6 Cara Cek HP realme Asli atau Palsu + 18 Kode Rahasia, Akurat Buat Semua Tipe!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Friday, 23 September 2022, 20:30
Mau beli HP realme? Selain beli di tempat terpercaya, kamu juga sebaiknya simak dahulu cara cek HP realme asli berikut ini. Yuk, simak sampai habis!

Kamu berniat beli HP realme terbaru ataupun dalam kondisi bekas? Kalau begitu, kamu wajib mengetahui cara cek HP realme biar gak kena tipu.

Saat ini, HP realme memang semakin digandrungi karena menawarkan fitur canggih dengan harga yang cukup terjangkau. Tapi, bisa saja HP realme yang kamu beli ternyata merupakan produk palsu atau tidak dalam kondisi yang baik. Gak mau kejadian seperti itu, kan?

Untuk menghindari hal ini, kamu harus membeli di gerai resmi realme agar terpercaya. Beda cerita kalau HP-nya second, maka kamu harus mengecek keaslian HP realme agar semakin yakin bahwa produknya ori.

Nah, gimana cara cek HP realme? Supaya tahu asli atau palsu, langsung aja ikuti beberapa metode di bawah ini!

1. Cek Nomor IMEI realme

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat apakah nomor IMEI HP realme milikmu sudah terdaftar atau belum. Metode ini pun terbagi menjadi dua cara, yakni melalui kode rahasia dan melalui website.

Dengan begitu, kamu pun bisa langsung mengecek apakah nomor IMEI tersebut terdaftar di Kemenperin atau tidak. Yuk, simak satu-satu!

Cara Cek IMEI realme Melalui Kode *#06#

Untuk cek IMEI realme, kamu bisa pakai kode rahasia *#06#. Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal melakukan panggilan telepon ke nomor *#06# pada ponsel yang kamu pakai.

ADVERTISEMENT

Setelah itu, informasi IMEI termasuk identitas dan spesifikasi smartphone kamu akan langsung ditampilkan. Gampang, kan?

Sumber foto: IST

Cara Cek IMEI realme Melalui Website

Selain lewat menu panggilan tadi, kamu juga bisa mengecek dan mengetahui nomor IMEI realme melalui menu website khusus. Caranya seperti berikut ini:

Sumber foto: IST
Sumber foto: dok. JalanTikus

2. Cara Cek Tipe HP realme via Kode *#6676#

Sumber foto: realme

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur kode cek HP realme C2 maupun jenis lainnya melalui panggilan ke *#6676#, loh. Fungsi dari kode tersebut adalah untuk melihat informasi mengenai tipe HP realme yang kamu gunakan secara keseluruhan.

Caranya sama saja seperti kode sebelumnya, di mana kamu hanya perlu mengetik *#6676# pada menu panggilan lalu tekan tombol OK/Call/Yes. Jika ponsel kamu asli, maka informasi tipe yang tersedia pun pastinya akan valid.

3. Cek Phone Box atau Kemasan realme

Sumber foto: realme

Selanjutnya kamu bisa coba melihat keaslian HP kamu lewat phone box atau kemasan saat pertama kali beli. Pada umumnya, di kotak tersebut akan mempunyai semacam stiker hologram yang ditempel pada kemasannya.

Selain itu, di dalam kemasan produk yang aslinya seharunya juga terdapat guide book realme mengenai cara-cara penggunaannya, spesifikasi, informasi ponsel secara keseluruhan. Jadi pastikan semua itu lengkap, ya.

4. Cek Lewat Call Center realme

Sumber foto: realme Community

Cara cek HP realme C21Y maupun tipe-tipe lainnya bisa juga kamu lakukan melalui call center resmi mereka. Nah, kamu pun bisa bertanya soal keaslian perangkat yang kamu gunakan saat ini.

Kamu bisa mengirimkan pertanyaan kamu melalui pesan ke customer service realme lewat alamat email service.id@realme.com atau pr.id@realme.com. Opsi lainnya, langsung aja hubungi call center realmi via nomor telepon (021) 2235-6666 di hari dan jam kerja.

5. Cara Cek HP realme via Aplikasi

Sumber foto: realme Community

Kalau masih belum puas, kamu bisa coba cara cek HP realme bekas maupun yang sedang kamu miliki saat ini melalui aplikasi tambahan. Kali ini, aplikasi yang akan Jaka rekomendasikan adalah CPU-Z yang dikenal punya akurasi tinggi.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengetahui spesifikasi HP realme secara detail dan lengkap. Cara menggunakannya sangat mudah. Kamu tinggal unduh CPU-Z melalui Google Play atau klik lewat tautan di bawah ini.

CPU-Z Terbaru
Apps Utilities
DOWNLOAD

Setelah aplikasi terpasang, langsung aja buka CPU-Z dan semua informasi soal gawai milikmu akan ditampilkan secara otomatis. Dijamin kamu gak bakalan ragu lagi soal asli atau palsunya.

BONUS: 18 Kode Rahasia Buat Cek HP realme

Sumber foto: IST

Merasa kalau ponsel yang kamu gunakan bermasalah pada sejumlah komponennya? Jangan khawatir, kamu bisa juga memanfaatkan cara cek layar HP realme, cara cek sensor HP realme, maupun cara cek speaker HP realme melalui kode rahasia realme.

Mau tahu apa kode realme? Nih, Jaka sajikan daftar kode rahasianya serta fungsinya masing-masing. Tinggal kamu cek satu-satu pada menu panggilan di HP kamu, deh. Kalau realme kamu original, pasti bisa mengakses kode-kode berikut ini!

Kode Rahasia realme Fungsi Kode
*#06# Mengecek nomor IMEI
*#*#4636#*#* Untuk cek kondisi layar, baterai, kamera, dll
*#888# Menampilkan barcode Engineer Mode
*#808# Tes kerusakan LCD, kamera, sensor, layar sentuh, getaran, dll
*#807# Tes kerapatan layar sentuh
*#805# Cek bluetooth, tes mode, dan lainnya
*#803# Cek bluetooth, tes mode, dan lainnya
*#800# Setting WiFi, audio, GPS, dan lainnya
*#1234# Menampilkan menu ColorOS version
*#99# Menonaktifkan fitur Always on Display
*#*#7594#*#* Mematikan hp Realme tanpa menekan tombol power
*#*#7780#*#* Hapus semua data dan berkas
*#*273283*255*663282*#*#* Menyalin data atau berkas internal memori ke eksternal memori
*#*#225#*#* Membuka catatan aktivitas pada kalender
*#*#232338#*#* Mengecek dan mengetes fitur Wi-Fi dan jaringan
*#*#426#*#* Mengecek status Debug info pada Play Service
*#*#759#*#* Masuk ke menu layanan Google
*#6776# Buka menu Software version atau About Phone

Akhir Kata

Itu tadi cara cek HP realme apakah asli atau palsu. Cara tadi juga bisa kamu coba di berbagai tipe, baik itu untuk cek HP realme 5i ataupun tipe-tipe terbaru lainnya. Selain ada banyak metode yang bisa kamu lakukan, langkah-langkahnya pun tidak sulit, kan?

Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu, ya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT

12 Aplikasi Sadap HP Terbaik dan Paling Ampuh 2024, Tanpa Ketahuan!

13+ Aplikasi Pelacak Nomor HP Terbaik 2024, Bisa Cek Identitas & Lokasi Penipu!

4 Cara Mempercepat Download Game di Steam Hingga 10 Kali Lipat

Daftar Paket Internet Unlimited Semua Operator Terbaru dan Terlengkap 2023

Cara Menyadap Panggilan Telepon Pasangan di HP Android, Ampuh Tanpa Ketahuan!

Kembali Keatas