6 Cara Membuka Situs yang Diblokir di PC & HP, Dijamin Ampuh!

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 31 Oktober 2020, 09:00
Mau buka situs favorit tapi diblokir Kominfo? Berikut cara buka situs yang diblokir di PC & Android. Bisa tanpa aplikasi atau VPN, cukup pakai Chrome doang!

Cara buka situs yang diblokir bisa menjadi solusi buat kamu yang sering merasa terganggu karena nggak bisa mengakses situs-situs tertentu karena diblokir oleh pemerintah.

Bukan cuma situs video terlarang dengan konten-konten negatif saja yang diblokir. Terkadang, pemblokiran ini juga dilakukan terhadap situs lain seperti Reddit yang notabene adalah forum internet terbesar di dunia.

Meskipun kampanye Internet Sehat dan Aman atau INSAN sudah digencarkan pemerintah sejak lama, namun rasanya upaya ini sia-sia saja, geng.

Buktinya, situs-situs ilegal masih tetap bertengger di daftar teratas situs yang paling banyak dikunjungi oleh netizen Indonesia. Buat menambah pengetahuan kamu, Jaka bakal mengulas tuntas cara buka situs yang diblokir melalui HP maupun PC atau laptop.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi di Android, iPhone, & PC

Terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi, mulai dari menggunakan SSH, mengganti DNS, dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini, Jaka bakal kasih tahu kamu beberapa tips cara buka situs yang diblokir di Google Chrome di HP, PC, dan laptop. Pasti kamu sudah nggak sabar, kan? Nah, daripada menunggu lebih lama, langsung saja simak artikel berikut ini, ya, geng!

Cara Buka Situs yang Diblokir dengan SSH

Selain VPN, kamu juga bisa membuka situs yang diblokir dengan menggunakan SSH (Secure Shell). SSH berfungsi sebagai jaringan yang melindungi pertukaran data dari ancaman virus.

ADVERTISEMENT

Baik VPN maupun SSH bisa dibilang memiliki karakteristik yang hampir mirip. Bedanya, di sini kamu akan menggunakan pihak ketiga, terutama untuk proses SSH Tunneling.

Untuk menggunakan metode SSH, kamu bisa langsung menggunakan HP Android, kok. Caranya terbilang cukup mudah dan kamu bisa ikuti sebagai berikut.

1. Buka Situs FastSSH

Buka situs FastSSH dan pilih server Indonesia (https://www.fastssh.com/page/secure-shell-servers/continent/asia/indonesia). Lalu ketuk Create SSH Account Indonesia dan buat akun dengan mengetikkan username dan password. Klik Create Account.

2. Tunggu Akun Selesai Dibuat

Tunggu hingga kamu mendapatkan username SSH, password SSH, dan host IP address yang bisa kamu catat dan akan digunakan pada langkah berikutnya.

3. Install Aplikasi KPNTunnel Revolution

Setelahnya kamu tinggal download dan install terlebih dulu aplikasi KPNTunnel Revolution yang bisa kamu dapatkan pada tautan di bawah ini.

KPN Tunnel (Official) - Trik Internet Gratis 3.0.4
Apps Utilities KPN Software Developers
DOWNLOAD

4. Buka Aplikasi KPNTunnel Revolution

Buka aplikasi KPNTunnel Rev dan kamu tinggal pergi ke menu Settings. Pertama, kamu aktifkan SSH Tunnel.

5. Isi Bagian Host/IP

Geser ke bawah dan pada bagian Host/IP isi seperti pada format yang kamu catat tadi. Isi juga bagian username dan password seperti yang kamu daftarkan pada situs FastSSH.com. Aktifka Auto Reconnect dan isi URL Pinger dengan "www.bing.com".

6. Aktifkan Custom DNS

Terakhir, aktifkan Custom DNS dan kamu bisa menggunakan settingan default pada aplikasi. Lalu kembali ke halaman utama dan ketuk Start untuk memulai menggunakan SSH.

Setelah berhasil menggunakan SSH, kamu bisa langsung mencoba cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome HP, deh!

Cara Buka Situs yang Diblokir dengan Server DNS

Cara membuka situs yang diblokir selanjutnya adalah menggunakan server DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk mengubah IP address menjadi domain address.

Di sini kamu nggak perlu menginstall aplikasi apapun. Karena hanya dengan bermodalkan setelan di Control Panel, kamu sudah bisa langsung melakukan cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome PC laptop.

Penasaran mau tahu bagaimana caranya? Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Control Panel

Buka menu Control Panel pada PC atau laptop. Lemudian buka opsi Network and Internet > Network and Sharing Center.

Di sini, kamu pilih lagi opsi Change adapter settings yang ada di sebelah kiri, geng.

2. Buka Opsi Properties

Pada koneksi internet yang kamu gunakan, klik kanan kemudian pilih opsi Properties.

3. Pilih Internet Protocol Version 4

Lalu kamu pilih lagi opsi Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties yang ada di bagian bawahnya.

4. Aktifkan DNS

Pada jendela berikutnya, kamu aktifkan terlebih dulu opsi Use the following DNS server addresses. Isi Preferred DNS server: 1.1.1.1 dan Alternate DNS server: 1.0.0.1. Jika sudah, klik OK.

Jika sudah mengganti DNS dengan cara-cara di atas, dijamin internet kamu saat ini bisa mengakses kembali situs yang sebelumnya diblokir pemerintah tanpa perlu VPN untuk buka situs negatif.

Kalau belum berhasil, coba dulu untuk restart browser dan buka kembali pada PC atau laptop kamu, ya. Cara yang sama juga berlaku untuk HP Android kamu, kok!

Cara Buka Situs yang Diblokir dengan Web Proxy

Kamu juga bisa mencoba cara membuka situs yang diblokir dengan menggunakan web proxy. Web proxy merupakan situs yang menyediakan akses internet melalui server dari pihak ketiga.

Cara ini terbilang paling mudah untuk dilakukan dan dapat langsung dicoba melalui browser, baik pada PC maupun HP Android.

Tapi jangan sekali-kali coba untuk cara buka situs dewasa kalau belum cukup umur, ya! Mending kamu gunain untuk hal-hal yang lebih positif dan bijak pastinya..

Langkah-langkah menggunakan web proxy untuk cara membuka situs yang diblokir di PC Windows 10 dan lainnya bisa kamu simak di bawah ini, geng.

1. Buka Situs ProxySite

Buka aplikasi browser pada HP Android kamu, kemudian pergi ke situs ProxySite (https://www.proxysite.com/). Lalu pada kolom yang tersedia, kamu tinggal pilih server, masukkan alamat situs diblokir, dan ketuk Go.

2. Kunjungi Situs yang Diblokir

Sekarang kamu akan dialihkan untuk melakukan browsing menggunakan web proxy. Kunjungi situs seperti biasa saat kamu menggunakan Chrome maupun Mozilla dengan menggunakan address bar yang ada di bagian atas.

Selain di HP Android, cara ini juga efektif buat kamu lakukan di PC atau laptop juga, kok. Setelah mencoba beberapa saat, memang web proxy nggak secepat metode-metode sebelumnya.

Solusinya, kamu bisa mengganti server dari web proxy yang digunakan. Bisa juga kamu cek kecepatan jaringan internet yang sedang kamu gunakan karena hal ini juga bisa sangat berpengaruh, loh!

Nah, kalau kamu masih butuh alternatif lainnya untuk cara membuka web yang diblokir server, kamu bisa baca artikel Jaka berikut ini:

Cara Mudah Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi, 100% Works!
Butuh cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi? Simak tutorial Jaka berikut ini, geng. Dijamin simpel dan mudah banget! (Update 2021)
LIHAT ARTIKEL

Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Aplikasi

Selain tanpa bantuan aplikasi, kamu juga tentunya bisa lho membuka website yang diblokir dengan install aplikasi tambahan di PC, Android, dan iPhone.

Metode ini biasanya paling banyak dipilih karena dianggap lebih praktis dan mudah untuk diikuti. Kalau kamu juga tertarik untuk mencobanya, berikut beberapa metode yang bisa digunakan.

Cara Buka Situs yang Diblokir dengan VPN

Metode pertama yang bisa kamu lakukan untuk cara buka situs yang diblokir di Google Chrome di HP adalah dengan aplikasi VPN. VPN bekerja dengan mengacak alamat IP untuk membuka situs terblokir.

Dengan menggunakan VPN, kamu bisa dengan mudah dan bebas berselancar di internet, baik melalui HP Android maupun PC.

Buka Situs Diblokir dengan Turbo VPN

Pertama, Jaka bakal kasih tahu kamu cara membuka situs yang diblokir di Android. Kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Turbo VPN untuk melakukan hal ini.

1. Install Aplikasi Turbo VPN di HP

Download dan install aplikasi Turbo VPN yang bisa kamu unduh secara gratis melalui tautan di bawah ini.

Turbo VPN - Buka Situs Yang Diblokir 3.1.8.1
Apps Networking Turbo VPN
DOWNLOAD

2. Buka Aplikasi Turbo VPN

Buka aplikasi Turbo VPN dan ketuk tombol I Agree untuk melanjutkan. Untuk memilih server, kamu bisa ketuk ikon bola dunia pada bagian kanan atas.

3. Pilih Server

Pilih salah satu server gratis yang tersedia dan kamu akan otomatis dihubungkan dengan jaringan VPN untuk HP Android kamu.

4. Berhasil Terhubung

Jika sudah terhubung, maka akan muncul tulisan Connected dan ikon VPN pada notification bar. Kamu juga bisa melihat status dan kecepatan jaringan di sini.

Selain di HP Android, kamu juga bisa menggunakan aplikasi VPN di PC atau laptop kamu untuk cara membuka situs yang diblokir admin kantor.

Buka Situs Diblokir dengan TunnelBear VPN

Selain Turbo VPN, masih ada aplikasi VPN lain yang juga Jaka rekomendasikan. Aplikasi tersebut adalah TunnelBear VPN, geng.

Dengan cukup klik satu tombol saja, kamu sudah bisa otomatis tersambung dengan server VPN terbaik. Bagaimanakah caranya? Ikuti langkah berikut!

1. Install Aplikasi TunnelBear VPN di HP

Download dan install aplikasi TunnelBear VPN untuk PC yang bisa kamu dapatkan melalui tautan di bawah ini.

TunnelBear VPN for PC Terbaru
Apps tunnelbear TunnelBear
DOWNLOAD

2. Buka Aplikasi TunnelBear VPN

Setelah instalasi selesai, buka aplikasi TunnelBear VPN dan langsung tekan toggle untuk mengaktifkan VPN pada bagian atas.

3. Tunggu Hingga Terhubung

Tunggu hingga jaringan VPN terbaik yang paling stabil cepat terhubung dengan PC atau laptop kamu. Langsung buka browser untuk menikmati akses internet bebas.

Selain aplikasi Turbo VPN dan TunnelBear VPN, kamu juga bisa menggunakan aplikasi VPN anti blokir lainnya yang sama-sama punya fitur dan kinerja maksimal.

Bukan cuma itu, beberapa aplikasi tersebut juga punya sejumlah fitur tambahan yang sangat membantu kamu saat melakukan cara membuka web yang diblokir server.

Cara Buka Web yang Diblokir dengan Aplikasi DNS

Cara membuka situs yang diblokir selanjutnya adalah menggunakan bantuan aplikasi DNS untuk mengubah IP address menjadi domain address.

Aplikasi cara membuka blokir video di Google Chrome yang Jaka rekomendasikan kali ini adalah menggunakan DNS 1.1.1.1, dibuat oleh Cloudflare dan APNIC yang diklaim punya akses tercepat dengan response time hingga 14,8ms.

Metode ini pun berlaku saat kamu menggunakan jaringan data maupun WiFi dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

1. Install Aplikasi Cloudflare 1.1.1.1

Download dan install aplikasi Cloudflare 1.1.1.1 yang bisa kamu dapatkan melalui tautan di bawah ini.

Cloudflare 1.1.1.1 5.3
Apps Networking Cloudflare, Inc
DOWNLOAD

2. Buka Aplikasi

Lanjut buka aplikasi dan kamu tinggal geser toggle hingga muncul tulisan Connected dan ikon VPN tampil di notification bar.

Sampai sini, kamu pun bisa langsung coba membuka situs-situs yang diblokir untuk mengecek keberhasilannya.

3. Cara Buka Situs yang Diblokir dengan Add-On Chrome & Firefox

Selain cara di atas, ada lagi alternatif cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi lainnya, lho. Kalau kamu malas install aplikasi VPN terlebih dulu di PC atau laptop, kamu bisa menggunakan extension VPN yang langsung "nempel" di browser kamu.

Gimana caranya? Di sini kamu bisa melakukan cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi di laptop atau PC dengan add-on atau extension untuk browser, seperti Google Chrome maupun Mozilla Firefox.

Add-On Google Chrome

Pertama, untuk para pengguna Chrome, kamu bisa mengunduh dan menggunakan extension khusus VPN dengan cara seperti ini.

1. Kunjungi Chrome Web Store

Kunjungi laman Chrome Web Store dan buka extension Browsec VPN - Free and Unlimited VPN (https://chrome.google.com/webstore/detail/browsec-vpn-free-and-unli/omghfjlpggmjjaagoclmmobgdodcjboh?hl=en). Kemudian ketuk Add to Chrome untuk mulai memasang.

2. Klik Add Extension

Selanjutnya bakal muncul pop up untuk pemasangan extension Browsec VPN. Untuk melanjutkan, kamu tinggal klik Add extension.

3. Akses Browsec VPN

Jika sudah, kamu bisa mengakses Browsec VPN dengan klik ikon yang berada di kanan atas. Selanjutnya, kamu bisa pilih server terlebih dulu dan geser toggle untuk mulai mengaktifkan.

Add-On Mozilla Firefox

Meski bukan browser tanpa blokir Internet Positif, Mozilla Firefox ternyata bisa juga kamu gunakan untuk cara membuka situs yang diblokir, loh!

Kamu bisa menggunakan add-on yang bisa diunduh gratis untuk mengakses situs terblokir dengan mengikuti cara berikut, geng!

1. Kunjungi Firefox Add-on

Kunjungi laman Firefox Add-on dan pilih AnonymoX (https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/anonymox/) dan pilih Add to Firefox.

2. Setujui Notifikasi

Bakal muncul juga pop up untuk konfirmasi pemasangan add-on. Di sini kamu tinggal klik Add untuk melanjutkan proses.

3. Akses AnonymoX

Setelah selesai terpasang, kamu bisa mengakses AnonymoX pada ikon di bagian kanan atas. Di sini, kamu tinggal pilih server dan geser toggle untuk mulai mengaktifkan fitur VPN.

Akhir Kata

Nah, itulah dia sejumlah cara buka situs yang diblokir dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi, geng. Ingat, gunakan cara ini dengan bijak dan bertanggung jawab, ya!

Jangan sampai kamu menggunakannya untuk hal-hal terlarang yang dapat merugikan banyak orang, apalagi sampai melanggar ketentuan hukum yang berlaku.

Apakah kamu juga memiliki metode lain yang berhasil? Jika ya, jangan ragu untuk tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Situs Diblokir atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi

ARTIKEL TERKAIT

WhatsApp MOD Diblokir Sementara? Ini Cara Mengatasinya (Plus Rekomendasi WA MOD Anti Blokir!)

Cara Cek IMEI HP Android & iPhone di Kemenperin 2020 | Bebas Blokir!

Selain Wikipedia, 7 Situs & Aplikasi Populer yang Diblokir di China | Kenapa Ya?

7 Bahaya Mengerikan Saat Pakai VPN Gratis, Dari Pencurian Data Hingga Internet Banking

Cara Memblokir Pengguna WiFi Ilegal, Biar Gak Dicuri Melulu!

Cara Membuka Blokir WA Orang yang Memblokir Kita Tanpa Ganti Nomor

undefined
Kembali Keatas