Hindari Foto Pribadi Tersebar, Ini 6 Cara Amankan Foto Pribadimu

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Friday, 25 November 2016, 14:00
Suka Selfie seksi tapi takut dihack seperti skandal #Fappening yang menimpa artis-artis ternama seperti Jennifer Lawrence dan Kate Upton? Jangan khawatir, Jaka punya solusinya

Akhir-akhir ini kita dihebohkan dengan bocornya beberapa foto telanjang artis-artis dunia dalam kasus Fappening seperti Jennifer Lawrence, Kate Upton, Ariana Grande, dan lainnya melalui account pribadi cloud storage mereka dan disebar melalui situs sosial anonim 4chan. Kami juga ikut berpikir nih, gimana ya kalau kasus tersebut juga menyerang kamu yang suka menyimpan foto-foto selfie pribadimu atau menyimpan file berharga di smartphone dan ternyata kamu juga menggunakan fasilitas cloud backup atau auto sync lainnya.

Jangan sampai dicuri orang lain ya. Maka dari itu kami melalui artikel ini akan beri tau kamu bagaimana caranya mematikan automatic backup (auto sync) terhadap file foto kamu ke media penyimpanan cloud dan tips menghindari pencurian file berharga tersebut.

BACA JUGA
  • Tips Smartphone dengan Fingerprint Supaya Aman

Hindari Foto Pribadi Tersebar, Ini 6 Cara Amankan Foto Pribadimu

1. Bagaimana bisa terjadi pencurian data seperti itu?

Para pengguna fasilitas cloud storage sebenarnya tidak perlu takut dengan hal keamanan dan enkripsi account yang digunakan. Namun hal yang perlu dicermati ialah dalam hal password yang dipakai sebagai pintu masuk account, karena kebanyakan pengguna yang terkena hack diduga memakai password yang terlampau mudah untuk ditebak.

Selain itu kamu juga jangan lupa, meskipun foto atau file yang ada di smartphone kamu telah dihapus, namun file tersebut kemungkinan masih ada di cloud sehingga rentan untuk dicuri.

2. Matikan fitur Photo Stream di iCloud

Bagi kamu pengguna iPhone, kamu tinggal ke Setting > iCloud > Photos, lalu matikan pilihan My Photo Stream dan Photo Sharing. Selain itu kamu juga harus menghapus foto atau dokumen kamu yang sebelumnya telah dibackup di Photos > Albums > My Photo Stream

3. Matikan fitur Camera Upload di Dropbox

Apabila kamu merupakan pengguna Dropbox di Android, kamu juga bisa mematikan fasilitas Camera Upload dengan mengakses Setting > Turn Off Camera Upload. Selain itu kamu perlu untuk mendelete semua file yang tidak inginkan secara manual.

4. Gunakan 2-Step Verification

Meskipun membutuhkan waktu yang lebih untuk mensetting account kamu untuk memiliki verifikasi dua lapis, tapi ini merupakan langkah jitu agar orang yang tidak diinginkan tidak mengakses account kamu. Masing-masing cloud seperti Google Drive maupun iCloud dilengkapi fasilitas ini sehingga setelah kamu login ke account kamu, kamu juga harus memasukkan nomor selular sehingga setiap tindakan yang dilakukan, kamu akan menerima notifikasi melalui smartphone kamu.

5. Gunakan Boxcryptor

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan sebagai penambah proteksi file kamu melalui fasilitas cloud storage. Aplikasi tersebut bernama Boxcryptor yang tersedia bagi Android dan PC dan bisa mengenkripsi file kamu yang berada di cloud sehingga hanya walaupun telah dicuri sekalipun, file tersebut tetap hanya kamu yang bisa membukanya.

ADVERTISEMENT

6. Password

Ini juga penting. Walaupun sudah banyak yang mengetahui bahwa password merupakan hal yang sensitif dan harus diperhatikan dengan baik, namun masih banyak yang kurang mengerti bahwa password yang digunakan rupanya mudah untuk ditebak. Itulah yang menjadi perhatian utama dalam kasus fappening yang sedang happening kemarin.

Itu dia beberapa tips berkenaan dengan langkah ampuh untuk melindungi foto-foto pribadi kamu dari tangan-tangan jahil. Apakah ada yang kami lewatkan? Jangan lupa untuk berikan pendapat kamu melalui kolom komentar di bawah ini ya.

Dropbox for Android 28.2.2
Apps Productivity Dropbox
DOWNLOAD
Google Drive for Android 2.20.101.09.40
Apps Office & Business Tools Google
DOWNLOAD
Boxcryptor 2.1.413.484
Apps Antivirus & Security Secomba GmbH
DOWNLOAD

ARTIKEL TERKAIT

7 Cara Hacker Membobol Password WiFi dan Tools yang Digunakannya (Update 2019)

APPS TERKAIT
LastPass Password Manager 4.0.28
Apps LastPass
Dashlane Password Manager 4.1.0.1074
Apps Dashlane
1Password 4.6.0.604
Apps Agilebits
KeePassMob Password Manager 0.9.14
Apps Lukasz Gajos
Kembali Keatas