8 Game Simulator Terbaik Sepanjang Masa dan Terbaru 2022, Dijamin Bikin Lupa Waktu!

Ditulis oleh Puput Hadiningrat - Wednesday, 24 August 2022, 11:00
Game simulator kian hari semakin banyak diminati karena bisa mewujudkan impian banyak orang. Berikut ini adalah daftar dan rekomendasinya.

Game simulator kian hari semakin banyak diminati. Terlebih, saat ini banyak game simulasi android yang hadir dengan gameplay dan grafis yang sangat baik.

Hadirnya game simulasi seperti Bus Simulator, Goat Simulator, atau The Sims memang menjadi pilihan menarik bagi para pecinta game. Faktanya, game-game itu memang menyuguhkan sensasi berkendara, berkebun atau membangun kota menyerupai dunia nyata.

Nah, di artikel ini Jaka bakal kasih rekomendasi game simulator terbaik sepanjang masa. Buat kamu yang sudah pensaran, simak terus ya!

1. The Sims 4

Game simlator pertama yang bakal Jaka ulas adalah The Sims 4. Game terbaru besutan The Sims Studio dan Maxis ini begitu populer. Saking melejitnya game ini, hampir semua musim dari game itu dimainkan para pemain.

Kaum adam pemain game battle royale yang nggak bermain The Sims bahkan sampai mengetahuinya lantaran ramai dibicarakan orang.

Nggak jauh berbeda dengan gameplay versi sebelumnya, The Sims 4 Apps juga akan mengajak kamu berpetualang bersama Sims. Kamu akan mengurusi hidupnya agar dia bisa bersosialisasi dengan baik.

Menariknya, hanya di The Sims 4 inilah kamu bisa menikmati fitur Sims multitasking. Fitur itu memungkinkan karakter virtual Sims untuk berbicara sambil melakukan tugas lain.

ADVERTISEMENT

Suasana Sims asuhan kamu juga jadi lebih beragam. Ia mulai bisa showing up perasaannya. Jika sedih, dia akan menampakkan perasaan tersebut, dan jika bahagia, ia akan lebih semangat beraktivitas.

Jaka sudah menyiapkan tautan The Sims 4 APK yang bisa kamu download. Tapi, sebelum ke sana, simak informasi soal spesifikasi perangkat yang dibutuhkan untuk mengunduhnya di bawah.

Detail The Sims 4
Dirilis oleh ELECTRONIC ARTS (EA)
Ukuran 6,7MB
OS minimal 4.4 atau lebih
Kategori Simulasi

>>> Download The Sims 4 Terbaru 2022 di Sini <<<

2. Bus Simulator Indonesia

Selain membahagiakan bocah-bocah dengan permintaan Om Telolet Om yang sempat menjadi meme viral, supir bus juga memiliki peran penting untuk mudik Lebaran.

Nah, di game Bus Simulator Indonesia dari developer lokal Maleo, kamu bisa merasakan hal tersebut dengan mengemudikan bus ikonik seperti Agra Mas, geng!

Seperti game simulator terbaik lainnya, game ini memiliki elemen realisme yang sangat tinggi dengan rute dan suasana pinggir jalan yang 100% asli Indonesia.

Selain itu, tersedia banyak MOD Bus Simulator Indonesia yang bisa kamu gunakan untuk membuat pengalaman gaming kamu menjadi semakin heboh. Nggak rugi, deh, buat download Bus Simulator Indonesia ini!

Detail Bus Simulator Indonesia
Developer Maleo
Kategori Adventure
OS Minimal Android 4,2 +
Ukuran 334 MB

<<< Download Bus Simulator Indonesia MOD >>>

3. Goat Simulator

Penasaran bagaimana rasanya menjadi kambing? Rasa penasaran itu sekarang bisa kamu luapkan di game Goat Simulator ini, geng.

Sebagai seekor kambing liar, permainan ini memungkinkan kamu untuk membuat kekacauan seperti menghancurkan jalanan. Dapatkan poin dengan menghancurkan banyak hal dalam game.

Game simulasi dikenal tidak biasa dan menyenangkan untuk dimainkan. Permainan genre seperti ini konsisten menghadirkan gameplay menyenangkan.

Goat Simulator bisa dibilang merupakan salah satu game simulasi paling gila. Game ini bahkan layak masuk ke daftar game terlucu sepanjang masa.

Kamu akan menjadi kambing yang hobi membuat kekacauan di sekitar. Kamu bisa berlari, menendang orang, dan masih banyak lagi.

Semakin banyak kamu dapat menghancurkan sesuatu, semakin banyak pula poin yang didapat dalam permainan. Penggemar game simulasi pasti tertarik mencobanya.

Goat Simulator adalah game yang gratis diunduh dan dimainkan. Namun, level tambahan dapat dibeli dengan uang sungguhan.

Detail Goat Simulator
Developer Coffee Stain Publishing
Kategori Simulation
OS Minimal Bervariasi tergantung perangkat
Ukuran Bervariasi tergantung perangkat
Rating 4.3/5.0 (Google Play Store)

>>>Download Goat Simulator Orisinal di Google Play Store<<<

4. SimCity BuildIt

Ingin mencoba menjadi walikota dan membangun kota impian secara virtual? Semua ide dan imajinasimu tentang hal ini bisa dituangkan dalam game SimCity BuildIt.

SimCity adalah game simulasi yang awalnya dirilis untuk perangkat PC atau laptop. Tapi, game besutan Electronic Arts (EA) ini kemudian hadir untuk Android dan iOS dengan judul SimCity BuildIt.

Tak sedikit yang menyebutnya dengan SimCity Builder. Jadi, jika kamu mendengar orang menyebut nama tersebut, kemungkinan besar maksudnya adalah SimCity BuildIt. Saat mengetik SimCity Builder pun kamu akan diarahkan ke SimCity BuildIt.

Dalam SimCity BuildIt, kamu akan berperan sebagai seorang walikota yang memiliki akses ke semua opsi pengelolaan di kotamu, seperti gedung, jalan, orang, dan sebagainya.

Tujuanmu tidak hanya membangun kota impian, tapi membuat wilayahmu menjadi kota metropolis besar dengan teknologi canggih dan warga yang beradab. Seru banget, kan?

Detail SimCity BuildIt MOD APK
Developer ELECTRONIC ARTS
OS minimal Android 4.1 atau lebih tinggi
Ukuran 234MB
Versi terbaru v1.42.5.105730

>>> Download SimCity BuildIt MOD APK Terbaru <<<

5. Euro Truck Simulator 2

Euro Truck Simulator 2 adalah sebuah game bergenre open world yang dikembangkan oleh SCS Software dan awalnya dikembangkan untuk platform laptop dan PC, geng.

Namun, game simulasi ini sekarang telah tersedia untuk gawai Android seiring dengan popularitasnya yang kian menanjak dan penggemarnya yang semakin banyak.

Pada dasarnya, dalam game Euro Truck Simulator 2 kamu akan menjadi seorang pengemudi truk dengan misi tertentu dan harus tetap memberikan pengalaman berkendara seperti di jalanan asli.

Walaupun hanya permainan semata, kamu tetap harus patuh dengan aturan lalu lintas yang berlaku jika tidak ingin kena sanksi atau ditilang.

Selain itu, seluruh kendaraan yang ada dalam game tersebut juga dibuat sangat detail dan mirip dengan kendaraan aslinya; Begitupun jalanan yang kamu lalui.

Detail Euro Truck Simulator 2
Developer SCS Software
OS minimal Android 4.1 atau lebih tinggi
Ukuran Bergantung Perangkat
Versi terbaru v2.3.0

>>> Download Euro Truck Simulator 2 <<<

6. Stardew Valley

Stardew Valley APK adalah game simulasi peternakan di mana kamu akan mengelola sebuah lahan pertanian lengkap dengan binatang ternak dan hewan peliharaannya.

Memang, Harvest Moon mengambil andil besar dalam memopulerkan game-game bergenre peternakan. Game-game lainnya pun juga lahir berkat kejayaan Harvest Moon. Sebut saja game seperti HayDay dan Farmville yang mungkin juga sempat kamu mainkan.

Beberapa aspek dalam game ini memang terlihat mirip dengan Harvest Moon, ada kegiatan bercocok tanam, eksplorasi, interaksi dengan para penduduk, bahkan sampai mencari jodoh.

Tapi tentu saja, game ini tetap memiliki konten-konten original yang lebih jenius daripada game legendaris tersebut.

Salah satu fitur di Stardew Valley APK yang paling menarik adalah fitur combating monster. Jadi kamu bisa melawan monster yang tiba-tiba kamu temui di peternakan, di gua tambang, atau di manapun.

Kemudian, yang beda lagi adalah kamu bisa memilih gender. Kamu bisa menjaga dan mengembangkan lahan peternakan kamu dengan karakter pria atau perempuan.

Untuk mendapatkan game ini, kamu harus membelinya seharga Rp77.000,- di Google Play Store, jadi nggak gratis, ya.

Tapi, untuk gameplay yang lengkap dan menantang, harga segitu worth it, kok. Harganya juga masih cukup terjangkau untuk game original.

Detail Stardew Valley
Developer ConcernedApe
Tanggal rilis 13 Maret 2019
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 295 MB
Versi 1.4.5.151

>>> Download Stardew Valley <<<

7. Farming Simulator 16

Bercita-cita menjadi seorang petani sejati? Atau, ingin merasakan pengalaman bertani di ladang yang luas? Sekarang, kamu bisa merasakannya hanya dengan memainkan sebuah game Android, loh!

Saat ini, banyak game pertanian yang tersedia gratis dan berisi beragam fitur menarik. Salah satunya adalah game Farming Simulator 16 yang dirancang oleh developer GIANTS Software.

Farming Simulator 16 adalah game lanjutan dari seri-seri sebelumnya yang hadir dengan beberapa peningkatan. Misalnya dari segi grafis yang dibuat lebih tajam dengan detail yang menakjubkan.

Dalam game Android terbaik ini, kamu bertugas untuk mengelola lahan pertanian yang cukup luas. Kamu juga bisa membeli ladang baru untuk memperluas area yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga harus menanam berbagai jenis tanaman seperti gandum, jagung, kentang, dan lainnya. Setelah semuanya tumbuh, kamu bisa panen dan menjual hasilnya ke pasar.

Tidak hanya bertani, kamu juga bisa beternak sapi dan domba seperti dalam game Harvest Moon. Atau, potonglah kayu dan jual hasilnya untuk mendapatkan pemasukan yang lebih banyak.

Agar pekerjaanmu lebih efektif, kamu bisa menggunakan alat berat seperti traktor maupun menyewa AI untuk membantumu bertani dan beternak di ladang. Seru banget, deh!

Biar makin seru, kamu bisa memainkan Farming Simulator 16 MOD APK yang menyediakan fitur uang tak terbatas sehingga kamu bisa membeli berbagai item yang dibutuhkan. Penasaran?

Detail Farming Simulator 16 MOD APK
Developer GIANTS Software
OS minimal Android 5.0 atau lebih tinggi
Ukuran 138MB
Versi terbaru 1.1.2.6

>>>Download Farming Simulator 16 APK Original di Play Store<<<

8. Real Flight Simulator

RFS - Real Flight Simulator bakalan jadi salah satu game Android terbaik yang bikin kamu ketagihan main.

Pada game Real Flight Simulator PRO APK ini, kamu bisa merasakan serunya jadi pilot yang menerbangkan pesawat. Didukung dengan grafik 3D yang realistis, bikin simulasinya terasa semakin nyata.

RORTOS juga menciptakan Rortos Flight Engine untuk memaksimalkan semua fitur dalam game ini. Bahkan, ada 20 game dengan penyesuaian jenis pesawat berbeda yang mereka dukung.

RFS Pro MOD APK juga bakal mengajakmu melihat isi kokpit pesawat dan mengenal tombol-tombol di dalamnya yang digunakan untuk menerbangkan pesawat. Nantinya, kamu akan membawa terbang penumpang ke seluruh dunia. Menarik banget, kan?

Kerennya lagi, kamu bahkan bisa melakukan simulasi kejadian-kejadian seperti mesin yang mati, komponen yang tidak berfungsi, hingga terjadinya turbulensi.

Seperti yang Jaka sudah katakan tadi, game RFS dijual seharga Rp5.000 di Google Play Store. Namun, jika kamu ingin memainkan versi pro, kamu harus melakukan subscribe dan mengeluarkan biaya lagi.

Detail RFS - Real Flight Simulator
Developer RORTOS
OS minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 351MB

>>> Download Real Flight Simulator MOD APK Versi Terbaru 2022 <<<

Akhir Kata

Itulah beberapa rekomendasi game simulator terbaik sepanjang masa yang bisa kamu mainkan. Dengan suguhan gameplay dan grafis terbaik, kamu bisa menikmati sensasi simulasi persis dengan dunia nyata.

Kira-kira, dari beberapa game simulasi di atas, mana yang bakal kamu mainkan, geng?

Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Grienda.

ARTIKEL TERKAIT

10 Game Simulator Terbaik Android 2019, Bisa Jadi PewDiePie?

16 Game Simulator Mobil Terbaik untuk Android & PC 2022, Belajar Nyetir Makin Asyik!

Kembali Keatas