Cara Membuat Lagu Favorit Menjadi Lagu Karaoke dengan Audacity

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 04 Pebruari 2017, 08:00
Buat kamu yang hobi bernyanyi, tentunya karaoke menjadi salah satu cara untuk menyalurkan hobi tersebut. Maka dari itu, berikut cara membuat lagu favorit kamu menjadi lagu karaoke.

Buat kamu yang hobi bernyanyi, tentunya karaoke menjadi salah satu cara untuk menyalurkan hobi tersebut. Karaoke sendiri tak harus melulu datang ke tempat karaoke, tetapi bisa juga dilakukan di rumah atau di mana saja menggunakan smartphone atau PC komputer/laptop.

Lalu, bagaimana cara membuat lagu favorit kamu menjadi lagu karaoke? Berikut cara menghilangkan vokal dari penyanyi aslinya pada lagu favorit kamu untuk karaoke.

BACA JUGA
  • 10 Aplikasi Karaoke Gratis Terbaik untuk PC dan Laptop, Bisa di Rumah Aja!
  • 4 Aplikasi Karaoke Android Terbaik
  • 23 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik 2018 (Android dan PC)

Cara Membuat Lagu Menjadi Karaoke

Install Aplikasi Audacity

Pertama download dan install Audacity ke komputer PC/laptop kamu. Audacity adalah salah satu program pengolah suara gratis terbaik dan dikembangkan secara open source.

Dengan Audacity, kamu bisa menghilangkan atau menambahkan berbagai efek yang disediakan. Jadi, kamu dapat menghilangkan vokal suara di lagu favorit kamu.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur dan kestabilan. Pustaka yang digunakan tidak terlalu banyak dan waktu tunggunya juga tidak terlalu lama.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah antarmuka penggunanya (user interface) yang sedikit kaku apabila dibandingkan dengan aplikasi sejenis di sistem operasi lain.

Audacity 2.3.3
Apps Video & Audio Audacity Development Team
DOWNLOAD

Siapkan Lagu Favorit Kamu

Selanjutnya, siapkan lagu favorit kamu dan pastikan memiliki suara stereo. Suara stereoponik atau yang lebih umum disebut stereo adalah reproduksi dari suara yang menggunakan lebih dari satu saluran suara dan melalui sebuah susunan konfigurasi pengeras suara yang simetris serta bertujuan untuk mendapatkan suara yang natural.

Untungnya, hampir semua musik saat ini adalah stereo. Namun, jika kamu tidak yakin, coba dengarkan melalui headphone. Jika suaranya terdengar menyebar, dengan suara bercampur di sekitar kamu, dan hanya suara vokal di tengah, maka musik tersebut adalah stereo. Untuk mendapatkan kualitas terbaik, kamu bisa gunakan 128k atau 192k untuk file MP3.

ADVERTISEMENT
10 Software Karaoke GRATIS Terbaik untuk PC
Pengen karaokean di rumah bareng keluarga sembari karantina diri? Kamu wajib install aplikasi karaoke gratis di PC berikut ini, geng ! (Update 2021)
LIHAT ARTIKEL

Cara Membuat Lagu Karaoke Sendiri

Sekarang buka software Audacity dan drag and drop musik tersebut ke Audacity. Lebih lanjut, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Sekarang klik pada File > Export Audio. Ini akan membuka jendela di mana kamu dapat memilih untuk mengedit metadata track split dan kemudian ekspor track.

Itulah cara membuat lagu menjadi karaoke, sekarang kamu bisa bernyanyi kapan saja baik itu di smartphone ataupun laptop. Selamat mencoba. Baca juga artikel seputar Karaoke atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

Earphone Berbahaya Bagi Telinga dan Otak! Begini Cara Mencegahnya

Wow! Mikroskop Ini Dapat Melihat Sel Kanker Kulit dengan Mudah

5 Game Android Dengan Grafis Super Keren Ini Wajib Kamu Tunggu

5 Hal yang Bisa Dimanfaatkan Dari Android Jadul Kamu

Ngaku Pinter? Coba Tebak Angka Selanjutnya Di Soal Ini

APPS TERKAIT
Razer Cortex: Game Booster 2019
Apps Razer Inc.
Game Hacker 4.0
Apps SB Tools
Game Killer
Apps ZNTX
Game Guardian 92.0
Apps Game Guardian
undefined
Kembali Keatas