Versi Terbaru Android Kini Mendukung Fitur Pengenalan Sidik Jari

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 27 May 2015, 15:30
Ucapkan selamat tinggal pada password panjang yang susah diingat karena sekarang versi terbaru dari Android mendukung Fingerprint.

Seiring jaman yang semakin maju, teknologi yang muncul pun semakin berkembang. Ucapkan selamat tinggal pada password panjang yang susah diingat karena sekarang versi terbaru dari Android mendukung Fingerprint. Jika kamu ingin membuka sesuatu aplikasi yang memerlukan password, tinggal pindai saja jarimu. So pasti nggak ada yang bisa buka selain kamu deh.

Versi terbaru Android yang saat ini disebut sebagai Android M (Baca Juga: Inikah Arti M dari Android M?) - dikabarkan memiliki fitur Native Fingerprint Authentication atau fitur pengenalan sidik jari. Dengan fitur fingerprint yang diselipkan pada sistem operasi mobile, maka pengguna akan bisa masuk ke semua aplikasi yang ada di perangkat Android mereka tanpa harus memasukkan password terlebih dahulu.

Google akan mengumumkan fitur ini pada konferensi developer Google I/O yang akan dilaksanakan pada 28-29 Mei 2015 di San Fransisco. Penggunaan fingerprint untuk menggantikan password tidak hanya lebih cepat, namun juga lebih aman.

Penggunaan fingerprint authentication ini akan bisa digunakan di perangkat dengan fingerprint sensor. Saat ini memang belum banyak perangkat Android yang mendukung fingerprint sensor, namun sepertinya mulai saat ini banyak vendor yang akan menyusul Samsung dan HTC yang sudah lebih dulu menyelipkan fingerprint sensor ke smartphone mereka. Seperti pada Samsung Galaxy Note 4, S6/S6 Edge, serta HTC One Max.

Kerennya lagi, fingerprint juga bisa digunakan untuk pembayaran lewat mobile seperti Samsung Pay menggantikan password yang mengganggu dan menyusahkan. Fingerprint ini awalnya direncanakan untuk Nexus 6, tapi Google membatalkan fitur ini pada saat-saat terakhir dan akhirnya memasangkan pada Android M.

Bagaimana, apakah kamu tertarik memiliki Android M? Tapi jangan lupa ya, untuk menggunakan fitur ini kamu harus punya smartphone yang menggunakan fingerprint sensor di dalamnya. Jangan lupa komentar di bawah ya.

Sumber: Mashable

Barcode Scanner Varies with device
Apps Productivity ZXing Team
DOWNLOAD

Artikel Menarik Lainnya

Kembali Keatas