Dalam 36 Jam, Pelajar ini Berhasil Atasi Berita Palsu di Facebook

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 22 November 2016, 12:30
Untuk membantu memerangi penyebaran konten berita palsu di Facebook, beberapa pelajar salah satu universitas di Amerika Serikat membuat sebuah sistem cukup menarik.

Beberapa waktu lalu Mark Zuckerberg membuat penyataan kalau kemenangan Donald Trump sebagai presiden Amerika tidak dibantu oleh media sosial, Facebook, miliknya.

Saat pemilu AS terjadi, Facebook diduga mempublikasikan beragam konten negatif untuk menyerang kubu Hillary Clinton dan menguntungkan kubu Donald Trump.

Akibat banyaknya konten berita palsu tersebar di Facebook, akhirnya Zuckerberg membuat sebuah Artificial Intellegent (AI) untuk menyaring konten-konten tersebut.

BACA JUGA
  • Meski Snapchat Populer, Facebook Masih Lebih Disukai Remaja
  • Zuckerberg: Facebook Pasti Perangi Konten Palsu
  • Dari ke 9 Tipe Pengguna Facebook Ini, Kamu Termasuk yang Mana?

Pelajar ini Bantu Perangi Konten Berita Palsu di Facbook

Foto: FiB

Untuk membantu memerangi penyebaran konten berita palsu di Facebook, beberapa pelajar salah satu universitas di Amerika Serikat membuat sebuah sistem cukup menarik.

Anant Goel, Nabinta De, Qinglin Chen, dan Mark Craft, merupakan ketiga pelajar yang membuat sebuah sistem untuk Chrome Extension bernama FiB. FiB bisa mendeteksi sebuah berita asli atau tidak di luar sana dari beberapa faktor.

Faktor tersebut mulai dari sumber berita dan referensi silang antara isi dengan sumber berita lainnya. Jika sumber tersebut gagal saat tes FiB, pengguna akan diarahkan untuk membaca dari sumber yang lebih kredibel (jika ada).

Tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa langsung memasang Chrome Extension FiB di link berikut: FiB

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Paket Internet Unlimited Semua Operator Terbaru dan Terlengkap 2023

APPS TERKAIT
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Clash of Clans 13.0.31
Games Supercell
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Kembali Keatas