7 Kelebihan Motor Listrik yang Bikin Kamu Untung & Nyaman saat Berkendara

Ditulis oleh Bayu Setiawan - Monday, 16 October 2023, 21:30
Tak cuma ramah lingkungan dan hemat biaya perawatan, kelebihan motor listrik bisa bertahan dalam jangka panjang! Simak keuntungan lainnya di sini!

Kelebihan motor listrik dapat diandalkan sebagai kendaraan yang dapat membantu mobilitas harianmu. Selain ramah lingkungan, tentunya motor jenis ini hadir dengan performa canggih dan tampilan futuristis.

Alasan utamanya adalah kendaraan listrik lebih hemat biaya jangka panjang dan minim perawatan. Berbagai merek motor listrik dengan beragam pilihan model pun hadir untuk memenuhi kebutuhan para konsumen.

Ingin meninggalkan motor konvensional dan beralih ke jenis yang lebih ramah lingkungan ini? Simak dulu kelebihan dan kekurangan motor listrik yang wajib diketahui agar kamu semakin yakin untuk membelinya!

Tentang Motor Listrik

Sumber foto: Gogoro - Kelebihan Motor Listrik

Motor listrik adalah kendaraan roda dua yang menggunakan mesin pengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Kendaraan ini dinilai ramah lingkungan karena menggunakan energi listrik sebagai pengganti BBM.

Banyak melakukan inovasi, para pabrikan pun menciptakan jenis baterai sebagai sumber energi yang dapat menunjang jarak tempuh kendaraan ini. Rata-rata, sebuah motor listrik bisa mencapai jarak tempuh 55-100 km dalam satu kali pengisian daya.

Sepeda motor listrik memiliki sejumlah kelebihan yang menarik, seperti efisiensi tinggi, akselerasi spontan, suara mesin lebih halus, serta perawatan mudah dan terjangkau. Motor jenis ini tentunya juga tidak menyebabkan pencemaran udara.

Saat ini, sudah banyak merek sepeda motor listrik dengan model beragam yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan selera. Mulai dari motor listrik Jepang hingga Eropa, kamu dapat menemukan dan membelinya bahkan di pasar otomotif nasional.

ADVERTISEMENT

Kelebihan Motor Listrik

Sumber foto: United - Kelebihan Motor Listrik

Kelebihan motor listrik dibanding motor konvensional tentunya menjadi hal yang menarik. Selain memiliki teknologi lebih maju, motor jenis ini unggul dalam jangka panjang. Berbagai teknologi dan fitur canggihnya membuat motor listrik nyaris unggul dalam setiap aspek.

Penasaran dengan kelebihan apa saja yang dibawa oleh motor listrik? Simak beberapa poin yang Jaka sajikan di bawah ini.

1. Ramah Lingkungan

Motor listrik disebut sebagai kendaraan ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan emisi yang dapat mempengaruhi polusi udara di sekitarnya. Kendaraan ini memiliki mekanisme laju yang diproses menggunakan daya listrik.

Berkat teknologi penggerak tersebut, motor jenis ini tidak akan menghasilkan residu emisi Co2 dan Co. Motor listrik pun menjadi solusi pilihan kendaraan untuk daerah perkotaan yang sudah terpapar polusi udara tinggi.

2. Perawatan Mudah & Hemat

Mengingat motor listrik tidak menggunakan mesin seperti motor konvensional, maka perawatan yang diperlukan pun akan lebih sedikit. Hal ini dikarenakan motor listrik tidak memiliki sistem pembuangan.

Biaya yang dikeluarkan untuk pengisian daya motor listrik juga lebih murah dibandingkan dengan pengisian bahan bakar di jenis konvensional. Selain itu, motor listrik juga tidak perlu mengganti oli.

3. Suara Mesin Halus

Digerakkan oleh listrik, maka suara mesin yang dihasilkan motor ini jadi lebih senyap atau tidak bising. Hal ini membuat kamu lebih nyaman dan fokus saat di jalan, sehingga menambah pengalaman berkendara terbaik.

Pada kondisi tertentu, keuntungan ini cukup berguna bagi pengendara. Misalnya, saat melewati gang perumahan sempit, kamu tidak perlu mematikan mesin motor karena takut mengganggu kenyamanan orang di sekitar.

4. Bebas Pajak & Ganjil-Genap

Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah, motor listrik termasuk ke dalam lima jenis kendaraan yang dikecualikan dari Objek PKB dan BBNKB.

Selain itu, berdasarkan Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap, kendaraan listrik dikecualikan dari peraturan ganjil-genap di Jakarta. Jadi, kamu tidak perlu khawatir saat berada di jalan perkotaan seperti Jakarta.

5. Akselerasi Lebih Optimal

Dalam beberapa poin, motor listrik memiliki akselerasi yang lebih baik dari motor konvensional. Motor listrik bisa memberikan torsi penuh secara langsung, sehingga bisa menyaingi motor berbahan bakar minyak.

Jadi, kamu tak perlu menunggu pada putaran mesin tertentu agar motor langsung melaju sesuai dengan kecepatan yang dihendaki. Beda dengan motor konvensional yang torsi puncaknya baru tersedia pada putaran mesin tertentu.

6. Pengisian Daya Baterai Praktis

Salah satu kelebihan motor listrik paling berbeda dibandingkan motor BBM adalah pengisian bahan bakar menggunakan listrik. Dibekali daya penampungan arus listrik, sekali pengisian atau sistem tukar dapat digunakan seharian.

Selain itu, kamu tidak perlu mengantre seperti motor konvensional di pom bensin, karena cukup dengan mengisi bahan baterai di rumah atau fasilitas umum yang tersedia.

7. Biaya Pengeluaran Jangka Panjang Lebih Murah

Biaya yang dikeluarkan untuk motor listrik dalam jangka panjang jauh lebih hemat. Penggunaan baterai sebagai sumber tenaga dibanding BBM menjadi faktor utamanya.

Komponen Utama Motor Listrik

Sumber foto: Cycle World - Kelebihan Motor Listrik

Cara kerja motor listrik pada dasarnya sama dengan cara kerja sepeda motor bertenaga bensin. Perbedaan utamanya adalah bahan bakar bensin di motor konvensional diganti dengan baterai atau fuel cell dalam bentuk listrik.

Guna mendukung cara kerja tersebut, sepeda motor listrik memiliki tiga komponen utama yang di antaranya sebagai berikut:

1. Dinamo

Fungsi dinamo secara umum mirip dengan piston pada motor konvensional berbahan bakar minyak. Hasil pembakaran pada motor BBM akan menggerakkan piston secara perlahan-lahan yang memicu pergerakan.

Sementara sifat dinamo pada motor listrik selalu memberikan torsi tertinggi begitu panel gas diputar. Jadi, pengguna motor listrik harus lebih berhati-hati soal yang satu ini.

2. Baterai

Pada motor listrik, penggunaan istilah bahan bakar disebut dengan daya listrik. Daya listrik didapatkan dari baterai yang dipasok ke dinamo dan akhirnya menggerakkan sepeda motor.

Pada kualitas standar, umur baterai motor listrik bisa mencapai lebih dari 10 tahun. Namun, semakin sering digunakan akan mengurangi efektivitasnya. Jadi, penggunaan secara wajar bisa membantumu mendapatkan manfaat baterai secara maksimal.

3. Charger

Charger atau alat pengisi baterai motor listrik bisa dibeli secara bebas. Penggunaannya fleksibel dan semudah menghubungkannya dengan aliran listrik di rumah dengan daya atau tegangan yang juga wajib kamu sesuaikan.

Selain mengisi ulang sendiri di rumah, ada juga beberapa tempat yang menyediakan isi ulang baterai motor listrik untuk umum. Misalnya di mal, pom bensin, tempat pembelanjaan, dan lain-lain dengan mengenakan biaya tertentu.

Rekomendasi Motor Listrik Murah Terbaik

Sumber foto: Oyika - Kelebihan Motor Listrik

Motor listrik murah bisa menjadi alternatif kendaraan ramah lingkungan yang lebih terjangkau dan fleksibel dibanding mobil listrik. Terlebih, saat ini pasar sepeda motor listrik di Tanah Air semakin diramaikan dengan pilihan yang semakin beragam.

Imej kendaraan listrik yang lekat dengan harga mahal pun kini sudah tidak berlaku lagi, karena setiap pabrikan telah berlomba untuk menarik minat konsumen dengan menawarkan harga terbaik mereka.

Setelah mengetahui berbagai kelebihan motor listrik dan kekurangan motor ac, tentu kalian mulai berpikir untuk beralih dari motor konvensional. Buat kamu yang ingin mencari rekomendasi motor listrik murah terbaik, silakan kunjungi artikel Jaka lainnya di bawah ini, salah satunya membahas kekurangan motor listrik uwinfly t3

12 Motor Listrik Murah Terbaik 2022 yang Dijual di Indonesia, Harga Mulai 8 Jutaan!
Ingin beralih ke kendaraan ramah lingkungan yang dibanderol terjangkau? Berikut rekomendasi daftar motor listrik murah terbaik 2024 yang canggih!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah sejumlah kelebihan motor listrik yang tentu bisa menjadi pertimbangan kamu untuk segera beralih dari motor konvensional. Selain menawarkan efisiensi lebih baik, motor jenis ini punya banyak dampak positif.

Secara umum, berbagai keunggulan motor elektrik sebenarnya tidak jauh berbeda dari kelebihan mobil listrik. Hanya saja, harga motor listrik masih jauh lebih terjangkau untuk bisa dimiliki oleh banyak kalangan, salah satunya motor listrik Honda dan harga baterai motor listrik.

Baca juga artikel Mobil Tesla Termurah, Motor Listrik Murah Terbaik, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT

Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!

Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!

7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!

Kembali Keatas