Bagaimana Cara Servis Rutin Motor Listrik? Ini Komponen yang Harus Diperhatikan!

Ditulis oleh Bayu Setiawan - Monday, 06 November 2023, 19:30
Motor listrik juga sama seperti motor bensin yang harus mendapat perawatan rutin biar kinerjanya prima. Simak cara servis rutin motor listrik berikut ini!

Punya motor listrik bukan berarti kamu harus abai dengan perawatannya. Sama seperti motor berbasis bensin, kamu juga harus melakukan servis rutin motor listrik untuk menjaga performa dan umurnya.

Mengutip dari beberapa sumber terpercaya, setidaknya ada 4 komponen wajib di motor listrik yang harus mendapatkan perawatan setidaknya tiap penggunaan dengan interval jarak 500 km hingga 1.000 km. Apa saja komponen itu?

Nah, supaya lebih jelas, kamu bisa simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini. Baca baik-baik agar bisa diterapin, ya!

1. Baterai

Sebagai komponen krusial dalam motor listrik, baterai memerlukan perhatian khusus agar kinerjanya tetap optimal. Selain merupakan komponen dengan harga yang paling mahal, bateri motor listrik juga memiliki umur tersendiri.

Begini cara memeriksanya agar awet:

2. Dinamo

Dinamo atau motor listrik merupakan jantung dari sistem motor listrik. Pasalnya, komponen ini bertanggung jawab atas konversi energi listrik menjadi energi mekanis.

Untuk memastikan performanya tetap optimal, simak langkah berikut.

3. Controller

Sebagai otak dari motor listrik, controller memiliki peran penting dalam mengatur dan mengendalikan aliran listrik ke dinamo. Untuk menjaga kinerja motor listrik yang baik, lakukan pemeriksaan ini:

4. Connector

Konektor atau penghubung memainkan peran vital dalam menjaga koneksi yang baik antara komponen motor listrik. Untuk menghindari masalah koneksi yang bisa mempengaruhi performa motor, simak cara merawatnya:

Akhir Kata

Sekarang sudah tahu, kan, komponen yang wajib dibersihkan di motor listrik? Jadi, jangan sampai kendaraanmu rusak karena nggak tahu info ini.

Tapi tentu saja, cara melakukannya tidak akan seribet motor bensin. Cukup periksa semua komponen di atas, performa motor listrikmu dijamin terjaga. Semoga membantu!

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar Otomotif, NFT Games, Apps, atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT

18 Game Balapan Mobil Terbaik 2022 untuk Semua Platform, Realistis Abis!

Kembali Keatas