Hebat! Peneliti Kembangkan Organ Buatan dengan Printer 3D

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 01 Desember 2016, 17:30
Peneliti sedang mengembangkan cara untuk mengatasi pasien donor organ. Mereka menemukan cara membuat organ pasien dengan menggunakan jaringan tubuh melalui printer 3D.

Teknologi printer 3D makin lama makin berkembang. Tidak hanya untuk membuat hal yang biasa saja, teknologi ini bisa digunakan untuk menyelamatkan umat manusia. Kali ini peneliti sedang mengembangkan teknologi printer 3D untuk dunia kesehatan.

Bioprinting adalah cara untuk membuat organ tubuh manusia melalui teknologi printer 3D. Tidak banyak lembaga penelitian yang memfokuskan dirinya dalam pengembangan bioprinting. Namun, Queensland University of Technology malah melakukan hal sebaliknya.

BACA JUGA
  • 5 Aplikasi Informasi Kesehatan Android Terbaik untuk Hidup Lebih Sehat
  • 10 Bahaya WiFi untuk Kesehatan Manusia, Termasuk Merusak SPERMA!
  • Cek Kesehatan Mata Kamu dengan Aplikasi Kuku KUBE

Peneliti Kembangkan Organ Buatan dengan Printer 3D

Sumber foto: Foto: Futurism.com

Dilansir dari Futurism, Queensland University of Technology bekerja sama dengan Metro North Hospital and Health Service mengumumkan sebuah teknologi mutakhir dalam dunia kesehatan. Mereka akan membangun sebuah lembaga penelitian yang akan memindai, membuat model dan organ tubuh pasien dengan printer 3D.

Menteri Kesehatan Australia, Cameron Dick merasa optimis dengan dikembangkan lembaga penelitian ini.

Bersama dengan berbagai ahli dari bidang kedokteran, ilmu pengetahuan, dan teknik, hal ini akan memberikan hasil terbaik bagi pasien. Lembaga ini akan dibuka pada 2017, dan akan menjadi batu loncatan bagi Queensland sebagai pemimpin dalam inovasi medis dan teknologi kesehatan, tambah Cameron.

Sumber foto: Foto: Nature.com

Tujuan akhir dari lembaga penelitian ini adalah untuk membuat organ tubuh manusia melalui printer 3D. Organ ini akan dibentuk dari jaringan tubuh pasien sehingga tidak akan ditolak oleh tubuh pasien. Hal ini juga akan membantu banyak pasien yang saat ini membutuhkan donor organ.

Nah, hebat juga ya penemuan printer 3D yang bisa membuat organ tubuh untuk pasien. Bagaimana menurut kamu? Sepertinya sangat membantu dalam dunia kesehatan dunia ya. Jangan lupa sampaikan pendapat kamu di kolom komentar.

ADVERTISEMENT
ARTIKEL TERKAIT

Modal 500 Ribu, Laptop Biasa Kamu Bisa Jadi Laptop Gaming! Mau?

Samsung Sulap Galaxy Note 5 Jadi Galaxy Note 7! Meledak Nggak Ya?

10 Format Video Paling Populer & Terbaik di Dunia, Mana Favoritmu?

Meski Cantik dan Ganteng, 4 Orang Ini Malah Lebih Banyak Apes!

Bangun Research and Development Center, Apple Boyong iPhone 6 dan 7 Ke Indonesia

APPS TERKAIT
Berita Kesehatan & Gaya Hidup 1.0
Apps Aplikasi-Android
Fooducate Healthy Weight Loss
Apps Fooducate, Ltd.
Healthy Food 1.7.b9
Apps OAJOO
iCare Health Monitor 3.2.7
Apps iCare Fit Studio
undefined
Kembali Keatas