8 dari 10 Orang Tidak Menyadari Bahaya Ancaman Typosquatting !

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Saturday, 10 December 2016, 17:00
Apakah kamu pernah mendangar ancaman super berbahaya bernama Typosquatting? kami ingin memberikan informasi mengenai jenis bahaya ancaman Typosquatting..

Ada banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang jahat dan tidak bertanggungjawab dalam mengelabui korbannya. Salah satunya melalui media internet yang digunakan oleh milyaran orang di seluruh dunia.

Mungkin kamu telah mendengar jenis-jenis ancaman seperti virus, malware, phising, hingga keylogger. Tapi, apakah kamu pernah mendangar ancaman super berbahaya bernama Typosquatting? Melalui artikel ini, kami ingin memberikan informasi mengenai jenis bahaya ancaman Typosquatting dan cara penanganannya.

BACA JUGA
  • 10 Aplikasi Hacking Populer Untuk Menjebol Password Windows dan Website

Bahaya Ancaman Typosquatting dan Cara Penanganannya

Apa Itu Typosquatting?

Salah satu cara untuk mengirimkan ancaman seperti virus dan malware ke komputer maupun smartphone kita ialah melalui metode yaitu Typosquatting. Metode yang mengandalkan keteledoran dari pengguna internet ini berhasil memakan korban yang tidak sedikit.

Typosquatting ialah sebuah jebakan di internet dengan membuat sebuah website palsu dengan nama yang mirip dengan nama-nama website ternama. Metode ini mirip dengan Phising namun lebih mengandalkan kepada kesalahan umum dari pengguna internet yaitu Typo ketika menuliskan alamat website pada browser.

Cara haram ini sebenarnya sudah lama sekali beredar di internet, bahkan sempat menyerang website-website Indonesia. Dulu saja, situs Klik BCA yang memiliki pengguna besar pernah dibuatkan URL palsunya oleh pihak tidak bertanggungjawab dengan alamat Kilkbca.com (dari yang seharusnya Klikbca.com). Selain berbahaya, situs tersebut memiliki tampilan yang persis sama dengan web aslinya, dan berfungsi untuk mencuri data-data login dari pengguna.

Bahaya Ancaman Typosquatting di Era Modern

Meskipun jaman sudah canggih, tapi membuat website dengan nama yang "menyenggol" situs besar masih saja dilakukan. Berikut ini kami punya data yang diperoleh dari situs Makeuseof yang berisi alamat-alamat website palsu yang berusaha menyinggung nama besar di internet.

Daftar Lengkap Alamat Website Abal-Abal Berbahaya

Dapat kita lihat bahwa beberapa pihak bahkan telah membeli banyak sekali website dengan nama yang mirip dengan website lainnya yang lebih terkenal. Situs seperti youtube.om, linkedin.om, facebook.om, dan gmail.om ialah contohnya.

ADVERTISEMENT

Hal yang membuatnya berbeda ialah situs-situs tersebut menggunakan domain .om sebagai akhirannya. Domain .om berasal dari Oman dan dinilai mirip dengan domain .com. Jika ada orang yang tidak sengaja typo ketika mengetikan alamat website di browsernya, bisa-bisa tersasar ke website "abal-abal" ini.

Ancamannya tidak main-main. Beberapa website tersebut berisi malware flash dan virus berbahaya yang berpotensi dapat mencuri data-data pribadi dari komputer maupun smartphone kamu.

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Ancaman Typosquatting tidak dapat diremehkan begitu saja. Makanya, berikut ini kami berikan langkah mudah dalam menghindari risiko website abal-abal tersebut.

Itu dia informasi lengkap beserta tips mencegah bahaya ancaman Typosquatting. Apakah kamu melewatkan sesuatu? Jangan lupa untuk berikan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ini ya.

ARTIKEL TERKAIT

3 Aplikasi Ini Bisa Bikin Android Kamu Lebih CANGGIH dari iPhone

APPS TERKAIT
Weebly for Android
Apps Weebly, Inc.
Web Page Maker 0.0.0.0
Apps Webpage-Maker
Chrome Browser 81.0.4044.138
Apps Google
UC Browser for Android 13.0.0.1288
Apps UCWeb Inc.
Kembali Keatas