Akhirnya Google Kalahkan Apple di Tahun 2016, Tapi...

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 17 January 2017, 15:30
Google boleh berbangga hati karena jumlah aplikasi dan jumlah download aplikasi di Play Store naik tajam. Namun, bagaimana soal pendapatan jika dibandingkan App Store milik Apple?

Google boleh berbangga hati karena jumlah aplikasi dan jumlah download aplikasi mereka di Play Store naik sangat tajam. Namun, bagaimana soal pendapatan jika dibandingkan App Store milik Apple?

Perusahaan analitik SensorTower baru saja merilis laporan terbaru mereka mengenai pendapatan aplikasi (di luar game) di toko aplikasi App Store dan Play Store. Baik Google dan Apple rupanya meraup keuntungan besar dari toko aplikasinya.

BACA JUGA
  • Gaji Bos Apple Dipotong 21 Miliar! Kok Bisa?

Akhirnya Google Kalahkan Apple, Tapi...

Total pendapatan aplikasi dari Apple App Store mencapai US$ 5,4 miliar di Q4 2016. Artinya naik 60% dari US$ 3,4 miliar di periode yang sama tahun 2015.

Sementara Google Play Store meraih persentase yang lebih besar, yakni 82% dibandingkan tahun lalu dengan total pendapatan US$ 3,3 miliar.

Jika digabungkan perkiraan total masing-masing platform adalah US$8,7 miliar, naik 67% dari tahun ke tahun.

Sedangkan total aplikasi yang diinstal di Q4 2016 diperkirakan mencapai 19,2 miliar, naik 17% dari periode yang sama di tahun 2015 lalu.

Laporan ini khusus aplikasi dan di luar games, dan pemegang rekor untuk pendapatan dari gabungan kedua platform di Q2 adalah LINE, diikuti Netflix dan Tinder. Tapi, secara keseluruhan untuk 2016, Spotify memimpin di atas LINE dan Netflix.

Semoga saja tahun ini semakin banyak aplikasi berkualitas yang bermunculan, baik di Android maupun iOS. Bagaimana pendapat kamu?

ADVERTISEMENT

Baca juga artikel seputar Google Play Store atau artikel dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

Siap Saingi iPhone, Pencipta Android Siapkan Smartphone Baru?

Gionee Steel 2, Smartphone Harga Rp 2 Jutaan, Baterai 4.000 mAh, RAM 3 GB

Canggih! Produk Masa Depan Telah Diluncurkan Oleh TP-Link

APPS TERKAIT
Klakson Telolet 4.4
Apps KMB Technologies
Disney GIF 1.0.9
Apps Disney
UseeTV 4.4.4
Apps PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
Bersosial 5.0.1
Apps DanPros
Kembali Keatas