Batas FUP Indihome Terbaru 2021 & Cara Mengeceknya

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 30 Juni 2021, 11:00
Apa itu FUP Indihome dan bagaimana cara memeriksanya? Simak daftar lengkap dan cara reset FUP Indihome pada artikel berikut! (Update 2021)

Kamu pelanggan setia internet IndiHome? Penasaran kenapa kecepatan internet mengalami penurunan di pertengahan atau akhir bulan? Mungkin batas FUP IndiHome kamu sudah terpenuhi, geng!

Di tengah banyaknya layanan ISP yang menawarkan internet unlimited sungguhan, IndiHome adalah salah satunya yang masih menerapkan sistem batas pemakaian wajar atau biasa dikenal dengan istilah FUP.

Sayangnya, nggak sedikit pengguna yang belum mengetahui berapa banyak FUP paket IndiHome yang mereka miliki. Sehingga selalu beranggapan bahwa IndiHome sedang gangguan di saat kecepatan menurun.

Nah, biar nggak asal tebak, berikut Jaka akan membahas masing-masing batas FUP paket internet IndiHome terbaru 2021 serta cara mengeceknya.

Apa Itu FUP IndiHome?

FUP merupakan singkatan dari Fair Usage Policy yang artinya batas kebijakan penggunaan normal dalam menggunakan layanan internet.

Sistem ini digunakan untuk memastikan bahwa pengguna tidak menggunakan internet secara berlebihan, dengan menerapkan batas pemakaian tertentu tergantung jenis paket yang digunakan.

Sederhananya, kecepatan internet kamu akan mengalami penurunan kecepatan apabila telah mencapai batas penggunaan tertentu meskipun paket internet IndiHome yang kamu gunakan bersifat unlimited.

ADVERTISEMENT

Besaran FUP yang diterapkan pada setiap layanan internet IndiHome berbeda satu sama lain, tergantung dari jenis paket dan kecepatan yang dipilih oleh pengguna.

Berikut ini adalah besar FUP untuk setiap paket internet IndiHome terbaru 2021.

Batas FUP IndiHome 2021

Sekarang kamu sudah mengetahui apa itu FUP dan kenapa FUP bisa berpengaruh terhadap kecepatan internet yang digunakan. Hal selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah batas FUP tersebut.

IndiHome bukan cuma menerapkan 1 batas FUP hampir di setiap paket layanannya, melainkan 2 FUP sekaligus untuk setiap paket kecepatan, kecuali untuk paket kecepatan 100 Mbps.

Hal ini berarti kecepatan internet kamu bisa turun hingga 2 kali apabila kamu melampaui batas FUP paket Indihome terbaru yang kedua. Penurunan kecepatan akan ter-reset di bulan selanjutnya.

Dua batas FUP ini harus kamu perhatikan supaya dapat mengantisipasi penurunan kecepatan internet. Berikut ini daftar FUP paket IndiHome 10Mbps hingga 100Mbps yang perlu kamu tahu.

FUP IndiHome 10Mbps

Pada paket IndiHome 10Mbps, batas pemakaian wajar yang bisa kamu dapatkan adalah 300GB. Namun, jika pemakaian internet mencapai 300GB, kecepatannya akan diturunkan menjadi 75% atau 7.5Mbps.

Kemudian, saat pemakaian sudah menyentuh 400GB maka kecepatan internet kembali diturunkan menjadi 40% atau sekitar 4Mbps. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak tabel di bawah, ya!

Pemakaian Internet Kecepatan Setelah FUP
FUP 1

300GB
7.5Mbps (75%)
FUP 2

400GB
4Mbps (40%)

FUP IndiHome 20Mbps

Paket IndiHome 20Mbps tentu menawarkan kuota FUP yang lebih besar. FUP IndiHome 20Mbps 2021 yang pertama, yaitu 500GB, dengan kecepatan yang diturunkan menjadi 75%.

Sedangkan untuk batas FUP kedua, kecepatan internet akan diturunkan menjadi 40% jika sudah menyentuh pemakaian kuota 800GB.

Nah, untuk cara mengatasi FUP IndiHome supaya nggak cepat habis, kamu mungkin bisa coba membatasi penggunaan WiFi IndiHome di rumah, geng!

Pemakaian Internet Kecepatan Setelah FUP
FUP 1

500GB
15Mbps (75%)
FUP 2

800GB
8Mbps (40%)

FUP IndiHome 30Mbps

Pada paket IndiHome 30Mbps yang juga memberikan dua batas FUP sekaligus, kecepatan internet akan diturunkan menjadi 22.5Mbps saat sudah menyentuh pemakaian 700GB.

Kecepatan internet pun akan kembali diturunkan menjadi 12Mbps atau sekitar 40% jika pemakaian sudah mencapai 1.200GB. Berikut tabel informasi selengkapnya.

Pemakaian Internet Kecepatan Setelah FUP
FUP 1

700GB
22.5Mbps (75%)
FUP 2

1.200GB
12Mbps (40%)

FUP IndiHome 40Mbps

Sudah pasang WiFi IndiHome paket 40Mbps, tapi nggak tahu berapa batas FUP paket yang kamu dapatkan?

Pada paket ini, batas FUP pertama sebesar 900GB. Di mana jika pemakaian kamu pada FUP pertama sudah terpenuhi, maka kecepatan internet akan diturunkan menjadi 30Mbps atau sekitar 75%.

Sementara itu, pada batas FUP kedua, kecepatan internet akan kembali diturunkan menjadi 40% atau sekitar 16Mbps jika sudah menyentuh angka pemakaian 1.600GB.

Pemakaian Internet Kecepatan Setelah FUP
FUP 1

900GB
30Mbps (75%)
FUP 2

1.600GB
16Mbps (40%)

FUP IndiHome 50Mbps

Buat kamu yang hampir setiap saat berkutat dengan internet dan download dalam jumlah besar, pastinya batas FUP paket internet IndiHome di atas akan terasa kurang dong?

Untungnya, ada paket yang menawarkan kuota dan batas FUP lebih besar yakni 50Mbps, nih! Untuk tahu mengenai batas FUP IndiHome 50Mbps 2021, kamu bisa simak tabel di bawah.

Pemakaian Internet Kecepatan Setelah FUP
FUP 1

1.200GB
37.5Mbps (75%)
FUP 2

2.000GB
20Mbps (40%)

FUP IndiHome 100Mbps

Agak berbeda dengan paket IndiHome sebelum-sebelumnya, IndiHome 100Mbps memang menawarkan kuota dan kecepatan lebih kencang. Namun, untuk paket ini batas FUP yang ditawarkan hanya sekali.

Artinya, ketika pemakaian internet sudah menyentuh angka 2.000GB maka kecepatan akan diturunkan menjadi 50Mbps atau sekitar 50% untuk penggunaan selanjutnya.

Coba, deh, cek nomor IndiHome kamu untuk tahu sedang berlangganan paket yang mana.

Pemakaian Internet Kecepatan Setelah FUP
FUP 1

2.000GB
50Mbps (50%)

Cara Cek FUP IndiHome 2021

Setelah mengetahui batasan FUP Indihome terbaru 2021, kamu juga wajib tahu cara cek FUP paket IndiHome supaya bisa mengatur penggunaan internet dengan baik.

Supaya tidak kecolongan, kamu harus melakukan pengecekan penggunaan internet IndiHome setiap hari dan melakukan perhitungan kira-kira kapan akan melebihi batas FUP.

Terdapat tiga cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek batas FUP paket IndiHome pada paket internet yang kamu gunakan. Berikut ini informasi selengkapnya.

Cara Mengecek Kuota FUP IndiHome via MyIndiHome

Sumber foto: Video Pembelajaran via YouTube

Cara mengetahui sisa FUP paket IndiHome yang pertama adalah menggunakan aplikasi MyIndiHome yang memudahkan pengguna untuk memantau penggunaan internet.

Untuk mengeceknya pun gampang banget, nggak kalah mudah seperti ketika kamu ingin mengecek kuota Simpati, kok. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Download dan buka aplikasi MyIndiHome.
  2. Login akun.
  3. Klik ikon titik tiga pada bagian Internet dan pilih Lihat Penggunaan.
  4. Lihat jumlah penggunaan FUP paket IndiHome.

Kamu pun tinggal bandingkan penggunaan internet tersebut dengan batas FUP pada paket yang kamu gunakan, untuk melihat apakah kamu sudah melebihi batas atau belum.

Cara Melihat FUP Paket Indihome via Website

Sumber foto: Video Pembelajaran via YouTube

Selain dari aplikasi, kamu juga bisa memantau penggunaan internet IndiHome melalui website resminya yang diakses dari aplikasi browser di HP maupun laptop.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara lihat FUP paket internet IndiHome lewat website, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Kunjungi situs IndiHome (https://www.indihome.co.id/).
  2. Login akun.
  3. Klik menu Lihat rincian pada paket IndiHome yang digunakan.

Cara ini cocok digunakan untuk kamu yang tidak ingin repot untuk menginstal aplikasi tambahan pada smartphone yang kamu gunakan.

Cara Cek FUP Paket Indihome via SMS

Cara cek FUP paket IndiHome yang terakhir ini memanfaatkan layanan SMS. Cara ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang sedang tidak ada di rumah dan ingin melakukan pengecekan jarak jauh.

Untuk melakukan pengecekan via SMS, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Pesan di HP.
  2. Buat pesan baru dengan format ISP<spasi>IH<spasi>Kode Area + Nomor Telepon IndiHome.
  3. Kirim ke 98108.

Kamu tinggal tunggu beberapa saat hingga mendapatkan jawaban seputar status paket internet yang kamu gunakan termasuk besar penggunaan.

Cara melihat FUP via SMS ini memerlukan biaya sebesar Rp350 untuk setiap SMS-nya, jadi pastikan pulsa kamu mencukupi sebelum menggunakan layanan ini.

Cara Reset FUP Paket IndiHome

Batas FUP kamu sudah tinggal sedikit? Nah, supaya aktivitas browsing kamu tidak terganggu karena kuota tiba-tiba habis, kamu bisa kok melakukan reset FUP paket IndiHome.

  1. Buka aplikasi MyIndiHome.
  2. Login akun.
  3. Klik menu ikon titik tiga pada bagian Internet dan pilih Lihat Penggunaan.
Sumber foto: Zona IndiHome via YouTube
  1. Ketuk tombol Renew Speed dan pilih paket yang dibutuhkan.
Sumber foto: Zona IndiHome via YouTube
  1. Ketuk tombol Beli.

Akhir Kata

Itu dia penjelasan mengenai FUP IndiHome 2021 dari mulai pengertian, batas penggunaan, hingga batas FUP yang diterapkan oleh salah satu provider internet kabel terbesar di Indonesia ini.

Penerapan sistem ini dilakukan untuk mencegah pengguna melakukan hal-hal yang bisa merugikan pihak provider, dan penurunan kecepatannya pun sebenarnya masih di batas wajar.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini berguna untuk kalian semuanya, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar IndiHome atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT

5 Cara Bayar Tagihan IndiHome Terbaru 2021, Mudah dan Praktis!

Cara Ampuh Mengatasi IndiHome Gangguan (Penyebab + Cara Lapornya)

Cara Cek Tagihan IndiHome Bulanan Online Terbaru 2020, Cuma 5 Detik!

Cara Mengganti Password WiFi IndiHome Lewat HP & Komputer, Langsung Beres!

Cara Mudah Nonton Netflix di Telkomsel & IndiHome Tanpa Ribet

Daftar Harga Paket Internet IndiHome Terbaru 2021 | Murah & Lengkap!

undefined
Kembali Keatas