Koneksi Internet Sering Putus Tiba-Tiba? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Friday, 05 May 2017, 20:00
Siapa pun tidak ingin koneksi internet yang ia gunakan sering putus secara tiba-tiba kan? Kali ini Jaka akan membahas cara untuk mengatasi masalah koneksi internet yang sering putus tiba-tiba. Simak yuk!

Internet jelas mampu memberikan akses informasi dengan cepat dan tanpa batas kepada para penggunanya. Selain faktor kecepatan internet, faktor lain yang juga sangat didambakan oleh para pengguna internet adalah faktor kestabilan koneksi internet. Tentunya, siapa pun tidak ingin koneksi internet yang ia gunakan sering putus secara tiba-tiba, entah itu ketika sedang browsing atau download.

Nah, berangkat dari permasalah tersebut, kali ini Jaka akan membahas cara untuk mengatasi masalah koneksi internet yang sering putus tiba-tiba dan membuat kalian kesal. Jadi silakan simak selengkapnya ya.

BACA JUGA
  • Cara Browsing Tanpa Koneksi Internet Di Google Chrome

Koneksi Internet Sering Putus Tiba-Tiba? Ini Cara Mengatasinya

1. Cek Data Plan Limit

Sumber foto: Foto: google.com

Cara pertama yang bisa kalian lakukan jika sering mengalami masalah koneksi internet yang putus tiba-tiba adalah dengan melakukan pengecekan dan mematikan data plan limit yang terdapat pada Settings > Data Usage. Data plan limit ini bekerja dengan cara menghitung jumlah penggunaan data seluler kalian dan ketika telah mencapai batasnya, maka data plan limit ini akan mematikan koneksi internet kalian.

2. Restart Akses Jaringan Seluler

Sumber foto: Foto: google.com

Cara lain yang bisa kalian lakukan jika mengalami masalah koneksi internet yang putus tiba-tiba adalah dengan melakukan restart jaringan seluler kalian. Kalian bisa melakukannya dengan mematikan ikon mobile data selama kurang lebih 1 menit dan kemudian nyalakan kembali.

Dengan melakukan hal ini, kalian akan memaksa perangkat kalian untuk melakukan semacam 'refresh' koneksi, di mana perangkat kalian akan melakukan request ulang ke server penyedia layanan internet yang kalian gunakan.

3. Reset APN

Sumber foto: Foto: google.com

Selain restart akses jaringan seluler, kalian juga bisa mengatasi masalah internet yang tiba-tiba putus dengan melakukan reset APN. Untuk melakukan reset APN kalian hanya perlu masuk ke Settings > Mobile Networks > Access Point Name, kemudian tap pada bagian kanan atas layar untuk melakukan reset APN.

Alasan perlunya melakukan reset APN adalah karena terkadang kita sebagai pengguna sering melakukan perubahan APN ketika koneksi internet kita bermasalah sehingga menyebabkan kesalahan pengaturan APN. Itulah yang membuat kita gagal terkoneksi dengan server provider. Padahal, sebenarnya yang perlu kalian lakukan adalah menggunakan pengaturan APN yang memang telah diatur secara otomatis oleh provider jaringan internet kalian.

4. Restart Perangkat

Sumber foto: Foto: google.com

jika ketiga cara di atas tidak berhasil, kalian bisa mencoba melakukan restart perangkat kalian. Dengan melakukan restart perangkat kalian, maka perangkat smartphone kalian juga akan otomatis melalukan semacam 'restart' pada akses jaringan kalian (kurang lebih mirip seperti restart jaringan seluler).

ADVERTISEMENT

Jika cara ini belum berhasil, kalian bisa coba mengaktifkan Airplane Mode kemudian matikan kembali. Dengan melakukan hal tersebut, maka perangkat kalian akan memutuskan koneksi ke server provider dan akan melakukan koneksi ulang ke server.

5. Factory Reset

Sumber foto: Foto: greenbot.com

Cara terakhir dan paling ekstrem yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah koneksi internet yang sering putus adalah dengan melakukan Factory Reset. Terkadang, ketika perangkat smartphone kalian sudah terlalu sering digunakan mengakses internet, ada kemungkinan kalau smartphone kalian sudah terjangkit semacam malware yang dapat merusak atau menganggu sistem perangkat smartphone kalian, termasuk akses jaringan.

Faktor lainnya adalah adanya bug atau kesalahan pengaturan yang dapat menghambat koneksi internet kalian sehingga diperlukan Factory Reset untuk menghilangkan semua masalah tersebut dan mengembalikan keadaan perangkat smartphone seperti semula. Kalaupun pada akhirnya koneksi internet kalian masih juga sering putus tiba-tiba, ada kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh faktor eksternal seperti masalah sinyal pada wilayah kalian atau provider yang mengalami masalah.

Itulah tadi 5 cara untuk mengatasi koneksi internet yang sering putus tiba-tiba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada yang mau menambahkan cara lainnya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar dan pastikan kalian share kepada teman-teman kalian ya.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Kunci Android Dengan Mengusapkan Jari ke Samping

APPS TERKAIT
Faster Internet 2x 1.5.5
Apps Marvin Apps
Internet Download Manager 6.38 Build 2
Apps Tonec Inc.
Rocket VPN - Internet Freedom 1.4.1
Apps Liquidum Limited
Internet Speed Test 3G,4G,Wifi 2.0.9
Apps Optimal Software s.r.o.
Kembali Keatas