Wah, Google PlayStore Punya Sistem Rating Baru!

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 19 Maret 2015, 10:20
Google memperkenalkan sistem age-ratings atau peringkat berdasarkan usia terbarunya berbasis negara atau lokasi pemilik akun. Perusahaan juga mengungkapkan proses moderasi atau penyetujuan aplikasi yang sekarang melibatkan manusia.

Seperti yang kita ketahui, Google Play adalah portal konten yang digunakan dan diakses oleh banyak orang dari berbagai kalangan dan umur. Di dalam Google PlayStore terdapat banyak aplikasi bagus namun ada juga aplikasi yang tidak terlalu berguna.

Ternyata Google Play menerima keluhan, umumnya datang dari para orangtua tentang tidak adanya sistem rating usia yang ketat sehingga aplikasi yang ada di PlayStore bebas diakses segala umur meskipun aplikasi tersebut ditujukan untuk dewasa. Maka dari itu, Big G memperkenalkan sistem terbarunya yaitu age-ratings atau peringkat berdasarkan usia berbasis negara atau lokasi pemilik akun. Perusahaan juga mengungkapkan proses moderasi atau penyetujuan aplikasi yang sekarang melibatkan manusia.

Sampai beberapa bulan lalu, persetujuan PlayStore merupakan sistem otomatis, namun sekarang Google telah menambahkan tim ahli demi membantu menyingkirkan aplikasi yang melanggar kebijakan dan syarat bagi pengembang. Dengan diperkenalkannya tim ahli yang terdiri dari manusia (bukan sistem otomatis lagi) diharapkan bisa mencegah dan menghalangi aplikasi bermasalah sampai ke pengguna PlayStore.

Dilansir dari Redmond Pie, sekarang ketika kamu mengecek aplikasi atau games, ratingnya berbasis pada standar tertentu di wilayahmu. Di Amerika Serikat disebut ESRB, di Eropa disebut PEGI. Hal ini tentu memudahkan orangtua menentukan mana aplikasi yang sesuai untuk anak mereka. Setiap daerah yang tidak tergabung di ESRB dan PEGI akan diberi rating generik berdasarkan informasi dari developer.

Bagi developer yang aplikasinya sudah beredar, diharuskan mengisi kuesioner singkat yang dapat ditemukan di Android Developer Console. Google memudahkan para developer untuk membuat aplikasi tanpa memaksa mereka melalui banyak rintangan.

Artikel Menarik Lainnya:

undefined
Kembali Keatas