10 Game Google Doodle Populer yang Bisa Kamu Mainkan, Biar Gak Bosan!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 21 December 2020, 21:00
Mau main game di Google tanpa pasang aplikasi? Nih, Jaka kasih rekomendasi game Google Doodle populer yang bisa dimainkan di kala bosan, seru banget!

Pernah lihat logo Google yang dimodifikasi saat kamu masuk ke laman google.com, geng? Nah, itulah yang dinamakan sebagai Google Doodle.

Bukan hanya sekadar perubahan logo Google saja, saat ini Google Doodle sudah bisa memuat konten-konten interaktif untuk merayakan suatu peristiwa penting. Salah satunya dalam bentuk game.

Game Google Doodle atau Google Doodle Games ini dirancang secara interaktif di mana kamu bisa bermain dengan klik mouse, menekan tombol keyboard, atau ketukan pada layar smartphone.

Mengusung beragam tema, seperti Halloween dan perayaan lainnya, game Google Doodle ini tentu sangat menghibur dan cocok untuk siapa saja yang memainkannya.

Dengan lebih dari 4.000 Google Doodle yang sudah dibuat hingga saat ini, tentu sudah banyak game di Google yang bisa kamu mainkan langsung di browser.

Penasaran ada apa saja? Yuk, simak dulu ulasan rekomendasi game Google Doodle populer yang bisa dimainkan selengkapnya di bawah ini.

1. Kejuaraan Cricket Internasional

Siapa di sini yang gak tahu olahraga Cricket? Olahraga ini bisa dibilang mirip dengan Baseball. Bedanya, alat pemukul Cricket memiliki permukaan yang datar dan lebar.

ADVERTISEMENT

Game ini merupakan Google Doodle spesial kejuaraan Cricket International yang diselenggarakan pada tahun 2017 lalu. Tujuannya adalah ikut memeriahkan sekaligus memperkenalkan permainan cricket ke pengunjung Google.

Untuk memainkan game ini sangatlah simpel, geng. Kamu hanya perlu memukul bola dengan mengklik pada tombol yang disediakan.

Memukulnya pun harus tepat ketika bola melaju ke arahmu. Intinya, kamu harus memukul bola dan mengumpulkan skor sebanyak mungkin. Sekali kamu gagal, game bakalan berakhir.

Mainkan di sini: Kejuaraan Cricket Internasional (2017)

2. Bermain Theremin ala Clara Rockmore

Demi memeringati ulang tahun Clara Rockmore ke 105 tahun, Google membuat game Google Doodle yang mengizinkanmu untuk mencoba alat musik yang ia populerkan, yakni Theremin.

Clara Rockmore mempelajari instrumen biola sejak kecil. Namun, sakit yang ia alami bikin ia gak bisa main biola lagi sebagaimana mestinya.

Namun hal ini gak membuatnya patah semangat. Di tengah keterbatasannya, ia menemukan alat musik Theremin yang kemudian ia sempurnakan dan bahkan menjadi pemain Theremin paling terkenal di dunia.

Theremin gak membutuhkan kontak fisik untuk dimainkan. Alat musik ini bisa dimainkan hanya dengan menggerakan tangan / jari untuk membuat medan elektromagnetik.

Nah, kalau kamu pengen coba memainkan game Google Doodle ini caranya pun gampang banget kok. Arahkan saja kursor mouse pada tangga nada untuk membunyikan alat tersebut.

Mainkan di sini: Bermain Theremin ala Clara Rockmore (2016)

3. Membuat Musik dengan Efek Visual

Kalau di atas hanya membuat musik saja, beda dengan Game Google Doodle yang satu ini, geng. Dalam game ini, kamu bisa menciptakan musik dengan tambahan efek visual yang keren.

Game ini dibuat untuk merayakan ulang tahun Oskar Fischinger ke 117 pada tahun 2017 lalu. Oskar Fischinger adalah seorang animator dan pembuat film asal Jerman.

Sosok ini terkenal berkat kepandaiannya membuat animasi musikal abstrak, bahkan puluhan tahun sebelum kemunculan grafik komputer dan video musik.

Cara main game ini cukup simpel. Kamu tinggal klik pada not yang tersedia mengikuti ketukan layaknya membuat musik pada software FL Studio.

Efek visual kemudian bakal muncul sesuai dengan musik yang kamu buat. Keren banget, deh, geng!

Mainkan di sini: Membuat Musik dengan Efek Visual (2017)

4. Coding untuk Anak-Anak

Selanjutnya ada game Google Doodle untuk merayakan 50 tahun coding untuk anak-anak yang dirilis pada 4 Desember 2017 lalu, geng.

Di sini kamu bakal mengendalikan sebuah karakter kelinci putih yang lucu dengan memasukkan berbagai kode, seperti maju, berputar, dan loop.

Kamu harus menentukan bagaimana si kelinci putih ini bergerak untuk melewati semua jalan dan mengoleksi wortel kesukaannya.

Walaupun ditujukan untuk anak-anak, tampaknya juga harus pendampingan orang tua untuk bermain game Google Doodle ini. Karena pada beberapa level Jaka pun harus mengulang beberapa kali, nih!

Mainkan di sini: Merayakan 50 Tahun Coding untuk Anak-Anak (2017)

5. Bantu Momo, Si Kucing Penyihir!

Kemudian ada game Google Doodle Halloween, tepatnya untuk merayakan Halloween 2016 lalu. Di sini kamu akan berperan sebagai kucing penyihir bernama Momo.

Momo sendiri punya tugas untuk mengusir para hantu yang membuat keonaran di Magic Cat Academy, geng. Tugasmu adalah memberi tahu sihir apa yang digunakan untuk memusnahkan para hantu.

Kamu cukup menggambar pola yang ditampilkan di bagian atas kepala masing-masing hantu. Di sini kamu juga punya lima nyawa yang bakal berkurang jika hantu berhasil mendekatimu.

Oh ya, ada beberapa stage dalam Google Doodle Games yang satu ini dengan masing-masing bos yang cukup menantang, lho.

Mainkan di sini: Halloween Game (2016)

6. PAC-MAN

Siapa nggak kenal karakter game jadul yang satu ini? Ya, Google pun membuat replika game PAC-MAN yang bisa dimainkan di browser dan nggak kalah seru dibanding versi originalnya.

Gameplay-nya pun mirip, di mana kamu akan diminta untuk mengarahkan karakter berwarna kuning ini untuk memakan semua titik jingga yang ada di area permainan.

Awas! Ada juga empat karakter hantu yang siap memburumu di dalam permainan. Namun tenang, kamu juga bisa memakannya dengan terlebih dulu melahap titik jingga besar ya!

Salah satu keunikan dari game Google Doodle PAC-MAN ini adalah kamu bisa bermain multiplayer dengan dua orang dalam satu komputer atau laptop.

Caranya cukup tekat tombol Insert Coin sebanyak dua kali untuk menampilkan karakter Ms. PAC-MAN. Untuk mengendalikannya kamu bisa menggunakan tombol arah dan WASD, geng.

Mainkan di sini: Hari Jadi ke-30 PAC-MAN (2010)

7. Halau Tendangan Bebas

Buat kamu para pecinta game sepak bola, ada Google Doodle yang bisa dimainkan lainnya di mana kamu harus menghalau tendangan bebas sebanyak mungkin.

Google Doole yang dirilis pada 10 Agustus 2012 lalu ini mengharuskanmu berperan sebagai seorang kiper. Untuk mengendalikannya kamu cukup menggeser mouse dan klik agar kiper melompat.

Bakal ada dua tipe tendangan yang wajib dihalau, yakni tendangan melambung dan tendangan mendatar.

Halau tendangan melambung dengan melompat dan tendangan mendatang dengan cukup menggeser kiper. Semakin banyak skor yang didapat, semakin cepat juga tendangan datang.

Game Google Doodle populer ini bakal berakhir jika penendang berhasil menjebol gawang kamu sebanyak tiga kali, geng. Menarik untuk dimainkan di kala bosan, kan?

Mainkan di sini: Sepak Bola (2012)

8. Mainkan Musik Hip Hop

Sementara itu untuk kamu yang bercita-cita menjadi DJ atau editor musik, ada juga game Google Doodle di mana kamu bisa bermain musik hip hop, nih!

Google Doodle untuk merayakan hari lahir musik hip hp ke-44 tahun yang jatuh pada 11 Agustus 2017 ini cukup seru untuk kamu mainkan.

Di sini kamu bebas memilih dua buah piringan hitam yang bakal disetel pada dua buah turntable. Di sini kamu bisa me-mixing sesuai keinginan, geng.

Kamu juga bisa mengatur kecepatan BPM dan juga crossfade untuk me-mixing lagu. Kamu juga bisa menggerakkan turntable untuk menghasilkan efek suara yang khas.

Mainkan di sini: Hari Jadi ke-44 Lahirnya Musik Hip Hop (2017)

9. Kompetisi Hantu Halloween

Game Google Doodle Halloween memang tampaknya menjadi favorit untuk dimainkan pada 31 Oktober tiap tahunnya, nih.

Selain yang sudah Jaka ulas di atas, di sini ada juga game bertema kompetisi hantu yang uniknya sudah mengusung konsep multiplayer di mana kamu bisa bermain dengan pemain lain di seluruh dunia.

Gameplay-nya cukup mudah! Kamu bakal dibagi ke dalam dua tim, Ungu dan Hijau yang punya misi untuk mengumpulkan poin sebanyak mungkin.

Caranya cukup kumpulkan hantu-hantu kecil di sepanjang map dan antarkan ke basecamp kamu untuk meningkatkan poin.

Seiring banyaknya poin yang kamu kumpulkan, ada juga tambahan power-up khusus misalnya untuk menambah kecepatan hingga menembus dinding.

Tim mana yang paling banyak mengumpulkan poin sebelum jangka waktu habis, dialah yang menjadi pemenangnya, geng.

Mainkan di sini: Halloween Game (2018)

10. Lontarkan Kurcaci Sejauh-jauhnya!

Familiar dengan kurcaci kebun yang ada di game Harvest Moon. Nah, di Google Doodle kamu juga bisa bermain dengannya untuk menanam bunga di pekarangan rumahmu.

Di sini kamu cukup melontarkan kurcaci sejauh-jauhnya dengan menggunakan sebuah ketapel untuk meraih jarak terjauh, geng.

Terdapat enam jenis kurcaci dengan efek spesial masing-masing. Selain itu ada juga beberapa power-up yang bakal membantu kamu terbang lebih jauh di sepanjang permainan.

Seperti kupu-kupu untuk membantu terbang lebih tinggi, bongkahan kayu untuk melontarkan kurcaci, dan jamur untuk memantulkan kurcacimu di tanah.

Mainkan di sini: Merayakan Gnome Kebun (2018)

Video: Rahasia! Ini Game Android Terbaru yang Ternyata Disembunyikan Oleh Google

Akhir Kata

Nah, itulah dia kumpulan game Google Doodle populer yang bisa kamu mainkan tanpa perlu pasang aplikasi di smartphone, PC, atau laptop kamu, geng.

Sebenarnya masih banyak lagi kumpulan Google Doodle yang menarik dan bisa kamu lihat selengkapnya di sini: https://www.google.com/doodles.

Lalu dari daftar rekomendasi game Google Doodle di atas, manakah yang jadi favoritmu? Yuk, tuliskan pendapatmu pada kolom komentar di bawah.

Baca juga artikel seputar Game Android atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

20+ Game Android Terbaik 2023 + Link Download, Gak Kalah Sama Game Konsol!

20 Game Battle Royale Android Selain PUBG Mobile Terbaik di 2020, Bikin Ketagihan!

11 Game Teka-Teki Android Terbaik 2021 | Bikin Otak Makin Pinter!

10 Game Billiard Offline Android Terbaik 2020 | Tanpa Kuota!

Kembali Keatas