Lebih Canggih dan Beda Rasa, BBM Kini Punya Chatbot API

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Thursday, 16 March 2017, 14:30
Setelah bekerja keras dalam beberapa bulan terakhir, BBM versi baru resmi hadir untuk seluruh pengguna BBM di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Versi terbaru ini sudah dapat dinikmati di Google Play dan App Store.

Setelah bekerja keras dalam beberapa bulan terakhir, BBM versi terbaru resmi hadir untuk seluruh pengguna BBM di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Versi terbaru ini sudah dapat dinikmati di Google Play dan App Store.

Versi terbaru dan tercanggih ini meliputi beberapa update pada tampilan dan rasa, terutama pada iOS, namun juga untuk Android, chatbot API terbaru, lebih banyak analitik untuk para mitra, pelaporan spam, kemampuan pengguna untuk menambahkan nomor telepon ke profil mereka, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA
  • Cara Mencoba BBM Video Call untuk Android di Indonesia

Layanan Versi Terbaru dari BBM

Rasa dan Tampilan Baru yang lebih Ramping

Versi terbaru ini dilengkapi sejumlah update dan pengembangan untuk meningkatkan pengalaman pengguna iOS, termasuk:

Pengguna iOS dan Android dapat melihat gabungan tampilan grup dan chat beberapa orang, termasuk menu Discover baru pada format daftar sebagai ganti format grid pada ikon. Tata letak (layout) baru akan memudahkan pengguna melihat layanan baru yang diluncurkan, sebagaimana yang sudah kami masukan ke dalam daftar, ungkap Matthew Talbot, CEO BBM.

Khusus untuk pengguna Android, foto profil yang diperbarui pengguna akan muncul dalam bentuk full image untuk di Feeds, sehingga orang-orang dapat melihat gambar tanpa perlu memperbesarnya.

Chatbot API

Kami senang dapat mengatakan bahwa versi ini memasukkan chatbot application programming interface (API) yang sangat dinanti-nantikan. Kami akan memberikan pemilik BBM channel kesempatan untuk membawa interactive software chatbot mereka sendiri ke dalam BBM agar dapat bercakap-cakap dengan pelanggan, ujar Matthew Talbot, CEO BBM.

Kemampuan baru ini dibangun pada fitur channel chat. Sebelumnya, pengguna dapat mengobrol dengan pemilik tapi hanya melalui telepon. Sekarang, program pengganti manusia atau chatbot menjawab pertanyaan dalam chat. Ketika orang-orang berlangganan pada satu channel tertentu, mereka akan melihat perwakilannya seperti screenshot di sini.

Kami yakin bahwa chatbot akan menjadi cerita besar pada 2017. Jika Anda merupakan salah satu pemilik channel, sekarang waktunya untuk mengikuti tren teknologi menyenangkan ini, ujar Matthew.

Analitik untuk Para Mitra

BBM mengintegrasi metode pengukuran (metriks) yang telah ditingkatkan melalui Google Analytics. Hal ini memungkinkan para pengguna dan mitra BBM dapat memperluas pengukuran engagement. Para mitra dapat dengan mudah melacak dan melihat traffic mereka, termasuk jumlah unique users, returning users, berapa lama orang menggunakan aplikasi mereka, dan lain sebagainya.

Pelaporan Spam

Sekarang pengguna bisa melaporkan permintaan pertemanan yang tidak diinginkan sebagai spam di BBM.

Kami menerima laporan dari beberapa pengguna bahwa mereka mendapatkan permintaan pertemanan yang tidak diinginkan di aplikasi BBM mereka. Sekarang ada cara mudah untuk melaporkan hal tersebut, ungkap Mathew.

Menambahkan Nomor Telepon

Pada Juli lalu, BBM menambahkan fitur registrasi nomor telepon yang memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan akun BBM baru hanya dengan menggunakan nomor telepon sebagai ganti alamat e-mail sebagai kontak utamanya. Sekarang BBM sudah mengembangkan hal itu sehingga pengguna yang sudah memiliki aplikasi BBM yang awalnya mengatur akun BBM-nya dengan alamat e-mail, sekarang dapat menambahkan nomor telepon ke profil mereka.

Menambahkan nomor telepon berarti meningkatkan keamanan dan mempercepat proses untuk membuat ulang password yang dilupakan. Hal ini juga membuat pengguna lebih mudah untuk mencari teman. Jika pengguna menambahkan nomor telepon ke profil, mereka akan tetap bisa masuk menggunakan e-mail atau nomor telepon sendiri.

Semua fitur baru ini melengkapi banyak fitur lain yang sudah kami luncurkan dalam beberapa tahun belakangan ini dalam upaya kami untuk membuat BBM menjadi pusat kehidupan digital pengguna. Dan kami punya lebih banyak lagi yang masih dalam proses pengerjaan, tutup Matthew

Jadi, sudah siap update BBM di smartphonemu untuk rasa yang beda dan pastinya lebih canggih?

BlackBerry Messenger
Apps Social & Messaging BlackBerry
DOWNLOAD

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
BBM Beta with Video Call 2.13.1.13
Apps Begal Developers
Profile w/o cropping for BBM 4.5.9
Apps Amalgam Apps
Blackberry Launcher 1.0.0.3861_V4
Apps Xaiux
BlackBerry Blend 1.2.0.52
Apps Blackberry
Kembali Keatas