Hati-Hati! Sauron Siap Memata-matai dan Menjual Data di Komputer Kamu!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Saturday, 13 August 2016, 10:30
Apakah kamu yakin komputer kamu aman? Pasalnya sekarang ada ancaman spyware yang akan memata-matai dan menjual informasi yang ada di komputer kamu.

Sejak ada komputer, kita tak perlu repot-repot menyimpan dokumen dalam bentuk fisik. Tak sedikit di antara kita sekarang sudah mulai menggunakan data digital di komputer untuk keperluan sehari-hari. Bahkan tak jarang data pribadi pun disimpan di komputer.

Tapi apakah komputer kamu aman? Pasalnya sekarang tengah gencar ancaman spyware yang akan memata-matai komputer kamu dan menjual informasi yang ada di dalamnya.

BACA JUGA
  • Begini Cara Menghilangkan Virus di Laptop & PC dengan Mudah, Ampuh 100%!

Spyware "Sauron"

Jika kamu penggemar trilogi Lord of The Rings, pasti sudah tidak asing dengan nama Sauron. Dia adalah tokoh jahat utama yang memusuhi bangsa Elf dan manusia. Nah, baru-baru ini Symantec menemukan laporan tentang keberadaan spyware yang mengandung nama Sauron. Licik, kejam dan kuat.

Dari hasil penelusuran Symantec, spyware ini memiliki nama asli Ramsec yang berasal dari kelompok peretas Strider. Kabarnya, Strider adalah kelompok peretas yang memata-matai target di Belgia, China, Rusia, dan Swedia. Nantinya data dari hasil mata-mata ini akan diperjualbelikan ke badan intelijen negara tertentu. Seram ya?

Sejauh ini Strider hanya menyerang badan atau organisasi khusus. Tapi bukan tidak mungkin jika kamu iseng-iseng menggunakan IP negara tadi, kamu bisa saja terjebak dan tersisipi Sauron.

Meski tidak ditemukan ancaman untuk penyanderaan data (ransomware) atau virus berbahaya, tapi kamu nggak mau kan jika informasi yang ada di komputer kamu dimata-matai? Solusinya, jangan pernah pindah IP ke empat negara yang menjadi target Sauron dari Strider ya!

ARTIKEL TERKAIT

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

APPS TERKAIT
CM Security AppLock Antivirus 3.1.9
Apps Cheetah Mobile
Clean Master (Boost & AppLock)
Apps Cheetah Mobile Inc
CM Browser - Fast & Secure 5.20.02
Apps Cheetah Mobile Inc
Ghost Push Trojan Killer 1.0.1
Apps Cheetah Mobile Inc
Kembali Keatas