhatsApp tentunya sudah tahu hal ini. Tanda centang hitam berarti pesan telah terkirim; dua centang hitam sudah diterima; dan dua centang biru sudah dibaca.

Fitur ini sejatinya kelebihan WhatsApp karena pengirim bisa tahu apakah pesannya dibaca atau tidak. Namun, bagi sebagian orang fitur ini dianggap terlalu berlebihan dan menyalahi privasi. Pasalnya, dengan alasan tertentu, ada kalanya kita tidak ingin diketahui pesan sudah dibaca. Iya kan?

BACA JUGA
  • Kumpulan Tips dan Trik Fitur WhatsApp Terbaru 2023, Jarang Diketahui!
  • 6 Cara Baca Pesan WhatsApp Tanpa Centang Biru Terlihat
  • Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di Android & iOS, Paling Ampuh 2022

Cara Mengetahui Pesan Kamu Dibaca Meski Centang Biru Dimatikan

Namun, pernah nggak sih kamu kesulitan menghubungi teman yang menonaktifkan fitur Read receipts alias centang biru. Belum lagi, fitur Last seen juga dimatikan.

Membuat kita bertanya-tanya, apakah dia tidak memegang smartphone atau memang sengaja mengabaikan kamu dan tidak ingin diganggu.

Untuk memastikannya, Jaka punya trik baru nih untuk mengetahui pesan kamu dibaca atau tidak, meski centang biru WhatsApp dimatikan. Bagaimana caranya?

Cara Pertama

Dilansir dari WonderHowTo, trik ini sebenarnya didokumentasikan di FAQ WhatsApp, namun memang tidak banyak diketahui banyak orang. Untuk mengetahui secara pasti apakah teman kamu membaca pesan WhatsApp kamu atau tidak, caranya dengan mengirim rekaman suara.

Mungkin saja dia membaca setiap pesan yang kamu kirimkan. Jadi, ketika kamu mengirim pesan suara dan teman kamu memainkan pesan tersebut. Maka dua centang biru akan tetap muncul tak peduli meski fitur Read receipts sudah dimatikan.

Dengan ini, ketauan deh apakah dia sengaja mengabaikan kamu atau tidak. Jangan bergegas pergi dulu, ada satu cara lagi.

ADVERTISEMENT

Cara Kedua

Perlu kamu tahu, fitur Read receipts hanya berlaku untuk pesan pribadi saja. Read-receipt untuk semua pesan yang dikirim dalam percakapan kelompok (group chat) akan selalu aktif.

Jadi, tidak perlu untuk mengirim pesan suara ke group chat. Ketik saja suatu kata atau kalimat ke grup yang di dalamnya ada teman kamu tadi. Kamu bisa melihat siapa saja yang telah melihat pesan kamu, termasuk teman itu. Kalau dia baca chat kamu di grup berarti dia memang sengaja mengabaikan personal chat dari kamu.

WhatsApp Messenger 2.20.64
Apps Social & Messaging WhatsApp Inc.
DOWNLOAD

Itulah cara mengetahui pesan kamu dibaca atau tidak meski centang biru dimatikan. Sejujurnya, fitur yang dihadirkan WhatsApp, tentunya untuk memanjakan penggunanya. Tinggal bagaimana kamu sebagai pengguna menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Apakah kamu punya cerita unik dari fitur WhatsApp di atas, share di kolom komentar ya.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Buka Link dari Aplikasi ke Browser dan Sebaliknya, 100% Works!

APPS TERKAIT
SHAREit 5.3.18
Apps SHAREit Technologies Co.Ltd
WhatsApp Messenger 2.20.64
Apps WhatsApp Inc.
Telegram for Android 7.1.3
Apps Telegram LLC
Kembali Keatas