Beli Android Bekas? Ini 7 Aplikasi Terbaik Untuk Cek Hardware Smartphone

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 24 January 2017, 09:00
AWAS! Hati-hati saat ingin beli smartphone Android bekas. Agar tidak tertipu, cek dulu perangkat kerasnya. Berikut 7 aplikasi untuk bantu kamu mengecek saat beli smartphone bekas.

Sebelum membeli smartphone Android bekas, tentunya kamu harus memastikan semua fitur berjalan dengan normal dan spesifikasi hardware-nya sesuai. Kamu nggak mau dong sampai kena tipu dan dapat HP rusak atau KW.

Nah, untuk mengecek semua software dan hardware, kamu akan butuh bantuan aplikasi. Berikut Jaka sajikan 7 aplikasi untuk membantu kamu mengecek hardware Android sebelum membeli smartphone second.

BACA JUGA

    Aplikasi Untuk Mengecek Perangkat Keras Android

    1. Phone Tester (hardware info)

    Ini dia Phone Tester. Aplikasi ini membantu kamu untuk menganalisis dan menguji hardware, sensor, serta komponen di smartphone Android yang ingin kamu beli.

    Phone Tester (hardware info) 2.0.6
    Apps Benchmarking Miguel Torres
    DOWNLOAD

    Gunanya ubtuk memastikan semua bagian berfungsi dengan baik. Aplikasi ini ringan saat dijalankan dan memberikan keterangan lengkap tentang spesifikasi smartphone Android.

    2. AnTuTu Tester

    Selain populer sebagai aplikasi benchmark, AnTuTu juga punya aplikasi lain untuk mengetes hardware smartphone yakni AnTuTu Tester. Aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap dan komprehensif, seperti kemampuan untuk menguji daya tahan baterai dan membandingkan skor yang didapatkan dengan smartphone lain.

    Selain itu, kamu juga bisa tes layar seperti jumlah sentuhan maksimal yang dapat diterima bersamaan hingga untuk kesehatan dari segi piksel, warna, dan banyak lagi.

    3. Phone Doctor Plus

    Phone Doctor Plus dapat melakukan 30 macam uji coba dari hal yang sederhana seperti konektivitas seluler, Bluetooth, GPS, hingga speaker, earphone, microphone, CPU, GPU, dan lainnya.

    Dengan antarmuka yang menarik dan mudah digunakan, Phone Doctor Plus tidak eksklusif hanya untuk sistem operasi Android. Doctor Plus juga tersedia bagi para pengguna iOS.

    ADVERTISEMENT

    4. Sensor Box

    Sesuai namanya, jika hanya ingin menguji coba sensor-sensor yang ada secara spesifik, aplikasi Sensor Box layak untuk dicoba. Selain memberikan informasi sensor apa saja yang ada, aplikasi ini juga memberi penjelasan bagaimana sensor-sensor tersebut bekerja.

    Jenis-jenis sensor yang dapat dibaca Sensor Box seperti giroskop, sensor cahaya, sensor orientasi, sensor jarak, sensor suhu, akselerometer, medan magnet, tekanan, dan intensitas suara.

    5. Geekbench 4

    Geekbench 4 merupakan aplikasi benchmark yang cukup populer. Ada beberapa skenario test baru untuk menambah beban di CPU, cache, dan subsistem memori.

    Selain skenario test CPU baru, ada juga skenario test untuk GPU. Geekbench 4 sekarang bisa digunakan untuk mengetahui seberapa tinggi peforma komputasi dari sebuah GPU.

    6. Z-Device Test

    Salah satu aplikasi untuk mengecek hardware smartphone Android adalah Z-Device Test. Aplikasi ini dapat diandalkan karena dapat memberikan informasi yang lengkap dan akurat terkait perangkat.

    Kamu bisa tes kondisi kamera, mulai dari besaran piksel yang didukung kamera tersebut sampai fitur apa saja yang disematkan. Selain itu, kamu juga bisa tes layar, konektivitas ataupun sensor yang ada di smartphone.

    7. AIDA64

    AIDA64 adalah system diagnostics utility canggih yang mengumpulkan informasi penting tentang konfigurasi hardware dan software smartphone. Hal ini memungkinkan untuk mengetahui spesifikasi teknis yang kompleks.

    AIDA64 dibungkus dalam antarmuka yang user-friendly. Di mana semua informasi tentang hardware dipecah menjadi kategori terpisah dan mampu melakukan pengetesan menyeluruh untuk setiap hardware smartphone.

    10 Tips Menjual HP Bekas dengan Harga Tinggi
    Menjual smartphone memang gampang-gampang susah, berikut JalanTikus kasih tips menjual HP bekas dengan harga tinggi.
    LIHAT ARTIKEL

    Itulah 7 aplikasi gratis untuk mengecek perangkat keras secara detail. Mengingat Android memiliki tingkat kompleksitas yang lebih tinggi, untuk itu kamu wajib mengujinya ketika membeli smartphone Android bekas. Bagaimana pendapat kamu?

    Baca juga artikel seputar smartphone atau artikel dari Lukman Azis lainnya.

    ARTIKEL TERKAIT

    Cara Melihat Instagram yang Diprivate Tanpa Follow, Dijamin Aman!

    APPS TERKAIT
    Klakson Telolet 4.4
    Apps KMB Technologies
    Disney GIF 1.0.9
    Apps Disney
    UseeTV 4.4.4
    Apps PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
    Bersosial 5.0.1
    Apps DanPros
    Kembali Keatas