Anti Ribet! Begini 3 Cara Membuat Tanda Tangan di Word

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Sunday, 27 September 2020, 22:00
Ada tiga cara membuat tanda tangan di Word bisa kamu ikuti sesuai kebutuhanmu. Simak langkah-langkahnya melalui penjelasan berikut ini.

Tanda tangan adalah sebagian dari identitas diri kita. Bentuknya yang berbeda antar orang membuatnya memiliki ciri khas masing-masing. Tanda tangan biasa kita bubuhkan di atas surat resmi, buku tamu, atau tanda pengenal elektronik.

Kini, kamu juga bisa menandatangi file Microsoft Word (MS Word) secara digital. Mungkin kamu berpikir akan lebih mudah untuk menandatangani file yang sudah dicetak, tapi dengan tanda tangan digital, kamu bisa melakukannya sebelum file tersebut di-print.

Hal ini dikarenakan MS Word sebenarnya sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat melakukan editing sederhana pada tanda tangan yang kamu buat, sehingga hasilnya akan tampak jelas seperti kamu menandatangani file hard copy.

Kalau kamu ingin segera mengetahui cara membuat tanda tangan di Word, langsung saja simak penjelasan Jaka di bawah ini.

Cara Membuat Tanda Tangan di Word

Apakah kamu sering mencetak suatu dokumen MS Word terlebih dahulu agar bisa menandatanganinya, geng? Padahal, cara tersebut cenderung kurang praktis dan akan merepotkan kalau di rumahmu hanya ada satu printer yang dipakai secara bersamaan.

Sekarang, kamu bisa menandatangani file MS Word tersebut secara digital. Selain itu, Jaka juga akan menjelaskan cara membuat tempat tanda tangan di Word supaya formatnya rapi, serta cara menggabungkan tanda tangan dengan stempel.

Nggak hanya untuk PC atau laptop, cara membuat tanda tangan di Word HP juga sama, karena tampilan MS Word di perangkat-perangkat tersebut cenderung mirip. Berikut penjelasannya untuk kamu.

ADVERTISEMENT

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word

Cara membuat tanda tangan di Word yang akan Jaka jelaskan pertama adalah melalui foto dan mengeditnya langsung di MS Word alias tanpa bantuan aplikasi lain.

Cara membuat tanda tangan di Word tanpa scan ini juga lebih efektif dan cepat.

Hasil akhirnya akan tampak seperti kamu menandatangani file Word tersebut secara langsung, sehingga tidak terlihat seperti hasil foto. Simak langkah-langkah cara membuat tanda tangan digital di Word berikut ini.

Langkah 1 - Buat Tanda Tangan di Kertas

Langkah 2 - Memfoto Tanda Tangan

Langkah 3 - Membuat Tanda Tangan Digital

Langkah-langkah di atas dapat kamu terapkan sebagai cara membuat tanda tangan di Word 2007, 2010, 2013, 2016, sehingga cara ini berlaku untuk banyak versi Word sekaligus.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai cara membuat tanda tangan di Excel, lho, geng.

Cara Membuat Tempat Tanda Tangan di Word

Cara membuat tanda tangan di Word yang telah Jaka jelaskan di atas mungkin lebih cocok untuk membuat satu tanda tangan.

Jika dalam satu file terdapat dua atau lebih tanda tangan, bagaimana cara mengatur formatnya supaya rapi?

Nah, kini kamu nggak perlu bingung atau bahkan mengaturnya secara manual, geng, karena ada cara membuat tempat tanda tangan di Word yang bisa memudahkan kamu dalam mengatur format tanda tangan di MS Word. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1 - Buka File Microsoft Word

Langkah 2 - Membuat Tempat Tanda Tangan

Cara Menggabungkan Tanda Tangan dengan Stempel di Word

Biasanya, ketika suatu dokumen ditandatangani, disertakan pula cap stempel sebagai bukti autentifikasi. Sama seperti cara membuat tanda tangan di Word, kamu nggak perlu mencetak dokumen tersebut sebelum memberikan stempel.

Hal ini dikarenakan ada cara menggabungkan tanda tangan dengan stempel di Word. Meskipun demikian, kamu membutuhkan bantuan aplikasi lain, yaitu Photoshop.

Tenang saja, kamu bisa menggunakan Photoshop versi berapa pun untuk mengikuti tutorial ini.

Langkah 1 - Buka Aplikasi Photoshop

Tips

Ketika kamu mengatur ukuran file stempel, jangan lupa sambil menahan tombol Shift pada keyboard supaya ukurannya simetris. Cara ini juga berlaku ketika kamu mengatur ukuran file yang lain.

langkah 2 - Menggabungkan Tanda Tangan dengan Stempel

Langkah 3 - Memasukkan Stempel dan Tanda Tangan ke Word

Akhir Kata

Nah, itu dia 3 cara membuat tanda tangan di Word. Sekarang kamu nggak harus mencetak file MS Word terlebih dahulu untuk tanda tangan di atasnya.

Kamu bisa menandatangani secara digital, bahkan menambahkan stempel, pada file MS Word yang kamu inginkan dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT

5 Cara Menghapus Halaman di Word dengan Cepat, Bisa untuk Laptop & Android!

Cara Mudah Hack Microsoft Office Jadi 100% Gratis!

Kembali Keatas