Mengenal Hyundai IONIQ, Pionir Mobil Listrik Futuristik di Indonesia

Ditulis oleh Bayu Setiawan - Tuesday, 06 September 2022, 21:30
Jadi salah satu pionir mobil listrik di Indonesia, simak sejarah dan fakta menarik Hyundai IONIQ di sini!

Hyundai IONIQ adalah salah satu mobil listrik yang eksistensinya di Indonesia tidak perlu diragukan lagi. IONIQ juga menjadi pembuka jalan Hyundai dalam memasarkan mobil listrik andalannya di Tanah Air, geng.

Bagi industri otomotif nasional, nama Hyundai IONIQ sudah menjadi tonggak sejarah perkembangan kendaraan listrik di Indonesia. Resmi dipasarkan di dalam negeri sejak November 2020, mobil listrik satu ini bahkan sudah menjadi kendaraan dinas para pejabat serta digunakan sebagai armada taksi online.

Meski namanya sudah sangat populer, ternyata belum banyak orang mengetahui sejarah Hyundai IONIQ series. Buat kalian yang juga penasaran dengan perjalanan mobil listrik ini, simak artikel Jaka berikut, ya!

Sejarah Mobil Listrik Hyundai IONIQ

Sumber foto: Hyundai - Hyundai IONIQ

Hyundai IONIQ lahir dan memulai debutnya di Korea Selatan pada Januari 2016. Sejak awal kemunculannya, Hyundai memang merancang IONIQ sebagai mobil ramah lingkungan.

Lewat tiga variannya, yakni hybrid, plug-in hybrid, dan listrik murni, IONIQ cukup sukses di pasar global. Hyundai IONIQ Electric menjadi varian favorit banyak orang, karena sepenuhnya menggunakan tenaga listrik sebagai penggerak.

Tahun 2019, Hyundai melakukan penyegaran pada IONIQ untuk mendorong penjualan. Beberapa ubahan, mulai dari tampilan luar, dalam, hingga penambahan kapasitas baterai pun diberikan.

Pada tahun yang sama, Hyundai IONIQ hybrid dan elektrik mulai eksis di Indonesia. Mobil listrik ini menjadi bagian dari armada Grab sebagai salah satu bukti keseriusan pemerintah mendorong percepatan mobil listrik di Tanah Air.

ADVERTISEMENT

Satu tahun berselang, Hyundai Indonesia mulai menjual mobil listrik ini. Berasama model Kona Electric, IONIQ sukses diterima dengan baik di Indonesia dengan penjualan cukup konsisten.

Transformasi Hyundai IONIQ

Sumber foto: Motor1 - Hyundai IONIQ

Awal tahun 2021, pabrikan asal Korea Selatan itu meluncurkan Hyundai IONIQ 5 yang tampil dengan desain yang lebih futuristik. Mobil ini terasa lebih spesial karena produksinya ternyata dilakukan di Indonesia.

Baik dari luar maupun dalam, IONIQ 5 terlihat sangat futuristik. Berbeda dengan mobil-mobil kekinian yang sporty dan modern, mobil ini justru seperti mobil yang datang dari masa depan karena desain Parametric Pixel-nya.

Alhasil, penampilan super futuristik tersebut berhasil menarik perhatian banyak orang. Mobil ini mampu menempuh jarak maksimum dalam kondisi baterai penuh sejauh 384 km.

Di pasar Indonesia, Hyundai IONIQ 5 mendapatkan respons yang sangat positif pada saat dipamerkan pertama kalinya secara publik di Indonesia International Motor Show atau IIMS Hybrid 2022.

Sayangnya, pada bulan lalu IONIQ 5 mengalami kegagalan pada sistem perangkat software yang memaksa ratusan unit mobil ini harus ditarik dari pasar. Langkah ini diambil demi mencegah insiden yang terjadi karena masalah teknis tersebut.

Kesalahan sistem ini berpotensi membuat mobil bisa bergerak sendiri meski dalam keadaan terparkir. Berdasarkan informasi resmi Hyundai, perangkat shift control unit (SCU) membuat mobil bisa bergerak meski tuas transmisi berada di posisi parkir.

Hyundai IONIQ 5 sendiri menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai yang berlokasi di Deltamas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat. Mobil ini dijual mulai Rp718-Rp829 juta berstatus on-the road Jakarta.

Fakta Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5

Sumber foto: Hyundai - Hyundai IONIQ

IONIQ 5 menjadi salah satu model mobil listrik Hyundai yang paling fenomenal. Sejak kemunculannya, mobil listrik ini langsung mencuri perhatian yang membuat banyak orang harus rela menunggu lama untuk bisa mendapatkannya.

Penasaran beberapa fakta menarik lainnya dari Hyundai IONIQ 5? Simak rangkumannya berikut ini.

Harga Mobil Listrik Hyundai IONIQ Baru & Bekas 2022

Sumber foto: IST - Harga Hyundai IONIQ

Sayangnya, pada bulan Juni lalu, Hyundai secara resmi mengumumkan penghentian produksi mobil Hyundai IONIQ series per bulan Juli 2022 lalu.

Meski demikian, kamu masih bisa menemukan mobil Hyundai IONIQ dalam kondisi baru yang tahun produksinya sebelum Juli 2022. Adapun untuk harganya, Hyundai IONIQ tipe Signature dijual sebesar Rp723 juta. Sedangkan untuk tipe Prime, harganya lebih murah yaitu Rp627 juta.

Kamu juga bisa mencari pihak-pihak yang menjual mobil ini dalam kondisi bekas, lho. Tentu saja, harganya juga lebih terjangkau. Namun kamu harus perhatikan kondisi kesehatan mesinnya, ya.

Berdasarkan sejumlah platform jual beli beli bekas, harga IONIQ second tahun produksi 2020 kebanyakan dimulai pada angka Rp550 jutaan. Sedangkan untuk tahun produksi 2021, kondisi bekasnya dijual pada kisaran harga Rp590 jutaan. Tertarik?

Rekomendasi Mobil Listrik Hyundai di Indonesia

Sumber foto: 100KPJ - Hyundai IONIQ

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) kini menjadi salah satu pabrikan otomotif yang paling gencar menghadirkan kendaraan listrik di Tanah Air. Mereka pun telah merilis beberapa tipe yang sudah bisa kamu beli.

Tentunya, mobil keluaran Hyundai bisa kamu jadikan pilihan jika memang ingin memiliki kendaraan listrik pertama. Faktor harga mobil listrik Hyundai bekas maupun baru yang terbilang paling murah dibanding buatan pabrikan lain bisa menjadi pertimbangan.

Apa saja mobil listrik Hyundai yang sudah dijual di pasar Indonesia? Kamu bisa mendapatkan informasi tersebut lewat artikel Jaka lainnya di bawah ini.

Rekomendasi Mobil Listrik Hyundai yang Rilis di Indonesia, Termurah di Kelasnya!
Mau beli mobil listrik dari pabrikan Hyundai? Tenang, Jaka punya review dan harganya buat kamu. Yuk, cek ulasan mobil listrik Hyundai di artikel ini!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah gambaran Hyundai IONIQ yang sudah menjadi tonggak sejarah dimulainya adopsi mobil listrik secara masif di Indonesia. Berhasil memikat banyak orang, model mobil listik ini sayangnya harus berhenti produksi.

Meski begitu, Hyundai tentu akan terus membuat model anyar dari mobil listriknya untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Bagaimana pun, mobil listrik sangat berpotensi untuk menjadi kendaraan masa depan yang harus dimiliki setiap orang.

Baca juga artikel Mobil Tesla Termurah, Motor Listrik Murah Terbaik, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT

Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!

Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!

7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!

Kembali Keatas