11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 23 June 2017, 07:00
Selain saling memaafkan, momen lebaran juga erat kaitannya dengan berbagi rejeki berupa THR. Jika hendak menggunakan uang THR lebaran untuk membeli smartphone baru, baca dulu tipsnya yuk!

Lebaran sbenetar lagi nih. Dapat uang THR berapa nih lebaran tahun ini? IKnagt, angan dipake jajan semua, kamu tabung sebagian dan sisanya pake buat beli baju atau smartphone baru.

Kenapa harus smartphone baru? Soalnya biar bisa kelihatan keren pas hari lebaran. Maka dari itu, JalanTikus akan berikan kamu tips penting untuk membali smartphone baru dengan uang THR agar lebaran kamu semakin keren!

BACA JUGA

    Tips Membeli Smartphone Baru

    Jika memang smartphone kamu udah sering ngadat, itu pertanda banget minta diganti baru. Nah, sebelum membeli smartphone baru dengan uang THR, jangan lupa perhatikan beberapa hal berikut ya!

    1. Pilih OS yang Tepat

    Dewasa ini sistem operasi Android sudah mendominasi penjualan smartphone. Meski demikian, kamu bisa mempertimbangkan iOS yang memang terkenal matang dan ringan. Pilihlah yang sesuai kebutuhan. Kamu yang suka ngoprek smartphone, akan lebih bijak jika memilih sistem operasi Android.

    Oh iya, belilah smartphone Android yang out of the box sudah mendukung sistem operasi Android Lollipop. Selain telah memiliki banyak fitur baru, smartphone dengan Android Lollipop memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan update ke sistem operasi Android Marshmallow atau Android N.

    2. Brand atau Merk

    Smartphone China memang sudah mulai meraja di ranah smartphone global. Meski brand tidak menentukan kualitas smartphone, tapi brand yang memiliki reputasi kuat biasanya diserta jaminan after sales (garansi, service center) yang baik. Sehingga kamu jadi tidak repot jika sewaktu-waktu smartphone kamu bermasalah.

    3. Harga

    Ngaku deh, kamu pasti berharap bisa mendapatkan smartphone bagus dengan uang lebaran yang kamu dapatkan, bukan? Jika pun harus nambah, kamu pasti inginnya supaya nambah tapi tidak terlalu banyak. Biar gampang, kamu bisa membandingkan harga smartphone yang akan kamu beli di beberapa situs belanja online sebelum belanja di toko smartphone langganan kamu.

    4. Prosesor

    Tips membeli smartphone baru yang selanjutnya adalah memperhatikan chipset atau prosesor yang digunakan. Smartphone yang dibekali chipset keluaran Qualcomm biasanya selalu lebih mahal dibanding yang menggunakan chipset Mediatek. Tapi akhir-akhir ini banyak kok smartphone murah yang sudah menggunakan chipset Snapdragon, karena memang Snapdragon sendiri menyediakan chipset untuk berbagai kelas smartphone.

    ADVERTISEMENT

    Selama kamu tidak alergi terhadap merek, banyak pilihan smartphone China terbaik yang bisa kamu dapatkan dengan harga murah tapi telah menggunakan chipset Snapdragon. Carilah smartphone baru yang setidaknya telah menggunakan chipset Snapdragon 615 untuk mendapatkan performa dan hasil kamera yang memuaskan.

    5. Besar RAM

    Meski prosesor kencang sekali pun, jika RAM-nya kecil pasti kinerjanya akan lemot. Untuk itu coba pilih smartphone yang dibekali dengan RAM besar. Saat ini, pilihlah smartphone yang dibekali RAM minimal 2GB agar kamu lebih leluasa bermain game atau mengkases banyak sosial media.

    6. Memori

    Apakah kamu tipe orang yang gemar meng-install banyak aplikasi dan game terbaru di smartphone? Jika iya, perhatikan memori internal smartphone pilihan kamu sebelum membelinya. Smartphone yang hanya dibekali memori internal 16GB tanpa dukungan memori eksternal bukanlah pilihan bijak.

    Minimal, carilah smartphone yang dibekali memori internal 16GB dan mendukung memori eksternal, sehingga kamu lebih leluasa untuk menyimpan file multimedia dan aplikasi. Gak mau kan mati gaya gara-gara kehabisa ruang penyimpanan?

    7. Layar

    Layar kapasitif dengan teknologi IPS akan membuat mata kamu lebih nyaman selama menggunakannya, dibanding dengan layar kapasitif tanpa teknologi IPS. Makanya, usahakan mininal pilih smartphone yang telah mendukung teknologi IPS.

    Selain jenis layar, perhatikan juga ukuran layar smartphone yang akan kamu beli. Jika kamu suka main game dan banyak menggunakan smartphone untuk berbagai keperluan kerja atau personal, layar smartphone 5,5 inci adalah ukuran yang ideal. Tapi jika kamu adalah pengguna mobile yang suka menyimpan smartphone di saku dan sering ngetik dengan satu tangan, kenapa tidak pilih smartphone dengan ukuran layar 5 inci ke bawah?

    8. Kamera

    Diakui atau tidak, kamera smartphone sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan jaman sekarang. Bahkan pelaku fotografi profesional pun sudah banyak yang menggunakan smartphone untuk mengabadikan berbagai moment menarik di sekitarnya.

    Meski resolusi kamera bukanlah patokan kualitas foto, tapi setidaknya jika memiliki kamera dengan resolusi besar kamu pun akan semakin percaya diri, bukan? Jika kamu suka selfie, coba tengok artikel Smartphone Selfie Terbaik dan Smartphone Selfie Sejutaan sebagai rekomendasi dari JalanTikus.

    9. Kapasitas Baterai

    Meski di JalanTikus kamu bisa menemukan banyak aplikasi penghemat baterai smartphone terbaik, tapi dalam tips membeli smartphone baru ini Jaka menegaskan agar kamu memperhatikan kapasitas baterai smartphone. Gak mau kan kalo lagi asyik-asyik main game tiba-tiba nongol alert battery low? Dan gak mau juga kan kalo kemana-mana harus nenteng power bank?

    Biar Hemat Baterai!
    Tanpa baterai, maka smartphone kamu tidak bisa digunakan apa-apa. Nah, untuk itu Jaka akan rekomendasikan 12 aplikasi penghemat baterai Android terbaik.
    LIHAT ARTIKEL

    10. Desain dan Material Body

    Ingat, smartphone dengan bodi metal akan lebih nyaman dan kokoh dalam genggaman, serta lebih cepat dalam menghantarkan panas permukaan. Jangan asal pilih smartphone murah jika bodinya masih menggunakan material plastik yang ringkih ya!

    11. Beli di Toko Terpercaya

    Beberapa toko online biasanya masih memiliki promo bkhusus lebaran. Kamu bisa menggunakan momentum tersebut untuk mencari smartphone baru yang kamu idamkan. Tapi pastikan untuk membeli di toko yang memiliki reputasi baik. Jika mentok butuh cepat dan gak mau nunggu lama dengan belanja online, belilah di toko offline yang menyediakan jaminan dan terpercaya.

    Itu dia 11 hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli smartphone baru dengan uang THR. Semoga tips membeli smartphone baru ini bisa memudahkan kamu dalam menemukan smartphone idaman ya.

    Ingat, selalu sesuaikan dengan kebutuhan kamu jika hendak membeli smartphone baru!

    ARTIKEL TERKAIT

    5 Cara Mudah Untuk Membedakan Charger Asli dan Palsu

    APPS TERKAIT
    AnTuTu Benchmark
    Apps AnTuTu
    CPU / RAM / DEVICE Identifier 8.5.0
    Apps Davy Bartoloni
    AIDA64 1.45
    Apps Devi
    Geekbench 3 3.4.1
    Apps Primate Labs Inc.
    Kembali Keatas