Ngakak tapi Bahaya! Ini yang Terjadi Jika Sering Main Smartphone Sambil Berjalan

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 06 July 2017, 15:45
Hasil studi dari Anglia Ruskin University di Inggris menyebutkan bahwa kebiasaan manusia memainkan smartphone, entah itu chatting atau browsing, dapat menyebabkan berubahnya gaya berjalan. Sayangnya, perubahan tersebut menjadikan gaya berja

Smartphone kini sudah bisa dikatakan sebagai suatu kebutuhan primer bagi sebagian besar orang. Sehari saja tak 'bertemu' smartphone sendiri, rasanya seperti menjadi sebuah kehilangan besar bagi si empunya smartphone. Bahkan untuk yang tergolong pengguna ekstrem, menggunakan smartphone dapat dilakukan tanpa kenal waktu dan tempat, termasuk ketika sedang berjalan.

Menggunakan smartphone kala berjalan kaki tentunya memiliki risiko yang dapat mengancam keselamatan si pengguna. Berbagai hal tak diinginkan dapat saja terjadi misalnya tersandung batu, menabrak orang lain, hingga kecelakaan di jalan raya. Di luar hal-hal tersebut, ternyata juga ada dampak buruk bagi kesehatan.

BACA JUGA
  • NGERI! Ini 5 Bahaya Kecanduan Akut Pada Video Game
  • 4 Aplikasi Canggih Ini Dijamin Bisa Menyembuhkan Kecanduan Pada Smartphone

Ini yang Terjadi Jika Sering Main Smartphone Sambil Berjalan

Sumber foto: Sumber: fortune.com

Dilansir dari CNet, hasil studi dari Anglia Ruskin University di Inggris menyebutkan bahwa kebiasaan manusia memainkan smartphone, entah itu chatting atau browsing, dapat menyebabkan berubahnya gaya berjalan. Sayangnya, perubahan tersebut menjadikan gaya berjalan kita aneh dan tidak wajar.

Salah satu dosen universitas tersebut, Dr. Matthew Timmis menyebut kecenderungan orang yang bermain smartphone ketika berjalan. Karena memiliki keterbatasan secara visual (akibat mata yang sedang terfokus pada layar), seseorang akan berjalan cenderung lambat dan langkah cenderung tinggi. Hal itu disebabkan hasil adaptasi di mana tingkat kewaspadaan akan bahaya yang ada di jalan bertambah seiring berkurangnya sisi visual akibat mata yang terfokus pada smartphone.

Jika semakin parah, gaya berjalan seseorang bisa menjadi sangat aneh. Hingga muncul istilah Smombies atau smartphone zombies yang merujuk pada orang-orang dengan gaya jalan yang aneh layaknya zombie akibat terlalu sering menggunakan smartphone sambil berjalan. Uniknya, beberapa negara seperti Belgia, Tiongkok, Thailand, hingga Amerika Serikat kini membuat jalur khusus bagi pejalan kaki dengan smartphone.

Untuk memberi gambaran, video di bawah ini kira-kira dapat mendeskripsikan seperti apa smombies itu. Gerakan jalan super aneh yang diakibatkan terlalu seringnya menggunakan smartphone sambil berjalan.

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ADVERTISEMENT
ARTIKEL TERKAIT

Masih Kecanduan Pokemon GO? Begini Cara Ampuh Mengatasinya

APPS TERKAIT
Smartphone Flash Tool (All Version) 5.1548
Apps SpflashTool
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
BaBe+ - Berita Indonesia 4.6.4
Apps Mainspring
Kembali Keatas