Inilah 3 Fitur iPhone yang Seharusnya Juga Ada di Android

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 19 May 2016, 11:00
Tiga fitur ini akan sangat berguna jika diterapkan pada sistem operasi Android. Penasaran? Yuk dibaca artikelnya.

Apa kamu pengguna smartphone besutan Apple? Tampaknya bukan. Sebab, buat penggila gadget seperti kamu, iOS bukanlah sistem operasi yang mudah untuk kamu otak-atik. Masih lebih baik kamu menggunakan Android yang mana kamu bisa mendapatkan beragam aplikasi dengan gampang dan gratis.

Di sisi lain, apakah kamu tahu bahwa ada beberapa fitur di iOS yang wajib dimiliki oleh OS Android? Sebagian besar dari kamu pasti menjawab tidak. Sebab, kembali lagi pada poin di atas, kamu tidak terlalu mementingkan sistem operasi buatan Apple layaknya kamu menjiwai Android.

BACA JUGA
  • Kenalin Nih, DOZE, Fitur Android Marshmallow yang Bisa Hemat Baterai 3x Lipat

3 Fitur iPhone yang Seharusnya Juga Ada di Android

Sistem operasi mobile dari Apple, yaitu iOS, memiliki tiga keunggulan dibandingkan Android. Mungkin, jika Google dan para pengembang memerhatikan tiga hal ini, pasti Android akan semakin memesona dan memukau. Memang apa saja sih yang bisa membuat iOS lebih unggul daripada Android? So, berikut penjelasannya yang dikutip dari AndroidPit.

1. Aplikasi di iOS Memiliki Kualitas yang Tinggi

Yup, Apple memiliki kualitas aplikasi yang rata-rata lebih baik di bandingkan Android. iOS sudah dirilis oleh Apple pada bulan Januari tahun 2007. Kemudian, Apple kembali merilis App Store pada Juli 2008. Dengan strategi seperti ini, Apple mampu memilah aplikasi yang baik dan membuang yang buruk. Sehingga, pengalaman yang diberikan oleh smartphone berbasis iOS dalam aplikasi menjadi jauh lebih baik daripada Android.

Seharusnya, Google bisa sedikit lebih ketat dengan Play Store. Bukan menjadi sebuah kebanggaan jika Play Store memiliki ratusan ribu aplikasi lebih banyak dari App Store. Sebab, sebagian besar dari aplikasi yang tersedia di Play Store mempunyai kualitas yang buruk, sehingga menimbulkan pengalaman menggunakan smartphone menjadi jelek. Tentu hal negatif ini akan mempengaruhi reputasi seluruh ekosistem dan membuat pengguna jadi banyak memilih iOS daripada Android nantinya.

2. Keamanan Software dengan Tingkat yang Tinggi

Dikarenakan produk Apple lebih terbatas, menjadikan Apple cukup baik dalam segi keamanan. Jika kamu nggak tahu, Apple selalu menyediakan update keamanan sampai perangkat besutannya berusia hingga lima tahun. Pada smartphone Android, mungkin pembaruan keamanan hanya diberikan sampai tiga tahun saja.

Tidak semua produsen smartphone seperti HTC dan Motorola yang telah berinovasi agar antarmuka buatannya tidak terlalu berat, sehingga menjadikan smartphone mendapatkan proses update lebih cepat. Sayangnya, sebagian besar pembuat ponsel pintar tidak bisa mengoptimalkan update dengan UI buatannya dalam waktu yang singkat.

3. Fitur Backup yang Komplit dan Sempurna

Bukan suatu hal sulit untuk memindahkan data-data kamu, jika kamu memiliki ponsel iPhone dan ingin pindah ke produk mobile Apple lainnya. Dalam waktu lima menit, data dan aplikasi yang telah kamu install sebelumnya, dapat berpindah ke perangkat Apple terbaru kamu secara utuh hanya dengan menggunakan iCloud.

ADVERTISEMENT

Jika dibandingkan dengan Android, kebanyakan orang pasti akan memulainya dari awal. Kamu harus men-download terlebih dahulu aplikasi yang sudah ada di handset sebelumnya, kemudian kembali login, dan masuklah pada akun kamu. Hal ini harus dilakukan ke setiap aplikasi yang kamu mau gunakan. Ribet kan?

Kalau saja Google lebih memperhatikan tiga hal tersebut, mungkin semua pengguna iOS akan beralih ke perangkat Android. Sebab, tidak dipungkiri bahwa Android memang sistem operasi yang baik, dan jauh lebih terbuka ketimbang iOS.

Nah, apakah kamu memiliki pendapat lainnya tentang iOS dan Android? Jika ya, tuliskan pada kolom komentar di bawah ya.

ARTIKEL TERKAIT

10+ Smartphone Terbaru Mei 2016

APPS TERKAIT
BlackBerry Messenger
Apps BlackBerry
Framaroot 1.9.3
Apps alephzain
TubeMate YouTube Downloader 3.2.14
Apps Tubemate
Game Killer
Apps ZNTX
Kembali Keatas