IDM Tidak Muncul Otomatis di YouTube? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 06 Juni 2020, 21:00
Kenapa IDM tidak muncul di YouTube? Tenang, berikut Jaka bakal ulas penyebab tombol IDM tidak muncul otomatis dan cara menampilkannya kembali.

Pernah nggak, pas mau download video di YouTube tiba-tiba tombol IDM tidak muncul di Youtube pdahal biasanya nggak ada masalah apa-apa?

Nah, pastinya kamu kesal banget, kan? Memang, soalnya Internet Download Manager alias IDM memberi banyak kemudahan, termasuk saat mau download video YouTube di laptop.

Daripada kamu makin bingung bagaimana cara mengatasinya, mending simak dulu cara menampilkan tombol IDM yang tidak muncul di YouTube. Biar bisa auto-download-an lagi nih!

Apa Itu IDM dan Fungsinya?

Sebelum membahas lebih dalam, apakah kamu sudah mengetahui apa itu dan juga fungsi serta cara kerja dari Internet Download Manager atau yang kerap disebut IDM ini?

Internet Download Manager atau IDM merupakan sebuah software yang bukan untuk mempercepat koneksi internet, melainkan berfungsi untuk mempercepat proses download dengan metode tertentu, geng.

Software yang dikembangkan oleh Tonec Inc. asal New York, Amerika Serikat, memang dikhususkan untuk para pengguna Windows untuk membantu proses dowsnload mereka.

Salah satu kelebihan dari IDM sendiri adalah memiliki tampilan grafis dan user interface yang sederhana, sehingga berbagai kalangan akan mudah dalam mengoperasikannya loh.

ADVERTISEMENT

Lalu bagaimanakah cara kerja dari salah satu software wajib di laptop yang satu ini?

Nah, cara kerja IDM sendiri adalah dengan membagi data yang diunduh hingga menjadi maksimal enam belas bagian selama proses berlangsung.

Selanjutnya IDM akan membagi kecepatan yang sama besarnya pada tiap bagian yang di-download-nya tadi.

Terkadang jika salah satu bagian mengalami hambatan atau drop selama proses, maka kecepatan bagian lain akan dibagi untuk membantu proses download pada bagian tersebut.

Cara Memunculkan IDM di Youtube Secara Otomatis

Dengan fungsinya yang luar biasa ini, IDM juga terkadang menemui berbagai kendala, termasuk tiba-tiba tombol idm tidak muncul di situs tertentu.

Untungnya, sekarang nggak perlu khawatir lagi. Untuk mengembalikan tombol IDM, ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Pertama kamu bisa install ulang IDM extension atau ekstensi IDM pada browser PC kamu.

Kemudian kamu juga bisa melakukan install ulang IDM dan update dengan versi terbaru. Untuk selengkapnya, yuk simak baik-baik dua cara memunculkan IDM di youtube di bawah ini.

Kenapa Tombol IDM Tidak Muncul di YouTube?

Sebelum membahas bagaimana cara memunculkan tombol , tampaknya kamu wajib dulu tahu penyebab dan kenapa IDM tidak muncul di YouTube nih.

Penyebab kenapa IDM tidak muncul memang berbeda-beda pada setiap kasusnya, tetapi secara umum beberapa benang merah bisa disimpulkan dari kejadian ini.

Setidaknya ada beberapa masalah yang menyebabkan terjadinya hal ini pada IDM kamu, seperti:

1. Install Ulang IDM Extension di Browser

Cara Memunculkan IDM di Youtube yang pertama dan yang paling mudah adalah kamu tinggal install ulang extension IDM yang ter-install pada browser PC kamu, geng.

Proses intalasi ulang ini sebenarnya tidak sulit. Untuk langkah-langkahnya, ikuti cara berikut yuk!

NOTE:

Sebelum mengikuti langkah ini, pastikan kamu memiliki IDM ter-update atau menyesuaikan dengan versi terakhir browser yang kamu miliki.

2. Install Ulang Aplikasi IDM

Jika cara menampilkan idm di Youtube di atas belum berhasil, kamu bisa install ulang Internet Download Manager dan menggantikan dengan versi yang lebih update.

Gimana cara instal ulang IDM yang baik dan benar? Berikut ini informasi selengkapnya.

NOTE:

Sebelum install ulang IDM, kamu wajib uninstall IDM versi lama dan memilih opsi Full Uninstall agar proses tidak gagal.

Internet Download Manager 6.38 Build 2
Apps Downloader & Plugin Tonec Inc.
DOWNLOAD

Cara Download Video YouTube di PC/Laptop via Tombol IDM

Jika kamu sudah mengikuti salah satu langkah di atas, sekarang kamu tinggal download video YouTube di laptop via tombol shortcut IDM yang tersedia nih.

Buat yang masih bingung bagaimana langkah-langkahnya, berikut Jaka sudah ulas selengkapnya. Mayan bisa download lebih cepat, kan?

Selain menggunakan Internet Download Manager, ada beberapa metode lain untuk men-download video YouTube dengan mudah di PC atau laptop kamu.

Dari sekian banyak metode download video Youtube ini, penggunaan IDM merupakan cara yang tercepat di antara semuanya.

Akhir Kata

Ternyata mudah banget, kan cara menampilkan IDM di Youtube? Sekarang kamu nggak perlu repot buang-buang kuota buat nonton video favorit kamu di YouTube, geng.

Cara yang Jaka bagikan ini bisa jadi solusi terbaik buat kalian semua ketika tiba-tiba aplikasi ini mengalami eror sejenis.

Selain itu jika kamu masih bingung dengan langkah-langkah di atas, jangan ragu buat bertanya pada kolom komentar di bawah. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Baca juga artikel seputar Download YouTube atau artikel menarik lainnya dari Febrive

ARTIKEL TERKAIT

10 Aplikasi Edit Video Vlog Android Terbaik Untuk Youtuber

13 Aplikasi Edit Video YouTuber di Android dan PC, Gratis dan Mudah!

2 Cara Jitu Download Video Facebook di Android

2 Cara Mudah Download Video Instagram|100% Works

Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Terlengkap 2022, Bisa Tanpa Aplikasi!

9 Cara Download Video YouTube di Android, iPhone, & PC Terbaru 2022, Bisa Tanpa Aplikasi!

undefined
Kembali Keatas