NGERI! Ini 5 Bahaya Kecanduan Akut Pada Video Game

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 29 Juni 2017, 12:00
Untuk menghindari dampak buruk dari kecanduan game ini, kali ini Jaka akan menjelaskan beberapa tanda yang menunjukkan kalau seseorang telah kecanduan bermain game, jadi silakan disimak baik-baik.

Bermain game merupakan salah satu kegiatan hiburan yang paling digemari oleh berbagai kalangan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya variasi game dengan segudang fitur yang menarik dan menantang untuk dimainkan, baik itu seorang diri maupun bersama dengan teman.

Namun, kebiasaan bermain game itu sendiri dapat membuat kalian kecanduan, apalagi jika kalian bermain game secara berlebihan. Kebanyakan orang yang sudah mengalami kecanduan game pun sering tidak menyadari kalau mereka sedang mengalami kecanduan game. Untuk menghindari dampak buruk dari kecanduan game ini, kali ini Jaka akan menjelaskan beberapa tanda yang menunjukkan kalau seseorang telah kecanduan bermain game, jadi silakan disimak baik-baik.

BACA JUGA
  • 5 Game PC Dengan Grafis dan Gameplay Terbaik Sepanjang Masa
  • Tidak Terkalahkan! 7 Franchise Game Terbaik dan Paling Ngangenin Sepanjang Masa
  • Gak Nyangka! 7 Karakter Video Game Ini Terinspirasi dari Orang di Dunia Nyata

NGERI! Ini 5 Bahaya Kecanduan Akut Pada Video Game

1. Gelisah Ketika Tidak Bermain Game

Foto: gamesgrabr.com

Salah satu tanda seseorang telah kecanduan bermain game adalah rasa gelisah yang diakibatkan karena orang tersebut tidak bermain game dalam jangka waktu tertentu. Hal tersebut bisa terlihat dari keinginan orang tersebut yang cenderung mencari informasi seputar game yang ia mainkan sepanjang waktu atau cenderung ingin segera kembali ke konsol game mereka ketika sedang berada di tempat lain.

2. Menghabiskan Banyak Waktu Bermain Game

Foto: nydailynews.com

Tanda yang paling kelihatan dari seseorang yang sudah kecanduan game adalah kebiasaan orang tersebut bermain game dalam waktu lama tanpa henti, biasanya sekitar 4-6 jam kemudian jeda sebentar dan lanjut lagi selama beberapa jam berikutnya.

3. Agresif Ketika Merasa Terganggu Saat Bermain Game

Foto: amazon.com

Tanda lain ketika seseorang telah mengalami kecanduan game adalah perilaku agresif yang ditunjukkan ketika ada seseorang yang menegur mereka atau mengalihkan perhatian mereka saat sedang bermain game. Perilaku agresif ini ditunjukkan dengan teriakan atau perkataan kasar atau pengusiran secara halus.

4. Rela Mengeluarkan Banyak Uang Demi Game

Foto: imaginarymarkets.com

Belakangan ini, muncul satu tanda baru yang menujukkan seseorang sudah kecanduan game yaitu orang tersebut rela mengeluarkan sejumlah uang untuk bermain game, entah itu membeli game asli dalam jumlah yang banyak, membeli item di dalam game atau menyewa layanan yang disediakan game, serta masih banyak lagi. Semakin lama tanda ini dibiarkan, uang yang dikeluarkan pun akan semakin banyak namun orang-orang yang sudah kecanduan game tidak akan merasa rugi sama sekali dengan hal ini.

5. Bermimpi Tentang Game

Foto: greatist.com

Tanda yang satu ini hanya bisa dikenali oleh orang yang kecanduan game itu sendiri. Menurut beberapa sumber, orang yang sudah kecanduan game akan mengalami mimpi tentang game selama beberapa kali dan pada tingkat akut, mereka akan sering mengalami mimpi seperti itu karena terus-menerus memikirkan game.

Itulah tadi 5 tanda kalau kalian sudah kecanduan game, semoga bermanfaat dan pastikan kalian menyadari apakah kalian mengalami tanda-tanda di atas. Jika iya, mulailah kurangi kebiasaan kalian bermain game. Akhir kata, sampai jumpa dan pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar serta share ke teman-teman kalian.

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT

7 Bahaya Membeli Smartphone Replika yang WAJIB Kamu Ketahui!

10 Tips Membeli Smartphone Android Terbaik untuk Gaming

6 Bahaya Membeli Smartphone Android Murah Abal-abal

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

5 Alasan Kenapa Membeli Smartphone Black Market Sangat Berbahaya

APPS TERKAIT
Game Hacker 4.0
Apps SB Tools
Game Killer
Apps ZNTX
Game Guardian 92.0
Apps Game Guardian
Razer Cortex: Game Booster 2019
Apps Razer Inc.
undefined
Kembali Keatas