Cara Membuat & Menambah Lokasi Baru di Instagram, Cuma Sekali Klik!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 26 November 2020, 15:00
Cara menambahkan lokasi di Instagram, emang masih bisa ya? Daripada bertanya-tanya, yuk ikuti panduan cara membuat lokasi di Instagram berikut ini!

Cara membuat lokasi di Instagram ternyata masih dicari di tahun 2020 ini, mengingat kurang afdol rasanya jika kita memposting foto liburan di Instagram tetapi tidak menyertai lokasi di mana kita berlibur. Teman-teman kamu bakal kurang relate dengan apa yang kamu posting.

Tujuannya pasti agar teman-teman kamu tahu di mana lokasi ketika kamu mengambil foto profil keren dan terbaik yang kamu upload, dan nantinya mereka juga bisa mendatangi tempat di mana kamu mengambil foto untuk postingan tersebut.

Namun, ada kalanya lokasi yang ingin kamu tambahkan di postingan tidak ada di Instagram, dan sayangnya, sekarang pihak Instagram sudah menghilangkan fitur untuk menambahkan lokasi secara manual.

Cara Membuat Lokasi di Instagram

Jika kamu sebegitu ngototnya untuk menambahkan lokasi di Instagram, ada sebuah cara menambah lokasi baru di Instagram lho menggunakan fitur yang mungkin nggak kepikiran sebelumnya.

Caranya juga gampang banget, hanya perlu aplikasi Facebook sebagai media penambah lokasinya dan tempat baru yang kamu idam-idamkan bisa langsung ditambahkan. Nggak pake lama!

Kenapa menggunakan aplikasi Facebook? Kecuali kamu hidup di gunung, pastinya kamu tau kan jika Instagram telah diakusisi oleh Facebook beberapa tahun lalu dan mereka seperti adik kakak saat ini.

Sekarang layanan Facebook dan Instagram sudah terintegrasi. Maka dari itu, meskipun cara menambahkan lokasi di Instagram sudah tidak bisa lagi, masih ada celah yang bisa kamu manfaatkan di Facebook.

ADVERTISEMENT

Cara Menambahkan Lokasi di Instagram

Ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti supaya bisa menambahkan tempat baru di Instagram, dan untuk melakukannya kamu memerlukan aplikasi Facebook.

Meskipun terbilang mudah, cara membuat lokasi di Instagram ini harus kamu lakukan secara berurutan untuk membuatnya berhasil.

Tanpa lama-lama lagi, berikut ini langkah-langkah yang harus kamu ikuti untuk menambahkan lokasi baru di Instagram melalui akun Facebook. Kalau nggak tahu gimana caranya, baca artikel Cara Membuat Akun Facebook yang sudah pernah Jaka tulis.

Nah, beginilah cara menambah lokasi baru di Instagram melalui aplikasi Facebook:

  1. Buka aplikasi Facebook di HP kamu dan buatlah status baru.

  2. Pilih Check In atau Singgah di bagian bawah halaman untuk menambahkan status.

  1. Ketik nama tempat yang ingin kamu tambahkan di postingan Instagram, lalu pilih Tambahkan Tempat Baru.
  1. Pilih kategori dari tempat yang akan kamu buat. Kamu bisa memilih antara Rumah, Restoran, Acara, atau hanya untuk bersenang-senang saja.
  1. Sekarang saatnya menambahkan detail lokasi dengan memasukkan alamat, kode pos, dan kota tempat yang ingin kamu tambahkan ke Instagram.
  1. Jika sudah, lalu buat lokasi tersebut dan cobalah untuk menambahkan lokasi tersebut di postingan Instagram kamu.

Dengan begini cara menambah lokasi di IG sudah selesai, dan kamu bisa mengakses lokasi ini di waktu lain, ketika ingin menggunakannya lagi.

Cara Menambahkan Lokasi di IG (UPDATE 2020)

Facebook sebagai perusahaan yang membawahi Instagram selalu melakukan update untuk memperbaiki layanan yang mereka berikan, termasuk dalam hal kecil seperti penambahan lokasi.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua pengguna platform sosial media ini terlindungi dan merasa nyaman ketika mengakses layanan yang disediakan.

Maka dari itu, di tahun 2020 ini cara membuat lokasi di Instagram sudah tidak bisa digunakan lagi. Alasan keamanan dan ketepatan membuat Facebook mengambil langkah seperti ini.

Meskipun penambahan lokasi ini hanya digunakan sebagai media untuk main-main saja, demi menghindari ambiguitas fitur tersembunyi Instagram serta Facebook, fitur ini sudah tidak bisa digunakan oleh sembarang orang lagi.

Buat kamu yang ingin mendambahkan lokasi pada postingan yang dibuat, mau tidak mau harus memilih lokasi real yang terdekat dengan lokasi kamu saat ini.

Akhir Kata

Nah, itulah penelusuran Jaka dalam bahasan cara membuat lokasi di IG di tahun 2020 ini. Meskipun cara ini sudah tidak bisa lagi digunakan saat ini, update baru mungkin bisa mendatangkannya lagi.

Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu pantengin artikel-artikel Jaka agar selalu mendapatkan informasi paling up to date seputar teknologi baru dan perkembangannya.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini bisa berguna untuk kamu semuanya, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel menarik selanjutnya.

ARTIKEL TERKAIT
Kembali Keatas