10 Cara Menyambungkan WiFi yang Tidak Bisa Terhubung, Works 100%!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Friday, 01 September 2023, 22:30
Kenapa WiFi milikmu tidak bisa tersambung? Tenang, berikut cara menyambungkan WiFi yang tidak bisa terhubung, gampang banget!

Cara mengatasi WiFi bermasalah adalah solusi bagi kamu yang mengalami problem: kenapa jaringan WiFi tersimpan tapi tidak terhubung? Atau kenapa WiFi tidak bisa tersambung padahal passwordnya sudah benar.

Nah, masalah pada WiFi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bisa jadi karena komponen WiFi di smartphone Android kamu yang memang tidak beres.

Memang, dapet lokasi dengan fasilitas WiFi gratis memang hal yang menyenangkan, tapi ada kalanya WiFi pada smartphone Android tiba-tiba putus nyambung atau bahkan tidak dapat terhubung sama kali.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasan cara menyambungkan WiFi yang tidak bisa terhubung.

Penyebab dan Cara Menyambungkan WiFi yang Tidak Bisa Terhubung

Pernah mengalami WiFi tersimpan tapi tidak terhubung? Nah, masalah pada WiFi bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Sebelum kamu memutuskan beranjak ke service center, kita coba cek dulu untuk memastikan apakah WiFi benar-benar rusak. Caranya dengan menerapkan beberapa upaya sederhana di bawah ini. Silakan diperhatikan, geng!

1. Airplane Mode dan Reboot

Cara ini adalah langkah paling sederhana. Meski klasik, cara ini bisa mengatasi permasalahan HP kamu mengenai konektivitas WiFi.

ADVERTISEMENT

Bagaimana caranya? Berikut langkahnya!

  1. Buka menu Pengaturan > WiFi

  2. Nonaktifkan dan mengaktifkan kembali sambungan WiFi.

  3. Reset perangkat router. Tunggu dua menit, lalu hidupkan lagi.

  4. Aktifkan mode pesawat atau Airplane. Tunggu beberapa saat, nonaktifkan kembali.

  5. Restart perangkat dan masuk ke Safe Mode.

Ketika dalam Safe mode, kamu bisa coba kembali, apakah bisa terhubung? Jika sudah dapat terhubung ke jaringan WiFi tanpa masalah, tinggal restart kembali smartphone untuk masuk ke mode normal.

2. Koneksi WiFi Terputus Sendiri

Kamu lagi download dengan WiFi, tapi tak lama ternyata koneksi WiFi terputus. Apa yang terjadi?

Hal ini mungkin karena kamu belum mengaktifkan Keep WiFi, pengaturan ini secara otomatis memutus perangkat dari jaringan WiFi untuk menghemat baterai smartphone. Untuk mengatasinya, berikut panduannya!

  1. Masuk ke menu pengaturan.

  2. Pilih WiFi.

  3. Tekan tombol hamburger atau tombol titik tiga.

  4. Pilih menu Advanced.

  5. Pilih menu Keep WiFi on during sleep.

  6. Pilih Ya atau Always, untuk menikmati konektivitas tanpa batas.

Hati-hati, koneksi WiFi yang terputus sendiri juga bisa menandakan adanya aktivitas ilegal yang menggunakan WiFi kamu. Untuk mengatasinya, kamu bisa membaca tips dan trik memblokir pengguna WiFi ilegal di bawah ini

Cara Memblokir Pengguna WiFi Ilegal, Biar Gak Dicuri Melulu!
Cara memblokir pengguna WiFi tak dikenal perlu kamu ketahui tidak dirugikan terus. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya untuk semua modem!
LIHAT ARTIKEL

3. Cara Mengakses ad-hoc atau Jaringan Tersembunyi

Beberapa jaringan nirkabel menggunakan router nirkabel harus dibeli secara terpisah.

Jika memiliki lebih dari satu komputer, kamu dapat mengatur jaringan nirkabel tanpa perlu membeli wireless router dan bisa menggunakan komputer sebagai station.

Sayangnya, smartphone Android tidak bisa mendeteksi WiFi ad-hoc, untuk dapat terhubung smartphone Android kamu memerlukan sedikit perubahan pada system. Artinya smartphone harus di-root,

Forum pengembang XDA berhasil menciptakan sebuah patch untuk menghapus keterbatasan ini. Dengan file patch wpa_supplicant, smartphone Android kamu dapat terhubung ke berbagai jenis jaringan.

Caranya, buka pengaturan > WiFi > tambah jaringan. Setelah itu, masukkan SSID dan password yang benar.

4. Masalah Autentikasi IP

Kadang, WiFi tidak bekerja karena gagal melewati proses terjebaknya dalam otentikasi tanpa batas. Solusinya, reboot router. Jika masih berlanjut, coba lakukan reset ulang smartphone kamu.

Jika menurutmu reset ulang adalah hal yang rumit, untungnya ada solusi lain yang lebih mudah. Kamu cukup instal WiFi Fixer, aplikasi ini akan mengembalikan file sistem pada WiFi dan beberapa layanan terkait jaringan.

Menariknya, WiFi Fixer akan mengatasi masalah ketika ketika WiFi mencoba untuk mendapatkan alamat IP. Kamu bisa mengunduhnya lewat tautan yang jaka berikan di bawah ini.

>>> Download aplikasi Wifi Fixer <<<

5. Koneksi WiFi Sangat Lambat

Pernahkah kamu akhirnya dapat terhubung WiFi, tapi kecepatannya sangat lambat, bahkan hanya untuk sekedar browsing?

Jika kamu menggunakan WiFi publik, masalahnya mungkin karena terlalu banyak pengguna.

Namun, jika kamu menggunakan WiFi di rumah dan yakin bahwa sinyal cukup kuat. Kamu bisa mengecek kecepatan internet Android kamu untuk menunjukkan seberapa cepat download, upload, dan ping.

Mengecek kecepatan ini juga bermanfaat untuk membantu kamu untuk mengidentifikasi masalah. Untuk mengetahui cara mengecek kecepatan internet, simak artikel Jaka di bawah ini:

6. Gunakan Kode ##526##

Ada kalanya cara-cara yang sudah Jaka tuliskan di atas nggak berhasil dengan optimal karena faktor-faktor terkait.

Bila langkah di atas tidak mempan, kamu bisa mencoba menggunakan kombinasi kode dan angka.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut cara menyambungkan WiFi yang tidak bisa terhubung lewat kombinasi kode!

  1. Buka keypad panggilan telepon.

  2. Tekan ##526## dan OK.

  3. Sistem akan memuat ulang pengaturan WLAN.

  4. Tunggu sampai ada tulisan OK atau succesfull.

  5. Restart smartphone.

7. Cek WiFi yang Sedang Dipakai

Kalau kamu menggunakan WiFi pribadi, pastikan router atau modem yang kamu gunakan berfungsi. Pastikan juga kamu sudah mengisi pulsa atau kuota data buat modem WiFi kamu.

Jika kamu menggunakan WiFi publik, seperti di kafe, kamu bisa tanyakan kepada petugas atau pelayan apakah WiFi di sana menyala atau tidak. Bisa saja WiFi sedang mengalami gangguan.

Jika WiFi tersebut dipasang password, pastikan telah memasukkan kata sandi dengan benar. Jangan lupakan besar kecil huruf atau susunan angkanya.

Kalau kamu menggunakan WiFi publik, coba tanyakan password yang benar kepada petugas. Cara ini bisa juga dipakai untuk memperbaiki koneksi WiFi yang lemot.

8. Cek Perangkat yang Terkoneksi

Sebuah modem atau router WiFi biasanya memiliki batas maksimal jumlah penggunaan perangkat. Misalnya hanya bisa berbagi ke 10 perangkat, 32 perangkat, dan seterusnya.

Maka dari itu, hal yang harus kamu lakukan adalah mengecek terlebih dahulu, apakah router tersebut sudah penuh atau belum.

Kalau ternyata sudah penuh, wajar jika HP mu tidak bisa connect WiFi, atau status WiFi yang muncul tersimpan tapi tidak terhubung ke jaringan internet.

9. Cek Menggunakan Perangkat Lain

Coba gunakan perangkat lain, misalnya laptop atau smartphone Android lain milik teman kamu misalnya. Kalau tidak bisa juga, kemungkinan ada masalah pada router atau modem.

Namun kalau perangkat lain bisa menggunakan WiFi tersebut, ada kemungkinan smartphone Android kamu yang bermasalah. Kamu bisa mengecek kerusakan WiFi di HP Android kamu dengan aplikasi di bawah ini.

Phone Tester (hardware info) 2.0.6
Apps Benchmarking Miguel Torres
DOWNLOAD

Untuk mengetahui perangkat WiFi berfungsi atau tidak, kamu bisa menggunakan aplikasi Phone Tester. Aplikasi ini bisa mengetahui status berbagai perangkat yang ada di smartphone Android kamu.

10. Khusus ASUS Zenfone

Kalau kamu pengguna smartphone Android tipe ASUS ZenFone, kamu bisa menggunakan aplikasi kalkulator, lalu ketik ".12345+", lalu klik tombol "=". Pilih "WiFiBus_Test".

Tunggu proses loading-nya sebentar. Kemudian kalau sudah muncul tulisan "PASS", berarti WiFi kamu baik-baik saja.

Nah kalau semua langkah di atas sudah dilakukan dan masih belum bisa terhubung, mungkin hardware WiFi smartphone Android kamu yang rusak. Barulah kamu beranjak ke service center terdekat.

Cara Mendapatkan WiFi Gratis Di Mana Pun

Saat terhubung ke WiFi dengan koneksi internet yang stabil, kamu bisa dengan mudah menggunakan berbagai aplikasi yang membutuhkan internet.

Namun kalau kamu enggak punya WiFi, kamu bisa tetap internetan dengan menggunakan WiFi gratis. Berikut ini cara mendapatkan WiFi gratis yang bisa kamu coba.

10 Cara Mendapatkan WiFi Gratis Di Manapun & Kapanpun, Gampang!
Gak bisa internetan karena nggak ada kuota atau WiFi? Gak usah murung! Kamu bisa internetan non-stop dengan cara mendapatkan WiFi gratis berikut ini!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Seperti itulah cara menyambungkan WiFi yang tidak bisa terhubung pada HP Android, geng. Dengan cara tadi, kamu pun nggak usah khawatir lagi saat kuota habis.

Setelah berhasil, kamu bisa langsung internetan sepuasnya untuk update sosial media, download film, bermain game, dan lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Melihat Password WiFi di Windows 10 Tanpa Aplikasi, Mudah dan Praktis!

15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Paling Mudah, Streaming Lancar Jaya!

30 Aplikasi Pembobol WiFi Terampuh 2024 Tanpa Root Gratis, Bisa untuk Android + PC!

Mau Internet Gratis Tanpa Ribet? Ini Dia Cara Menggunakan WiFi Master!

5 Bahaya Menggunakan WiFi Gratisan & Hal yang Harus Dihindari

Kembali Keatas